Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
15.007 views

Surat Terbuka untuk Kapolri Jendral Pol H. Sutarman.

YTH Kepala Polisi Republik Indonesia Bapak Jendral Pol H. Sutarman

di Jakarta. 

Assalamu'alaikum. Semoga Bapak Jendral Pol H. Sutarman selalu dalam lindungan Allah SWT. 

Terkait pemenuhan hak berjilbab bagi Polwan yang sudah diumumkan melalui media massa oleh Bapak Kapolri di depan insan pers pada November 2013, sesungguhnya pengumuman tersebut telah menjadi kebanggaan Umat Islam. Dimana, di tengah-tengah runtuhnya mental aparat penegak hukum, di tengah banyaknya kasus korupsi, di tengah ketidakpekaan penguasa terhadap masalah kebangsaan, ternyata masih ada Pimpinan Polri yang dengan cerdas, mengerti kebutuhan ruhani anak buahnya.

Oleh karena itu, harapan pemenuhan hak beribadah dan mengenakan baju sesuai agama yg dipeluk Polwan Muslimah, menjadi makin jadi kenyataan setelah Kapolri mengumumkan bolehnya Polwan Muslimah mengenakan jilbab, tanpa harus menunggu aturan.

Alhamdulillah, dengan pengumuman tersebut, saya lihat respon luar biasa dilakukan jajaran Polri. Ada Apel Polwan berjilbab, dan sudah banyak Polwan yang kemudian mengenakan Jilbab. Ini sungguh suasana yang sangat menggembirakan. Kapolri telah membuat sejarah manis di awal jabatannya.

Kenapa? Karena selama ini banyak Polwan Muslimah yang mengenakan Jilbab justru ketika di luar dinas. Sementara di saat dinas mereka ketakutan memakainya. Maka dari itu, pengumuman Kapolri dibolehkannya Polwan berjilbab tanpa menunggu aturan, adalah sebuah langkah yang seharusnya diambil oleh pemimpin yang bekerja di tengah masyarakat yang mayoritas Muslim. 

Namun, turunnya TR yang memerintahkan penundaan penggunaan jilbab bagi Polwan, telah menyebabkan konsekuensi paling dilematis karena Polwan yang semula sudah dengan ikhlas dan bangga beribadah demi menyempurnakan diri sebagai Muslimah dan mengabdikan diri sebagai Polwan untuk turut menjadi pelindung, pengayom, pelayan dan penegak hukum di tengah masyarakat, kini harus mencopot jilbab, sekaligus dengan terpaksa menistakan diri, menurunkan kesempurnaannya sebagai Muslimah Abdi Negara.

Pencopotan Jilbab mungkin dianggap hal biasa bagi sebagian pihak. Tapi dalam Islam, menanggalkan jilbab yang pernah dikenakannya adalah aib. Menanggalkan jilbab yang pernah dikenakan berarti meruntuhkan harga diri seorang Muslimah. Apapun itu profesi dan pekerjaannya.

Apabila soal desain jilbab dan desain baju Polwan Muslimah kini dijadikan alasan yang sulit  untuk dipenuhi, bukankah kita sudah punya model Polwan di Aceh? Bukankah Aceh juga bagian dari NKRI ?

Apabila soal anggaran yang dipersoalkan, maka bagaimanakah jika, Polwan bersedia mengeluarkan biaya pribadi untuk pembuatan seragamnya? Apakah TR pencopotan jilbab itu bisa dibatalkan?

Bapak Kapolri, baru saja saya membaca berita media massa hari ini. Wakapolri Bapak Oegroseno yang menandatangani TR tersebut menyatakan bahwa Polri akan melakukan studi banding ke beberapa negara lain tentang model Baju Polwan. Dengan demikian, akan membutuhkan waktu berapa lama lagi studi banding ini? Bukankah Indonesia ini gudangnya Desainer Busana Muslim? 

Bapak Kapolri, apabila memang persoalan jilbab ini menjadi sulit, saya bersama teman-teman di Ormas Islam bersedia menyediakan pendanaan melalui program iuran sukarela dari Umat Islam guna membantu beban Polri. Insya Allah Indonesia akan diberkahi apabila Polri ingat bunyi azas pertama Tri Brata yang berbunyi "KAMI POLISI INDONESIA BERBAKTI  KEPADA  NUSA  DAN  BANGSA DENGAN  PENUH  KETAQWAAN  TERHADAP  TUHAN  YANG MAHA  ESA".

Demikian surat terbuka saya buat. Atas diperhatikannya surat ini, saya sampaikan banyak terimakasih.

Jakarta, 3 Desember 2013

Terimakasih 

 

Mustofa B. Nahrawardaya 

Aktifis Muda Muhammadiyah

081384359622

Email: mustofanahrawardaya@gmail.com

Twitter: @MustofaNahra 

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X