Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
11.703 views

Relawan Indonesia di Gaza Serukan Berzakat Untuk Warga Gaza-Palestina

Berbagi & Merasakan Penderitaan Mereka Dengan Berzakat di Gaza-Palestina

GAZA, PALESTINA (voa-islam.com) - Sejak tahun 2007 hingga sekarang ini, Gaza Palestina masih diblokade oleh Zionis Israel. Jalur Gaza yang luasnya 360 km2 dan berpenduduk 1,8 juta jiwa hanya mengandalkan jalur terowongan untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka sehari-hari.

Namun, saat ini suplai kebutuhan pokok untuk keseharian mereka menjadi tersendat. Hal ini dikarenakan jalur perlintasan atau perbatasan Rafah yang menghubungkan langsung antara Mesir dan Gaza, maupun jalur terowongan sudah ditutup rapat oleh Mesir.

Pembaca budiman tentu bertanya-tanya; Bagaimana caranya jika saya, keluarga saya, perusahaan saya, gaji saya, lembaga saya atau usaha bisnis saya yang mana berkeinginan untuk menyalurkan zakat diri maupun zakat harta atau bantuan lainnya kepada warga Gaza Palestina?

Tidak perlu bingung, karena saat ini sudah ada solusinya dengan mudah, dan langsung diketahui bukti penyalurannya. Bahkan penyalurannya pun dilakukan dari satu pintu ke pintu rumah lainnya, dan tentunya kepada yang berhak untuk menerimanya.

Alhamdulillah sejak 5 bulan yang lalu sebahagian dari rakyat Indonesia, lembaga, LSM, perusahaan sudah rutin mengirimkan zakat dan donasi mereka ke Gaza Palestina. Saya sendiri, Abdillah Onim, selain beraktifitas sebagai wartawan, juga pemilik biro TV Indonesia di Palestina.

...Assalamu ‘alaikum, ada apa? tanyaku, si bocah menjawab ; pamankan yang kemarin bersama rombongan 22 orang dari Indonesia? iya benar. Ada apa tanyaku? si bocah menjawab ; ibuku butuh bantuan untuk beli makanan. Waktu itu saya gak langsung percaya. Saya minta alamat rumah dan mendatanginya...

Saya juga menikah dengan seorang muslimah hufazh Qur’an yang merupakan penduduk asli Gaza dan telah dikaruniai seorang putri. Sekarang ini, kami bertiga lebih memilih untuk berdomisili atau menetap di Gaza Palestina.

Selain itu, aktifitas tambahan saya yaitu pekerja social yang menerima bantuan dan menyalurkannya, dan menjadi kontak person atau informan baik LSM maupun lembaga pemerintahan, khususnya untuk mengabarkan kondisi Gaza Palestina.

Cerita singkat dari Gaza, saat saya mengendarai motor di Gaza bagian utara, seorang bocah berusia 9 tahun ternyata mengejar saya dari belakang dengan berlari, serentak rem mendadak.

Assalamu ‘alaikum, ada apa? tanyaku, si bocah menjawab ; pamankan yang kemarin bersama rombongan 22 orang dari Indonesia? iya benar. Ada apa tanyaku? si bocah menjawab ; ibuku butuh bantuan untuk beli makanan. Waktu itu saya gak langsung percaya. Saya minta alamat rumah dan mendatanginya.

Saat kerumah dan menemui ibunya, saya bertanya, ini anak ibu? iya benar. Katanya butuh bantuan untuk beli makanan? si ibu tak menjawab tapi menunjukkan kondisi dapur mereka. Allahu Akbar,, dapur berantakan, tak ada air, kamar mandi tak layak, sebagian rumah tanpa atap dan sebagian sudah bocor.

...Saat kerumah dan menemui ibunya, saya bertanya, ini anak ibu? iya benar. Katanya butuh bantuan untuk beli makanan? si ibu tak menjawab tapi menunjukkan kondisi dapur mereka. Allahu Akbar,, dapur berantakan, tak ada air, kamar mandi tak layak, sebagian rumah tanpa atap dan sebagian sudah bocor...

Jika musim hujan, maka seisi rumah akan terendam air hujan, jemuran didalam rumah juga tidak ternaungi, dan lain-lain. Akhirnya dengan sedikit donasi yang ada, lalu disalurkan ; Ini bu maaf, hanya segini. “iya alhamdulillah terima kasih banyak,” jawabnya.

Cerita singkat dari Gaza, seusai kembali dari TK anak yatim dan kembali ke rumah, saat menurunkan standard motor dan menurunkan belanjaan sayur-sayuran, tiba-tiba seorang ibu sembari menggendong anaknya menghampiri saya.

Lalu ibu tersebut mengatakan, demi Allah suami saya cacat dan tidak bisa bekerja. Sedangkan masih ada tunggakan sewa kontrakan dan bahan makanan juga tidak ada. Tidak langsung percaya dan saya pun bertanya, “ibu tinggal dimana? tidak jauh dari sini,” sembari menunjukkan kearah 1 km dari kontrakan saya.

Beliaupun memberikan foto copi KTP. Ya sudah bu, nanti saya silaturahim kerumah ibu. Sorenya secara tiba-tiba saya mendatangi rumah mereka. Naik tangga tanpa penerang, lantai tangga pecah-pecah, dinding kontrakan menuju lantai 2 juga kotor karena lembab.

Saat sudah berada di depan pintu kayu yang tak jelas warnanya kemudian, “tok tok tok Assalamu ‘alaikum.. jawab anak kecil. alaikum salam, min hadartak (siapa ya –red)? Ana Indonesiyyin (saya orang Indonesia -red). lahdza daqiqa (tunggu bentar om –red).

...Jika musim hujan, maka seisi rumah akan terendam air hujan, jemuran didalam rumah juga tidak ternaungi, dan lain-lain. Akhirnya dengan sedikit donasi yang ada, lalu disalurkan ; Ini bu maaf, hanya segini. “iya alhamdulillah terima kasih banyak,” jawabnya...

Begitu si ibu buka pintu, ternyata pintu tersebut langsung menuju dapur, dan dari dapur langsung menuju kamar. Ternyata hanya itu ruangannya, kamar berukuran 4x4. Di sudut terdapat lemari yang pintunya sudah rusak, di sudut sana benar tergeletak suaminya yang sedang sakit keras dan cacat.

Di ruang gelap dan dapur yang sempit, disitulah hidup suami istri yang memiliki 4 orang anak. Akhirnya, dengan sedikit dana yang ada ; “maaf hanya ini bu yang dapat saya berikan. Alhamdulillah terima kasih banyak,” jawabnya.

Cerita singkat dari Gaza, saat saya bersilaturahim ke rumah teman di Gaza Timur Sijaiya, pamitan untuk pulang. Melewati jalan tak beraspal tiba-tiba teman saya mengatakan rumah ini (bukan rumah tp gudang) didalamnya hidup 6 orang anak dan kedua orang tua.

Kehidupan mereka sangat-sangat memprihatinkan. Besoknya saya datang kerumah tersebut dengan membawa sedikit uang dan sembako. Saat masuk kerumah (lebih tepatnya gudang), Allahu Akbar,, ini mah tempat tak layak ditinggali.

Tanpa atap, tanpa WC, tanpa kamar mandi. Di sana hanya terlihat dapur kecil sempit dan kotor. Saat membawa sembako dan biscuit, tiba-tiba seorang anak berlari menghampiri saya seraya bersalaman dan menunjuk-nunjuk biscuit tersebut.

...Dengan pengalaman yang sering saya dapati itulah, yang mendorong saya untuk membuka penyaluran zakat infaq dan shodaqoh serta bantuan lainnya untuk disalurkan ke wilayah Gaza Palestina...

Alhamdulillah ada seorang donatur dari Indonesia yang bersedia membantu dengan membeli seng untuk menutup ruangan tersebut. Saya membeli sengnya sendiri di toko material, dan langsung saya antar sendiri pula ke rumah tersebut.

Itu sekilas kisah nyata yang saya temui berkaitan dengan kondisi fakir miskin, anak yatim dan para janda yang ada di bumi Masjid Al Aqsha, akibat dari efek blockade Zionis Israel terhadap warga Gaza Palestina.

Menyambut bulan suci Ramadhan 1434 H ini, saya Abdillah Onim Relawan Indonesia untuk Palestina dan wartawan yang menetap di Gaza Palestina SIAP menerima Zakat kaum muslimin di Indonesia dan akan langsung saya salurkan kepada Anak Yatim, Fakir Miskin dan para Janda di wilayah Gaza Palestina.

Di Gaza Palestina, ada lebih dari 5 ribu orang Janda dan lebih dari 7 ribu anak yatim. Adapun mereka yang menerima zakat harta dan zakat fitrah serta bantuan lainnya, mereka dengan kondisi :

  1. Fakir miskin yang sakit keras terpaksa di evakuasi dengan ambulance untuk berobat ke Israel.
  2. Keluarga fakir yang cacat.
  3. Keluarga fakir yg bapaknya mengidap kanker
  4. Fakir miskin yang tinggal diruang berkukuran sangat kecil 4x6, kepala keluarganya bisu dan memiliki 3 anak.
  5. Keluarga fakir bapaknya lumpuh dan sakit keras sedangkan ke 2 anaknya cacat.
  6. Fakir miskin yang bapaknya kanker tenggorokan, untuk bernafas terpaksa tenggorokanya dilubang dan dipasang selang.
  7. Keluarga cacat dan yatim tanpa kedua orang tua.
  8. Fakir miskin, nganggur memiliki 6 anak.
  9. Keluarga fakir miskin memiliki 7 anak dan catat.
  10. Keluarga yatim yang bapaknya tewas dalam pertempuran melawan Zionis Israel dan meninggalkan 8 anak.
  11. Fakir dan kangker tenggorokan yang harus menjalankan operasi.
  12. Wanita janda fakir yang memiliki anak lebih dari 10, serta kehidupannya sangat memprihatinkan.

...Dari Gaza-Palestina, relawan Indonesia untuk Palestina dan wartawan yang menetap di Gaza Palestina, Abdillah Onim dan keluarga mengucapkan “Selamat menunaikan ibadah Ramadhan 1434 H. Semoga amal ibadah kita diterima oleh Allah Swt, aamiin”...

Wilayah penyalurannya meliputi : Gaza bagian utara, Gaza bagian selatan, Gaza bagian timur, Gaza City. Dan penyaluran bantuan untuk sementara bekerja sama atau bermitra dengan LSM lokal. Kedepannya insya Allah akan bermitra dengan lembaga zakat di Gaza Palestina.

Dengan pengalaman yang sering saya dapati itulah, yang mendorong saya untuk membuka penyaluran zakat infaq dan shodaqoh serta bantuan lainnya untuk disalurkan ke wilayah Gaza Palestina. Bagi yang berminat bisa mengirimkan lewat:

  1. No. Rek Janda & Fukara: 6900090001 BNI Cab. Kenari Mas Jak-Pus.
  2. No. Rek Anak Yatim: 6900060009 BNI Cab. Kenari Mas Jak-Pus.
  3. No. Rek Operasional & Markaz Tahfidz Qur'an : 0101305907 BNI Cab. Kramat Jak-Pus. A/n. Abdillah Onim

_______________

Proses penyaluran Zakat di Gaza serentak di satu waktu yaitu diakhir bulan Ramadhan.

  1. Konfirmasi sms : +972598058513
  2. Pin BB : 25C63245
  3. Nama muzakki (orang yang berzakat).. Jumlah zakat yang dikeluarkan..

Karena setiap donasi ada laporannya. Sucikan diri dan hartamu dengan berzakat. insya Allah meraih kemenangan. Sebarkan !

Dari Gaza-Palestina, relawan Indonesia untuk Palestina dan wartawan yang menetap di Gaza Palestina, Abdillah Onim dan keluarga mengucapkan “Selamat menunaikan ibadah Ramadhan 1434 H. Semoga amal ibadah kita diterima oleh Allah Swt, aamiin”.

Salam Persaudaraan

Abdillah Onim, Relawan Indonesia untuk Palestina dan penanggung jawab Zakat dari rakyat Indonesia

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Dapur Darurat: Berbagi Makanan untuk Isoman Penyintas Covid. Ayo Bantu..!!!

Dapur Darurat: Berbagi Makanan untuk Isoman Penyintas Covid. Ayo Bantu..!!!

Lonjakan Covid meningkat tajam, Indonesia menempati nomor 1 di dunia dalam kasus harian dan kematian. Para penyintas Corona yang jalani isolasi butuh uluran tangan. Mari berbagi makanan siap...

Tak Punya Biaya, Yatim Piatu Berprestasi ini Putus Sekolah, Ayo Bantu !!!

Tak Punya Biaya, Yatim Piatu Berprestasi ini Putus Sekolah, Ayo Bantu !!!

Kanaya Shersabila, yatim piatu segudang prestasi ini tak bisa sekolah lagi karena tak punya biaya. Sang nenek yang jadi tulang punggung keluarga tak bisa mencari nafkah karena sudah uzur sakit-sakitan....

Bayi Ramadhan ini Butuh Biaya Persalinan, Ayo Bantu..!!!

Bayi Ramadhan ini Butuh Biaya Persalinan, Ayo Bantu..!!!

Maryanti tak bisa khusyuk beribadah Ramadhan karena kondisinya kritis. Persalinan di rumah sakit berjalan lancar, namun tagihan 4,5 juta rupiah tak mampu dibayar oleh keluarga kuli serabutan...

Kisah Haru Ustadz Ismail, Guru Al-Qur’an Disabilitas Butuh Motor Dakwah. Ayo Bantu..!!

Kisah Haru Ustadz Ismail, Guru Al-Qur’an Disabilitas Butuh Motor Dakwah. Ayo Bantu..!!

Terlahir disabilitas tanpa kaki dan tangan yang sempurna, ia tetap tegar berdakwah dan bekerja mencari nafkah sebagai tukang las di bengkel berat. Ia butuh sepeda motor roda tiga untuk berdakwah....

Rumah Ambruk Diterjang Banjir, Kakek Tuna Netra ini Tinggal di Jembatan, Ayo Bantu..!!!

Rumah Ambruk Diterjang Banjir, Kakek Tuna Netra ini Tinggal di Jembatan, Ayo Bantu..!!!

Sudah 21 hari Kakek Jaman mengungsi ke jembatan di tengah sawah Karangharja Bekasi. Rumah bambu yang dihuni sejak tahun 1985 itu roboh diterjang banjir akibat jebolnya tanggul Citarum....

Latest News
Stunting Merusak Potensi Bonus Demografi Indonesia 2045

Stunting Merusak Potensi Bonus Demografi Indonesia 2045

Senin, 26 Jul 2021 20:20

Kementerian Sosial Resmikan Sekolah Lansia Salimah

Kementerian Sosial Resmikan Sekolah Lansia Salimah

Senin, 26 Jul 2021 20:17

Pasukan Keamanan Tunisia Serbu Kantor Al Jazeera, Usir Para Staf

Pasukan Keamanan Tunisia Serbu Kantor Al Jazeera, Usir Para Staf

Senin, 26 Jul 2021 20:05

Food Careline Services ACT: Layanan Makan Gratis untuk Orang Lapar

Food Careline Services ACT: Layanan Makan Gratis untuk Orang Lapar

Senin, 26 Jul 2021 20:01

Selandia Baru Akan Izinkan Seorang Wanita Terkait Islamic State Dan 2 Anaknya Untuk Pulang

Selandia Baru Akan Izinkan Seorang Wanita Terkait Islamic State Dan 2 Anaknya Untuk Pulang

Senin, 26 Jul 2021 19:35

Raih Gelar Doktor, Fahmi Idris Urai Strategi Cegah Korupsi

Raih Gelar Doktor, Fahmi Idris Urai Strategi Cegah Korupsi

Senin, 26 Jul 2021 19:22

Sembelih Kambing untuk Menempati Rumah Baru

Sembelih Kambing untuk Menempati Rumah Baru

Senin, 26 Jul 2021 19:09

Waduh, Studi Baru Di Inggris Temukan Orang Yang Sembuh Dari COVID-19 Alami Penurunan Kecerdasan

Waduh, Studi Baru Di Inggris Temukan Orang Yang Sembuh Dari COVID-19 Alami Penurunan Kecerdasan

Senin, 26 Jul 2021 19:05

Presiden Tunisia Kais Saied Lancarkan 'Kudeta', Tangguhkan Parlemen Dan Pecat Perdana Menteri

Presiden Tunisia Kais Saied Lancarkan 'Kudeta', Tangguhkan Parlemen Dan Pecat Perdana Menteri

Senin, 26 Jul 2021 17:15

Lewat Fatwa dan Tausyiah, MUI Berperan Besar Tangani Covid-19

Lewat Fatwa dan Tausyiah, MUI Berperan Besar Tangani Covid-19

Senin, 26 Jul 2021 14:20

Semoga Rektor UI Menjadi “Kyai Haji Ari Kuncoro”

Semoga Rektor UI Menjadi “Kyai Haji Ari Kuncoro”

Senin, 26 Jul 2021 12:48

Ahmad Syaikhu: Pada Masa Pandemi, Keluarga Perlu Tiga Penguatan

Ahmad Syaikhu: Pada Masa Pandemi, Keluarga Perlu Tiga Penguatan

Senin, 26 Jul 2021 11:39

Anak Belum Baligh Menjadi Imam Shalat

Anak Belum Baligh Menjadi Imam Shalat

Senin, 26 Jul 2021 11:00

Jika Pandemi Berlanjut, Mungkin Saja Nanti Ada Fatwa Nikah Daring

Jika Pandemi Berlanjut, Mungkin Saja Nanti Ada Fatwa Nikah Daring

Senin, 26 Jul 2021 10:51

MUI 46 Tahun, KH Cholil Nafis: Sarana Dakwah danl Perekat Umat

MUI 46 Tahun, KH Cholil Nafis: Sarana Dakwah danl Perekat Umat

Senin, 26 Jul 2021 10:29

Rakyat Buntung, Ada Yang Ambil Untung

Rakyat Buntung, Ada Yang Ambil Untung

Senin, 26 Jul 2021 08:19

Israel Larang Masuk Truk Bahan Bakar Untuk Pembangkit Listrik Di Jalur Gaza

Israel Larang Masuk Truk Bahan Bakar Untuk Pembangkit Listrik Di Jalur Gaza

Ahad, 25 Jul 2021 22:20

Saudi Izinkan Kembali Umat Muslim Lakukan Umrah Mulai Ahad 25 Juli

Saudi Izinkan Kembali Umat Muslim Lakukan Umrah Mulai Ahad 25 Juli

Ahad, 25 Jul 2021 22:00

Milisi Syi'ah Pro-Iran Di Suriah Rekrut Pemuda Lokal Untuk Beli Properti Di Deir Al-Zor

Milisi Syi'ah Pro-Iran Di Suriah Rekrut Pemuda Lokal Untuk Beli Properti Di Deir Al-Zor

Ahad, 25 Jul 2021 21:25

Parlemen Prancis Sahkan RUU Anti-Separatisme 'Islamofobia'

Parlemen Prancis Sahkan RUU Anti-Separatisme 'Islamofobia'

Ahad, 25 Jul 2021 20:35


MUI

Must Read!
X