Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
14.180 views

Pasca-lengser, SBY akan Buka Warung Nasi Goreng atau Jadi Sekjen PBB?

JAKARTA (voa-islam.com) – Tiga bulan berselang dari pemilu legislatif, rakyat Indonesia akan mengikuti Pemilu lagi, yakni Pemilihan Presiden 9 Juli 2014. Pemilu ini untuk mencari presiden baru. Disebut baru karena masa jabatan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) kurang dari setahun lagi, tepatnya 20 Oktober 2014. Ia sudah dua periode menjabat, masing-masing 5 tahun, atau sudah maksimum seperti diatur konstitusi; 10 tahun menjabat.

Kira-kira apa target Ketua Umum Partai Demokrat tersebut 'pascalengser keprabon', dan tidak berkegiatan lagi di Istana Presiden? Betulkah pensiunan jenderal kelahiran Blitar, Jawa Timur 9 September 1949 itu akan membuka warung makan menu khusus nasi goreng? Atau punyakah dia ambisi mendunia, menjadi Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa, misalnya?

Untuk urusan warung makan pernah terlontar dari Presiden SBY sendiri. Kendati nada berseloroh, SBY memang dikenal pintar mengolah nasi goreng. Bersama Ny Kristiani Herawati atau Ny Ani Yudhoyono, SBY beberapa kali menyajikan menu nasi goreng buatannya sendiri untuk disantap tetamu negara dalam acara resepsi makan bersama.

Nah, selain bercita-cita membuka warung nasi goreng SBY juga pernah berucap akan menjadi pembicara seminar-seminar nasional dan internasional. Tujuannya untuk berbagi ilmu kepada masyarakat luas menceritakan pengalamannnya selama menjabat Presiden RI dua periode, selama 10 tahun.

Namun apa pekerjaan SBY setelah pensiun dari presiden belum diputuskan. "Yang jelas, Insya Allah, apa pun yang akan saya lakukan nanti pastilah sesuatu yang halal," kata SBY.

Pengamat Politik dari Universitas Indonesia (UI) Prof Iberamsjah menafsirkan maksud SBY ingin menjual nasi goreng racikannya di rumah makan. "Mungkin dia (SBY) tidak mau lagi berpolitik setelah pensiun dari presiden. Atau mungkin juga SBY ingin bikin album lagu karena kita tahu SBY senang ciptakan lagu," kata Iberamsjah.

Iberamsyah menyarankan SBY untuk memilih kegiatan sosial setelah pensiun dari presiden. Kegiatan mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla setelah pensiun mengabdikan diri pada kegiatan sosial yakni menjadi Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI), dan Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI), merupakan contoh bagus. "SBY carilah kegiatan seperti itu yang memberi simpati dari masyarakat," kata Iberamsjah.

Dalam setahun terakhir berhembus kabar bahwa SBY menyiapkan diri untuk mencalonkan sebagai Sekjen Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Banyak gelagat SBY yang diperlihatkan ke publik mengenai cita-cita SBY itu setelah pensiun. Misalnya SBY rajin dan berperan aktif dalam kegiatan internasional.

Ketika Presiden SBY meraih penghargaan World Statesman Award dari organisasi Appeal of Conscience Foundation (ACF), sebuah yayasan antaragama di Amerika Serikat, dapat dimaknai satu anak tangga menuju kursi Sekjen PBB.

"Tetapi untuk jadi Sekjen PBB modal itu tidak cukup. Harus minimal punya pengalaman dalam bidang perdamaian dengan karier diplomatik yang banyak," kata Iberamsjah. (an/tribun)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X