Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
6.073 views

PoldaMetroJaya:Jika Tak Ada Izin, Diskusi Irshad Manji Bisa Dibubarkan

JAKARTA (VoA-Islam) - Polda Metro Jaya menegaskan, bahwa diskusi buku Irshad Manji berjudul 'Allah, Liberty and Love' di Salihara, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Jumat (4/5/2012) malam lalu itu ilegal alias tanpa izin. Polda Metro mengatakan masyarakat hendaknya memberitahukan kegiatannya, selebihnya polisi yang menilai apa perlu pengamanan atau tidak.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Rikwanto kepada wartawan di kantornya, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, mengatakan, diskusi yang mendatangkan narasumber asing itu (Kanada) mengambil tema yang sangat sensitif. Diskusi itu harus dihentikan.

Menurut Humas, dalam diskusi tersebut, yang dibahas adalag tentang Pertuhanan dikaitkan dengan kebebasan. Akibatnya, muncul reaksi dari warga, RT dan RW setempat. “Polisi tidak diberitahu (ada acara diskusi), kita datang sebagai aparat pemelihara Kamtibmas dan dipelajari, dan dimungkinkan muncul potensi Kamtibmas kalau memang dibiarkan,” ujarnya.

Dikatakan Humas Polda Metro Jaya, kita lakukan dialog dengan pelaksana diskusi dan panitia untuk dihentikan karena eksesnya. Kita diskusikan, dari salah satu pembicara kita antar ke tempat tinggal. Kita hanya interogasi di lapangan saja.

Lebih lanjut Kombes Pol Rikwanto membantah tuduhan adanya sweeping oleh FPI di acara diskusi tersebut. “Tidak ada sweeping,” katanya. Bahkan, polisi membantah tuduhan pengurus Salihara, yakni pengerusakan pagar Salihara yang dilakukan warga setempat.

"Tidak ada pengerusakan, yang ada mereka memaksa masuk ke tempat itu tapi aksi itu langsung diredam oleh pihak kepolisian. Karena polisi kan tugasnya menjaga ketertiban maka kalau ada potensi gangguan kamtibmas ya kita akan ambil tindakan," kata Rikwanto.

Polisi meminta kepada panitia penyelenggara diskusi dimana pun berada harus memiliki izin, setidaknya elemen masyarakat memberitahukan. Ini untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, sekaligus memberi pengamanan atau tidak.

Bubarkan Manji

Seperti diberitakan sebelumnya, pukul 18.00 WIB, sekuriti Salihara mendapat SMS dari Intel Polsek Pasar Minggu yang meneruskan SMS permintaan penghentian paksa diskusi dengan Irshad Manji. Bunyi SMS-nya “Mohon dihentikan santapan rohani dari Irshad Manji, tokoh lesbian dari Kanada, karena akan diserang oleh umat Islam.”

Menurut salah seorang pengurus Salihara, panitia menawarkan untuk mengundang perwakilan FPI untuk menyampaikan aspirasi dan berdialog dengan Irshad Manji secara langsung.

Kapolsek Pasar Minggu, Kompol Adry Desas Puryanto, SH, datang ke Salihara bersama rombongan. Rombongan itu ditemui M. Guntur Romli, Hening (panitia) dan sekuriti Salihara. Polisi pun meminta acara ditunda sampai surat-surat izin selesai.

Pada pukul 19.26 WIB, moderator membuka acara. Sambutan disampaikan Goenawan Mohamad. Lalu, Irshad Manji memulai paparan materi diskusi. Beberapa menit kemudian, Kapolsek menginterupsi diskusi. Panitia mengajak peserta untuk tenang dan kembali berdiskusi

Kapolsek lalu memberi pernyataan di hadapan peserta diskusi. Acara dihentikan dan memberikan kesempatan kepada Kapolsek bicara. “Assalamu'alaikum, Saya ini Kapolsek Pasar Minggu, jadi malam ini, saya ingin menyampaikan informasi sehubungan dengan kegiatan hari ini. Pertama, saya dapat SMS dari warga setempat atas kegiatan ini, bahwa warga keberatan dengan acara ini, RT dan RW juga hadir."

“Setelah saya datang ke sini, ternyata kegiatan ini tidak ada izinnya, izin RT dan RW dan pihak kepolisian, karena narasumbernya dari orang asing. Kalau ada orang asing seharusnya ada izinnya dari Polda, Pores, dan Polsek. Itu izin normatifnya, UU No. 2 tahun 2002; pasal 13 tentang tugas pokok ini.Dari tiga informasi ini, Kapolsek Pasar Minggu berhak mem-pending acara ini. Keberatan sudah ada.”

Pukul 20.15 WIB, Kapolsek memberi waktu selama sepuluh menit agar panitia penyelenggara membubarkan diri. Acara diskusi pun diakhiri. Pukul 20.33 WIB, Ulil Abshar Abdalla mengajak tamu-tamunya beramah tamah dengan Irshad Manji.

Pukul 20.41 WIB, Irshad Manji naik ke lantai 3. Pukul 21.40 WIB, polisi dan panitia turun mengajak peserta untuk membubarkan diri. Peserta diskusi tidak mau membubarkan diri. Pukul 21.45 WIB, rombongan polisi dipimpin oleh Kombes (Pol) Imam Sugianto, M.Si, Kapolres Jakarta Selatan, naik ke lantai 3, bertemu Nong dan Robi untuk mengamankan Irshad Manji. Panitia sudah menjelaskan ke Irshad, namun Irshad tidak mau meninggalkan Salihara, selama peserta diskusi belum meninggalkan Salihara. Karena Irshad mau bergabung dengan peserta diskusi dan tidak meninggalkan diskusi.

Pukul 21.46 WIB, Ulil bernegosiasi dengan Kapolres, dan terjadi kesepakatan, Irshad keluar didampingi dengan lawyer dan tidak ke kantor polisi, namun ke tempat yang ditentukan panitia dan polisi. Pukul 21.58 WIB, Irshad Manji setuju dan turun bersama Ulil dikawal polisi dan berhenti di bawah sesaat memberikan pernyataan dikawal ketat oleh polisi. Kemudian bergegas meninggalkan Salihara dikawal mobil polisi.

Sementara itu dalam siaran pers yang disisipkan dengan cerita kronologis, sejumlah LSM dan aliansi seperti Komunitas Salihara, YLBHI, ELSAM, LBH Jakarta, KontraS, Perkumpulan Ekitas Indonesia, JIL dan Our Voice mengutuk pembubaran paksa oleh polisi.

Menurut gabungan aliansi ini, diskusi buku di Salihara bersifat ilmiah dan merupakan bagian dari hak konstitusi warga negara untuk memperoleh informasi , berkumpul dan berpendapat yang dijamin dalam Undang-Undang Dasar 1945. Desastian/dbs

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X

Rabu, 27/03/2024 07:09

Puasa Jangan Lemas!