Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
8.127 views

Tata Cara Haji Sesuai Sunah (2)

Kemudian jamaah haji laki-laki memakai pakaian Ihram (yaitu izar (sarung) dan rida  (selendang) , dan disunahkan memakai sandal [ lihat gambar 2] berdasarkan sabda Rasulullah shallawahu  ‘alaihi wasallam : (( hendaklah salah seorang dari kalian berihram dengan sarung dan selendang dan sandal )) HR Ahmad dan dishahihkan oleh Ahmad Syakir (7/169)

Adapun wanita maka boleh berihram dengan pakaian apa saja asalkan menutup aurat dan tidak ada unsur tabarruj (hiasan) atau menyerupai laki-laki, tanpa ditentukan warnanya, akan tetapi tidak memakai cadar dan sarung tangan berdasarkan sabda Rasulullah shallawahu ‘alaihi wasallam : (wanita yang berihram tidak boleh memakai cadar atau sarung tangan)) HR Imam Bukhari, namun  tetap menutup wajahnya dari laki-laki asing tanpa cadar, berdasarkan perkataan Asma’ binti Abi Bakar radhiallahu anha: ( kami dahulu menutup wajah kami dari laki-laki asing ketika berihram)HR Al Hakim (1/454) dan beliau berkata : Hadits Shahih sesuai dengan syarat syaikhain dan disepakati oleh Adz-dzahabi.

Kemudian setelah itu berniat dalam hatinya untuk masuk
kedalam Ihram, disyariatkan untuk melafadzkan apa yang diniatkannya, dengan mengucapkan : ( Labbaika Umrotan ) atau ( Allahumma  Labbaika Umrotan). Paling Afdhol melafazkan itu ketika telah berada diatas kendaraannya, seperti mobil atau yang lainnya.\  
    
*Tidak ada sholat dua raka’at khusus untuk Ihram, akan tetapi jika jamaah haji berihram setelah sholat wajib maka itu afdhol, berdasarkan perbuatan Rasulullah shallawahu ‘alaihi wasallam (HR Imam Muslim).

* Barangsiapa yang musafir dengan pesawat terbang, maka dia berihram ketika sampai miqotnya.

* Seorang jamaah haji boleh mensyaratkan dalam Ihramnya apabila kuatir tidak dapat menyempurnakan umrahnya atau hajinya karena adanya halangan yang tidak terduga, seperti sakit, ketakutan, atau semacamnya, dengan mengucapkan setelah ihramnya : ( in habasani habisun famahalli haitsu habatsatni ) dan faedah syarat ini apabila ada sesuatu yang menghalanginya maka dia menyelesaikan Umrohnya tanpa membayar fidyah .

* Kemudian setelah Ihram disunahkan untuk memperbanyak talbiyah, yaitu mengucapkan : ( Labbaika Allahumma Labbaikan Labbaika Laa Syariika Laka Labbaika, Innal Hamda wan Ni’mata Laka wal Mulka, Laa Syariika Laka) untuk laki-laki dengan meninggikan suaranya, adapun wanita maka mereka merendahkan suaranya.

* Kemudian ketika telah sampai Kabah menghentikan Talbiyah dan melakukan idhtiba’ ( dengan menyingkap pundak kanannya )pada pakaian Ihramnya ( Shahih Sunan Abu Dawud oleh Syaikh Albani no:1658) [ seperti gambar 3], setelah itu mengusap hajar Aswad dengan tangan kanannya sambil menciumnya dan mengucapkan : ( Allahu akbar )(HR Imam Bukhari), apabila tidak memungkinkan menciumnya disebabkan kesesakan maka cukup menyentuhnya dengan tangannya dan mencium tangannya(Muttafaqun “alaihi). Jika tidak mampu menyentuhnya maka dengan benda yang dibawanya ( seperti tongkat) atau semacamnya dan mencium benda tersebut, namun jika tidak memungkinkan menyentuhnya, maka cukup menghadapkan badan kepadanya dan mengisyaratkan tangan kanannya- tanpa menciumnya – sambil mengucapkan : ( Allahu Akbar )(HR Imam Bukhari)[ seperti dalam gambar 4], kemudian berthawaf mengelilingi Kabah sebanyak 7 kali mulai dari Hajar Aswad dan selesai disitu, dengan menciumnya dan menyentuhnya sambil bertakbir setiap kali melewatinya, kalau tidak memungkinkan cukup memberi isyarat tanpa menciumnya sambil bertakbir- seperti sebelumnya - , dan ini juga dilakukan pada akhir  putaran ketujuh.

Adapun Rukun Yamani maka setiap kali melewatinya menyentuhnya dengan  tangan kanan tanpa bertakbir (Muttafaqun ‘alaihi),[ seperti dalam gambar 4], namun jika tidak memungkinkan karena kesesakan maka tidak member isyarat kepadanya dan tidak bertakbir, tetapi melanjutkan Thawafnya.

Dan disunahkan ketika menempuh jarak antara Rukun Yamani dan Hajar Aswad untuk mengucapkan : ( Rabbana Aatina Fid Dunya Hasanah Wa Fil Aakhirati Hasanah Waqinaa adzaaban nar ) (Shahih Sunan Abu Dawud no:1666) [ seperti dalam gambar 4].   

 
* Tidak ada dzikir khusus ketika thawaf, namun seandainya membaca Al Quran atau mengulang-ulang sebagian doa-doa yang dicontohkan atau berdzikir kepada Allah maka tidak mengapa.

* Disunahkan untuk  melakukan Ramal, yaitu berjalan cepat dengan langkah pendek pada tiga putaran yang pertama dari Thawafnya, berdasarkan perbuatan Rasulullah shallawahu ‘alaihi wasallam  dalam Thawafnya (Muttafaqun ‘alaihi).

* Hendaklah dalam keadaan suci ketika berthawaf, karena rasulullah shallawahu ‘alaihi wasallam berwudhu sebelum berthawaf (Muttafaqun ‘alaihi).

* Apabila ragu jumlah Thawafnya maka mengambil yang paling diyakininya, yakni menguatkan yang paling sedikit, jadi apabila ragu apakah telah berthawaf tiga putaran atau empat, maka diambil yang tiga untuk kehati-hatian dan menyempurnakan sisanya.

* Kemudian apabila telah selesai berthawaf menghadap ke Maqam Ibrahim alaihi salam sambil membaca : ( Wattakhadzu min maqami Ibrahima musholla ) (QS Al Baqarah:125), kemudian sholat dibelakangnya dua raka’at setelah menghentikan Idzthiba’ dan mengembalikan  selendangnya diatas kedua pundaknya [seperti dalam gambar 4].

* Disunahkan membaca surat Al-Kaafirun pada raka’at pertama dan surat Al- Ikhlash pada raka’at kedua (HR Imam Muslim).

* Apabila tidak memungkinkan sholat dibelakang Maqam Ibrahim karena kesesakan maka boleh sholat dimana saja dimasjid, kemudian setelah sholat dekat Maqam disunahkan minum air Zam-zam, kemudian menghadap Hajar Aswad untuk menyentuhnya dengan tangan kanan (HR Imam Muslim), kalau tidak mungkin maka tidak mengapa.

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Ibadah lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X