Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
19.361 views

Kata Siapa Lurah Susan Cantik? Ini Bukan Soal Kecemburuan Ibu-ibu LA

JAKARTA (voa-islam.com) – Pemberitaan sebuah media online yang menyebut penolakan bukan karena soal agama, tetapi karena kecantikan Susan, ditanggapi oleh Ulama Betawi KH. Fachrurrozy dalam sebuah jumpa pers yang digelar FUI di Jakarta. Namun demikian, kiai yang dekat dengan warga Lenteng Agung ini tak mau menanggapi terlalu jauh. Menurutnya pemberitaan itu terkesan lebay alias berlebihan.

"Itu (Susan) lebih cantik istri saya. Ini pelecehan, kayaknya penulisan jurnalistiknya di bawah kualitas wartawan," kata kiai dengan logat Betawinya yang medok. " pungkasnya.

Seperti diketahui, belum lama (03/10) ini sebuah media online ternama memberitakan, penolakan warga atas penempatan Lurah Lenteng Agung disebabkan karena faktor kecantikannya, bukan masalah Agama.

Diberitakan, setiap Sabtu dan Minggu, Lurah Susan mengadakan kerja bakti di wilayah Lenteng Agung. Tak hanya menginstruksikan, dia juga terlibat langsung dalam kegiatan tersebut. Kehadiran lurah cantik Susan tersebut memantik semangat warga untuk ikut gotong royong.

Detik menulis para pengurus rukun tetangga dan rukun warga, yang umumnya laki-laki makin giat menggelar kerja bakti. Rupanya semangat para kaum bapak itu menimbulkan rasa cemburu di kalangan ibu-ibu warga Lenteng Agung.

Siti Maimunah (44 tahun), warga RT 14 RW 03, Lenteng Agung mengaku sejak Susan menjabat lurah banyak pengurus RT yang kegenitan. Misalnya, pengurus RT bela-belain ikut kerja bakti pada hari Minggu untuk membersihkan selokan. Padahal, pada saat bersamaan ada acara hajatan pernikahan di rumah tetangganya.

“Bapak-bapak ada yang malah ganjen sekarang. Mereka pakai minyak wangi lah kalau kerja bakti. Sok kerajinan gitu deh,” kata Maimunah yang sudah menetap di Lenteng Agung sejak 1980 tersebut kepada detikcom, Selasa (1/10).

Hal yang sama dikatakan warga RT 08 RW 04, Khadijah (39 tahun). Dia bersama Maimunah mengaku diajak ikut demo menolak Lentang Agung dipimpin oleh lurah Susan. Namun penolakan itu bukan karena adanya perbedaan agama.

Tidak benar, jika penolakan warga terhadap Lurah Susan karena kecemburuan ibu-ibu terhadap kaum bapak yang getol kerja bakti dengan lurah Susan. Tokoh ulama Betawi KH Fachrurozi Ishaq yang hadir dalam jumpa pers mendampingi tokoh masyarakat dan warga Lenteng Agung yang digelar Forum Umat Islam (FUI) di Resto Al Jazeera, Jakarta, menyebut penolakan warga masyarakat ini sebagai persoalan umat beragama. Bila penempatan Lurah Susan di Lenteng Agung ditolak warga, harusnya aspirasi itu diterima oleh Gubernur.

"Ini masalah umat beragama. (karena) Kita bicara soal manusia. Maka kalau lingkungan menolak dengan tanda tangan, kalo Jokowi bijak, ia harus terima aspirasi warga tersebut. Ini memang  bukan masalah agama, tapi masalah umat beragama. Didalamnya ada SARA," kata kiai.

Keputusan Pemprov DKI yang dipimpin oleh Jokowi-Ahok dalam menempatkan wanita bernama Susan sebagai lurah Lenteng Agung itu ibarat menaruh kompor dalam kulkas. Kyai Fachrurozy mengatakan, memang penempatan lurah dengan sistem lelang itu wewenang pemerintah tapi harus proporsional.

"Boleh mereka bicara secara konstitusi tapi tetap harus proporsional. Harusnya diroling saja, Susan boleh tetap jadi lurah tapi di tempat yang mayoritas Kristen," tambahnya.

Seperti diketahui, mayoritas warga Lenteng Agung beragama Islam. Akan tetapi, Jokowi-Ahok menempatkan seorang Kristen untuk memimpin kelurahan ini. Padahal, kata warga, pada zaman penjajahan kolonial saja, Belanda tidak berani menempatkan seorang Kristen menjadi pemimpin di wilayah ini (Lenteng).

Seperti diketahui, di Lenteng Agung terdapat 22 masjid, 58 mushola dan ratusan majelis taklim serta lembaga pendidikan Islam. Tidak mungkin itu semua bisa diatur dan dikoordinasikan jika pemimpinnya non muslim. [desastian]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X