Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
8.065 views

Wartawan voa-islam.com Ikuti Road For Peace ke Tiga Negara

KUALA LUMPUR (voa-islam.com) - Selama 12 hari di bulan suci Ramadhan, sejumlah perwakilan NGO kemanusiaan dari tiga negara mengikuti Road For Peace (R4P), sebuah misi perdamaian di bumi Patani dan Myanmar.

Ketiga negara tersebut adalah Malaysia, Indonesia, dan Thailand. Adapun perwakilan NGO dari Indonesia, diwakili oleh tiga relawan aktivis kemanusiaan Hilal Ahmar Society Indonesia (HASI), yakni: Abu Abdillah, Emriza, dan Abu Bumi.

Dua wartawan yang tergabung dalam  Jurnalis Islam Bersatu (JITU) mendapat kesempatan untuk meliput misi perdamaian tersebut. Kedua wartawan itu adalah Desastian (dari voa-Islam) dan Fajar Shidiq (An-Najah).

"Misi kami adalah wujud keprihatinan dan kepedulian terhadap saudara muslim Patani di Thailad Selatan  dan Rohingya di Myanmar," ujar Mustapa Mansor, Ketua MaSSSA, sebuah NGO kemanusiaan Malaysia yang menjadi pelaksana kegiatan ini.

Road For Peace adalah sebuah program kampanye kemanusiaan sebuah di wilayah yang mengalami bencana kemanusiaan. R4PEACE digulirkan oleh Persetubuhan Solidariti Madani Malaysia (MaSSSA), sebuahNGO kemanusiaan Malaysia yang berpusat di Kuala Lumpur, tepatnya No.12-2, Jalan Jernai, Medan Idaman, Gombak, Selangor.

“Tujuan program ini untuk membangkitkan kesadaran dunia tentang penderitaan rakyat di Pattani dan Myanmar. Juga memberi bantuan kemanusiaan, terutama kepada anak-anak, janda, dan keluarga yang terkena bencana kemanusiaan,” jelas Mustopa.

Road for Peace juga merupakan program kemanusiaan gabungan NGO dari beberapa negara ASEAN yang diagendakan akan  melakukan konvoi dan bantuan kemanusiaan, mulai dari Kuala Lumpur (Malaysia), Patani dan Myanmar.

Diagendakan, ada beberapa rute yang akan dilalui dalam konvoi kemanusiaan ini, bermula dari Kuala Lumpur, Selangor,  Perak, Pulau Pinang, Kedah, Patani, Measot dan Myanmar.

Ada 20 mobil yang akan melakukan konvoi dalam misi perdamaian. “Tujuan program ini untuk membangkitkan kesadaran dunia tentang penderitaan rakyat di Patani dan Myanmar. Juga memberi bantuan kemanusiaan, terutama kepada anak-anak, janda, dan keluarga yang terkena bencana kemanusiaan,” jelas Mustopa.

R4PEACE juga bertujuan untuk menjalin hubungan dengan NGO-NGO antarbangsa dan NGO-NGO di wilayah yang terkena bencana kemanusiaan. Selain itu juga member peluang kepada media antarbangsa untuk membuat liputan melalui pertemuan langsung dengan korban di lokasi bencana.

“Program ini akan diadakan setiap tahunnya dan melibatkan semua pihak yang peduli dengan misi kemanusiaan. Juga diharapkan dapat menyalurkan bantuan kemanusiaan secara langsung,” ungkap Mustopa.

Dengan R4PEACE, NGO kemanusiaan dari berbagai negara  ingin menunjukkan kepada dunia, bahwa Islam adalah agama yang cinta damai. Program ini terinspirasi dengan Misi Flotilla atau Free Gaza Movement, konvoi dari Turki menuju Gaza. “Misi kita adalah kemanusiaan, bukan kampanye ganas," tandas Mustopa.

Dikatakan Mustofa, MaSSSA, lembaga kemanusiaan ini sudah terdaftar di Malaysia, dan telah memiliki network di beberapa wilayah di Malaysia dan negara seperti Thailand Selatan (Pattani) dan Myanmar.

“Diharapkan program kemanusiaan ini membuka mata dunia. Kita ingin mengatakan bahwa mereka yang terkena bencana kemanusiaan seperti Muslim Rohingya di Myanmar tidak sendiri.” 

Selain berupaya membuka akses ekonomi dan pendidikan, juga memberi wawasan sejarah. Yang jelas, konvoi ini memperoleh izin resmi dari pemerintah setempat. “Kita tidak berpolitik, tapi murni kemanusiaan," kata Mustopa menegaskan. (desastian)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Jamaah masjid, siswa sekolah dan warga pelosok Garut ini kesulitan air untuk ibadah, bersuci, wudhu, memasak, minum, mandi, dan mencuci. Ayo Wakaf Sumur, Pahala Mengalir Tak Terbatas Umur.!!!...

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Syafani Azzahra, bocah yatim sejak usia tujuh tahun ini bercita-cita ingin menjadi dokter penghafal Al-Qur'an. Setamat SD ia ingin melanjutkan sekolah ke pesantren, tapi terkendala biaya. Ayo...

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Di tengah pandemi Covid-19, permintaan layanan ambulans untuk pasien dan jenazah terus meningkat. Mobil baru IDC akan disulap jadi ambulans, butuh dana 39 juta rupiah untuk biaya modifikasi....

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Menggabung keutamaan Jum’at dan Cinta Yatim, IDC akan berbagi ke Pesantren Tahfizhul Qur’an Darul Hijrah Cikarang. ...

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Terlahir dengan fisik tak sempurna, Ustadz Rohmat diuji istri dan kedua orang tuanya murtad jadi korban kristenisasi. Kini ia gigih berdakwah di pelosok Lembah Ciranca Garut....

Latest News

MUI

Must Read!
X