Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
11.328 views

Daripada Dijewer Masyarakat, Hanung Rela Filmnya Ditarik dari Bioskop

JAKARTA (VoA-Islam) - Di Tasikmalaya, Front Pembela Islam (FPI) Kota Tasikmalaya memprotes pemutaran film “Cinta Tapi Beda” di Bioskop 21 Plaza Asia Tasikmalaya. Film karya sutradara Hanung Bramantyo ini pun batal diputar.  "Kami sudah koordinasi dengan 21, Alhamdulillah pihak 21 tidak memutar film itu," kata Ketua FPI Kota Tasikmalaya, Acep Sofyan (7/11/2013).

Menurut Acep, film Cinta Tapi Beda menceritakan pelegalan pernikahan beda agama. FPI menganggap pernikahan beda agama dalam Islam tak boleh. Menurut Acep, Hanung kerap membuat film berbau liberal. "Rata-rata film menganut kebebasan tanpa batas."

Persoalan film Cinta Tapi Beda, menurut Acep, jelas masalah prinsip yang dilarang dalam agama Islam. Dia juga mempertanyakan peran para ulama dan lembaga sensor film dalam mengawasi hal seperti ini. "Kenapa film ini bisa lolos?" kata Acep.

Acep khawatir penonton film yang kebanyakan remaja terpengaruh. "Khawatir ada pendoktrinan masalah prinsip agama dalam film ini. Dengan film, lebih mudah masuk," ucap dia. Acep menegaskan, jika 21 melanggar kesepakatan mengenai pemutaran film tersebut, FPI akan menurunkan massa.

Kepala Cabang 21 Plaza Asia Tasikmalaya, Dadan, belum bisa dimintai tanggapan mengenai pelarangan pemutaran film Cinta Tapi Beda. Dia sulit dihubungi. Sementara Manajer Pemasaran dan Promosi 21 Plaza Asia, Lusy, mengaku sempat mendengar pelarangan pemutaran film Cinta Tapi Beda. Namun dia tak bersedia berkomentar banyak terkait dengan hal ini.

Menarik Film

Bukan hanya orang Minang yang protes.Organisasi Kepemudaan seperti KNPI pun protes keras.Ketua Bidang Perdagangan DPP KNPI, M Rafik menilai ada indikasi pemutarbalikan fakta. Pada film itu digambarkan, seorang perempuan Minang berpacaran dengan seorang lelaki Jawa yang berbeda keyakinan dan hendak menikah. Menurut Rafik, mengacu ke adat Minangkabau, jika seorang Minang berganti keyakinan, orang itu akan dianggap bukan orang Minang lagi.

Setelah diprotes masyarakat, Sutradara Hanung Bramantyo pun rela menarik film garapannya. Kabarnya, ditarik sejak 27 Desember 2012 itu dari peredaran. Suami dari Zaskia A Mecca ini menghindari polemik yang berkelanjutan.

"Terakhir sampai 120 ribu (penonton). Antusias mereka memang besar. Tapi, daripada kontroversi ini semakin meluas, lebih baik diturunkan. Pokoknya, hari ini terakhir film itu tayang," jelasnya saat ditemui di Plaza fX, Jakarta, Sabtu (5/1/2013).

Hanung sudah memperingatkan Ram Punjabi sebagai produser sejak jauh hari. Kata Hanung, begitu namanya dipampang dalam posternya, film tersebut hanya bertengger di gedung bioskop dalam waktu yang singkat.

"Saya sudah bilang kepada produser, ketika kamu memasang nama saya, maka film ini tidak akan bertahan lama, karena masyarakat kita semakin pintar. Kalau memasang nama saya, akan kontroversi," paparnya.

Hanung bukan kali ini saja mendapat protes. Dengan film garapannya yang berjudul Tanda Tanya (?), ia juga mendapat protes dari salah satu ormas. Film itu bisa beredar setelah Hanung menemui MUI dan memotong beberapa bagian filmnya. Desastian/dbs

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Terlahir dengan fisik tak sempurna, Ustadz Rohmat diuji istri dan kedua orang tuanya murtad jadi korban kristenisasi. Kini ia gigih berdakwah di pelosok Lembah Ciranca Garut....

Jumat Barokah: Mari Berbagi Wakaf Qur’an & Tebar Hidangan kepada Santri Pelosok Garut

Jumat Barokah: Mari Berbagi Wakaf Qur’an & Tebar Hidangan kepada Santri Pelosok Garut

Insya Allah besok Jum’at IDC berbagi Sedekah Jum’at dan Wakaf Mushaf Al-Qur'an kepada para Santri TPQ Masjid Al-Iman Garut. Mari berburu keberkahan sedekah Jumat dan wakaf Al-Qur'an....

Pembangunan Mushalla Kampung Peundeuy Banten Terhenti, Ayo Sedekah  Jariyah.!!!

Pembangunan Mushalla Kampung Peundeuy Banten Terhenti, Ayo Sedekah Jariyah.!!!

Pembangunan Mushalla Nurul Hikmah di Tangerang Banten ini terhenti karena terkendala biaya. Diperlukan biaya 30 juta rupiah untuk merampungkan agar ibadah dan syiar Islam makin semarak....

Hijrah dari Gubuk Rombeng, Ayo Bangun Rumah Dakwah Ustadz Karita

Hijrah dari Gubuk Rombeng, Ayo Bangun Rumah Dakwah Ustadz Karita

Ustadz Karita dan Ustadzah Nurjanah totalitas berdakwah memajukan pendidikan agama di Leuwigede Indramayu. Karena keterbatasan ekonomi, mereka tinggal di gubuk dari karung bekas. Ayo Bantu..!!!...

Ayo Wakaf Tempat Wudhu ke Masjid Al-Iman Talegong, Alirkan Pahala Abadi.!!

Ayo Wakaf Tempat Wudhu ke Masjid Al-Iman Talegong, Alirkan Pahala Abadi.!!

Masjid ini menjadi pusat kegiatan dakwah, ibadah dan pengajian warga Kampung Warung Gantung Talegong Garut, Jawa Barat. Namun sampai saat ini belum memiliki tempat wudhu. Ayo Wakaf..!!!...

Latest News

MUI

Must Read!
X