Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
7.449 views

Ulil Nyalon Ketua Umum PBNU, Kyai Sepuh Jatim Tolak Kandidat Liberal

Surabaya (voa-islam.com) -Sejumlah kiai sepuh/senior Nahdlatul Ulama (NU) Jawa Timur sepakat menolak paham liberalisme. Oleh karena itu mereka akan membendung terpilihnya kandidat Ketua Umum PBNU yang proliberal dalam Muktamar ke-32 NU di Makassar, 22-27 Maret mendatang.
    
"Tujuan berdirinya NU itu salah satunya untuk membendung faham liberalisme, ekstrimisme, dan fundamentalisme, karena itu para kiai di Jatim sepakat membendung faham itu," kata Rais Syuriah PWNU Jatim KH Miftachul Akhyar di Surabaya, Senin kemarin.

...Tujuan berdirinya NU itu salah satunya untuk membendung faham liberalisme, ekstrimisme, dan fundamentalisme, karena itu para kiai di Jatim sepakat membendung faham itu," kata Rais Syuriah PWNU Jatim KH Miftachul Akhyar...

Meski demikian, kata pengasuh Pesantren Mifatchussunnah, Kedungtarukan, Surabaya, pihaknya tidak akan melarang kandidat Ketua Umum PBNU yang berfaham liberalisme untuk maju dalam pertarungan Muktamar ke-32 itu.

"NU itu tetap demokratis dan kami akan mengikuti mekanisme organisasi. Membendung bukan berarti dengan menerobos mekanisme organisasi. Yang pasti, para kiai akan menggalang kekuatan untuk membendung kekuatan liberalisme, ekstrimisme, dan fundamentalisme pada muktamar nanti," katanya.

Hingga kini, tujuh kandidat Ketua Umum PBNU mencuat ke permukaan yakni KH Said Agil Siradj (ketua), KH Ir Solahudin Wahid (Gus Solah/mantan ketua), Prof KH Ali Maschan Moesa MSi (mantan Ketua PWNU Jatim), Masdar F. Mas’udi (ketua), Achmad Bagdja (ketua), Slamet Effendy Yusuf, dan Ulil Abshar Abdalla (aktivis Jaringan Islam Liberal/JIL).

Dalam kesempatan itu, Kiai Miftah juga menyesalkan tim sukses kandidat yang menyerang kepengurusan PBNU saat ini dengan tudihan gagal, karena cara-cara seperti itu tidak beradab dan menyalahi pakem NU.

"Cara-cara seperti itu sama halnya dengan menghancurkan rumah sendiri dan bunuh diri, padahal dia juga masuk kepengurusan PBNU yang sekarang. Kalau tidak cocok semestinya ’kan ada mekanisme tabayyun (klarifikasi)," katanya.

Menurut dia, menggalang dukungan adalah wajar dan sah, namun ia amat menyesalkan jika caranya dengan menjelek-jelekkan orang lain, apalagi dieskpos lewat media massa secara luas.

"Itu ironis karena menyerang saudara sendiri. Itu ’kan sudah menyimpang dari semangat NU itu sendiri," katanya.

Ditanya tentang kualifikasi para kandidat yang maju saat ini, ia menilai kandidat yang ada memiliki kualifikasi beragam, mulai dari kualifikasi mumpuni dalam bidang organisasi, akademis, keilmuan agama, hingga calon yang sekadar berbekal kualifikasi pas-pasan.

"Yang terpenting adalah nawaitu (niat) yang harus ditata untuk berkhidmat (mengabdi) kepada NU, bukan ber-istikhdam (minta dilayani atau hanya memperalat NU). Saya melihat ada yang nawaitu seperti itu," katanya.

Pandangan seperti itu merujuk pada kepentingan politik praktis yang mewarnai muktamar, karena ada kandidat yang melarang pengurus NU berpolitik praktis sama sekali, ada kandidat yang membolehkan pengurus NU berpolitik praktis atas nama individu untuk kepentingan NU, dan ada pula yang membolehkan pengurus NU berpolitik praktis atas nama individu untuk kepentingan individu.

Hasyim:Muktamar Nu Sarat Kepentingan

Muktamar Nahdlatul Ulama yang akan diselenggarakan Maret 2010 dipengaruhi berbagai kepentingan baik positif maupun negatif. Namun, NU harus tetap menjaga jati dirinya.

Ketua Pengurus Besar NU KH Hasyim Muzadi, di Surabaya mengatakan, semua pihak seperti negara, partai politik, atau organisasi lain, jelas akan berkepentingan dengan NU sebagai organisasi Islam terbesar. Karenanya, berbagai kepentingan itu akan memengaruhi NU apalagi menjelang Muktamar ke-32.

Untuk mengantisipasi berbagai kepentingan itu, kata Hasyim, NU harus menjaga jati dirinya. Selain itu, perlu ada keseimbangan dan adaptasi jati diri dengan kepentingan nasional.

Menurut Hasyim lagi, pemilihan kader yang tidak memahami dan menerapkan nilai luhur NU akan mengikis NU. Karenanya, semua pimpinan dan kader NU harus memasuki muktamar dengan introspeksi dan kewaspadaan (Ibnudzar/dbs)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X