Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
22.892 views

Bersuci dan Urgensinya dalam Ibadah

Bersuci dalam istilah syar'i dikenal dengan THAHARAH. Sedangkan thaharah menurut bahasa adalah kebersihan atau bersih dari berbagai kotoran, baik yang bersifat hissi (nyata) seperti air kencing, kotoran manusia, dan selainnya; maupun yang bersifat maknawi seperti aib dan perbuatan maksiat. Sedangkan kata tathhir bermakna tandzif (membersihkan), yaitu membersihkan pada tempat yang terkotori.

Adapun secara syar'i, thaharah adalah menghilangkan hal-hal yang dapat menghalangi shalat berupa hadats atau najis dengan menggunakan air dan debu (tanah) yang suci lagi menyucikan dengan tata cara yang telah ditentukan oleh syari’at.

Hukum thaharah

Menghilangkan dan menyucikan najis adalah wajib, jika diketahui dan mampu melakukannya.

Allah berfirman,

وَثِيَابَكَ فَطَهِّرْ

"Dan pakaianmu bersihkanlah." (QS. Al-Mudatstsir: 4)

وَعَهِدْنَا إِلَى إِبْرَاهِيمَ وَإِسْمَاعِيلَ أَنْ طَهِّرَا بَيْتِيَ لِلطَّائِفِينَ وَالْعَاكِفِينَ وَالرُّكَّعِ السُّجُودِ

"Dan telah Kami perintahkan kepada Ibrahim dan Ismail: 'Bersihkanlah rumah-Ku untuk orang-orang yang tawaf, yang iktikaf, yang rukuk dan yang sujudi'." (QS. Al-Baqarah: 125)

Sementara menyucikan diri dari hadats hukumnya wajib jika ingin melaksanakan shalat. Dasarnya adalah sabda Nabi shallallahu 'alaihi wasallam:

لَا تُقْبَلُ صَلَاةٌ بِغَيْرِ طُهُورٍ

"Shalat tidak akan diterima tanpa bersuci." (HR. Muslim)

Menghilangkan dan menyucikan najis adalah wajib, jika diketahui dan mampu melakukannya.

Urgensi bersuci

Kegiatan bersuci atau thaharah memiliki peran yang penting dalam syariat Islam, di antaranya:

1.    Menjadi syarat sahnya shalat

Sabda Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam,

لَا تُقْبَلُ صَلَاةُ مَنْ أَحْدَثَ حَتَّى يَتَوَضَّأَ

"Tidak diterima shalat orang yang berhadats hingga dia berwudlu." (Muttafaq 'alaih)

 

Oleh karenanya, bab thaharah selalu didahulukan dalam pembahasan-pembahasan fiqih karena thaharah (bersuci) merupakan salah satu syarat sahnya shalat. Sedangkan shalat adalah rukun Islam kedua sesudah dua kalimat syahadat. Jadi, syarat sahnya shalat tentu harus didahulukan pembahasannya daripada yang disyaratkan, yaitu shalat.

Bab thaharah selalu didahulukan dalam pembahasan-pembahasan fiqih karena thaharah (bersuci) merupakan salah satu syarat sahnya shalat.

Mengerjakan shalat dengan bersuci terlebih dahulu menunjukkan pengagungan kepada Allah. Sementara hadats dan junub -walau bukan najis yang terlihat- adalah najis maknawi yang menyebabkan kotornya sesuatu yang berhubungan dengannya. Keberadaannya bisa menghilangkan pengagungan kepada Allah dan menafikan prinsip kebersihan.

2.    Allah memuji orang-orang yang bersuci

Firman Allah,

إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ التَّوَّابِينَ وَيُحِبُّ الْمُتَطَهِّرِينَ

"Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang tobat dan menyukai orang-orang yang menyucikan diri." (QS. Al-Baqarah; 222)

Allah juga memuji para penghuni masjid Quba' dalam firman-Nya,

لَمَسْجِدٌ أُسِّسَ عَلَى التَّقْوَى مِنْ أَوَّلِ يَوْمٍ أَحَقُّ أَنْ تَقُومَ فِيهِ فِيهِ رِجَالٌ يُحِبُّونَ أَنْ يَتَطَهَّرُوا وَاللَّهُ يُحِبُّ الْمُطَّهِّرِينَ 

"Sesungguhnya masjid yang didirikan atas dasar takwa (masjid Quba), sejak hari pertama adalah lebih patut kamu bershalat di dalamnya. Di dalamnya ada orang-orang yang ingin membersihkan diri. Dan Allah menyukai orang-orang yang bersih." (QS. At-Taubah: 108)

Ibnu Katsir rahimahullah dalam tafsirnya menyebutkan hadits Abu Hurairah radliyallah 'anhu, bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda, "ayat ini diturunkan pada ahli Quba, "Di dalamnya ada orang-orang yang ingin membersihkan diri". Beliau bersabda, "mereka beristinja' (bercebok) dengan air, maka diturunkanlah ayat ini menerangkan kondisi mereka."

Dalam riwayat Imam Ahmad disebutkan, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam menanyakan aktifitas thaharah yang dilakukan penduduk Quba' sehingga Allah memuji mereka. Lalu mereka menjawab, "demi Allah, wahai Rasulullah, kami tidak tahu apa-apa, kecuali kami memiliki tetangga dari kalangan Yahudi yang mencuci dubur mereka (bercebok dengan air) sehabis buang air, lalu kami bercebok sebagaimana yang mereka lakukan."

3.    Kelalaian membersihkan diri dari najis menjadi salah satu sebab turunnya siksa kubur.

Diriwayatkan dari Ibnu 'Abbas radliyallah 'anhu berkata, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam melewati dua kubur lalu beliau bersabda:

إِنَّهُمَا يُعَذَّبَانِ وَمَا يُعَذَّبَانِ فِي كَبِيرٍ أَمَّا هَذَا فَكَانَ لَا يَسْتَنْزِهُ مِنْ بَوْلِهِ

"Sesungguhnya penghuni dua kubur ini sedang di adzab. Dan tidaklah mereka berdua diadzab karena suatu perkara yang besar (sulit untuk dikerjakan). Adapun orang ini, ia tidak membersihkan diri dari air kencingnya . . ." (HR. Abu Dawud, an-Nasa'i, dan Ibnu Majah dengan sanad shahih).

"Sesungguhnya penghuni dua kubur ini sedang di adzab. Dan tidaklah mereka berdua diadzab karena suatu perkara yang besar (sulit untuk dikerjakan). Adapun orang ini, ia tidak membersihkan diri dari air kencingnya . . ." al-Hadits

Jenis-jenis Thaharah

Ulama membagi thaharah syar'iyah atau bersuci yang dituntunkan oleh syariat menjadi dua macam. Pertama, thaharah haqiqiyah, yaitu thaharah atau bersuci dari najis yang terdapat pada tubuh, pakaian, dan tempat.

Kedua, thaharah hukmiyah, yaitu thaharah atau bersuci dari hadats. Hal ini khusus pada badan. Thaharah jenis ini terbagi menjadi tiga macam: thaharah kubra, yaitu mandi; dan thaharah shughra, yaitu berwudlu; Tayamum sebagai pengganti keduanya bila tidak mampu melakukan keduanya.

(PurWD/voa-islam)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Ibadah lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X