Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.151 views

Musim Dingin, Dewan Dakwah Bantu Pengungsi Suriah

KAHRAMAN MARAS, SURIAH (voa-islam.com)--Ny Ummu, sebut saja begitu, lebih banyak membisu. Sikapnya sedingin salju yang mengepung flat yang didiaminya sekeluarga. Pun ketiga anak Ummu, seperti kehilangan keceriaan kanak-kanak.

Tim Kemanusiaan LAZNAS Dewan Dakwah maklum akan sikap pengungsi asal Suriah di Kamp Kahraman Maras, Turki, itu. Bagaimana tidak. Ummu telah kehilangan banyak. Ayahnya, ibunya, suaminya.... tewas tatkala bom menghantam rumah mereka di Suriah. Ny Ummu sendiri harus menyandang cacat akibat tersambar serpihan bom. Kini, di ruang sempit flat di pengungsian, ia harus menjadi single parent bagi ketiga anaknya yang tersisa.

Keluarga Ummu salah satu dari ribuan pengungsi Suriah di daerah Kahraman Maras. Kamp ini berjarak tempuh sekitar duabelas jam dari Istanbul dan dua jam dari perbatasan Suriah-Turki. 

Di Kahraman Maras ada sekitar 100 ribu pengungsi Suriah dari total hampir 4 juta pengungsi Suriah di sepanjang perbatasan Suriah-Turki.

Para pengungsi Suriah di Lebanon dan Turki, rata-rata tidak bisa mendapat pekerjaan dengan gaji memadai untuk hidup sehari-hari. Mereka mencari nafkah sebagai kuli angkut di pasar, buruh di kebun, tenaga pembersih di restoran, atau jadi pedagang kaki lima. 

Begitupun, pengungsi di Kahraman Maras kondisinya mendingan. Mereka dapat menyewa flat atau rumah sangat sederhana dengan kayu bakar sebagai bahan bakar untuk penghangat ruangan. Kadang satu ruangan kecil diisi sembilan orang. Satu flat kecil bisa diisi tiga atau empat keluarga.

Anak-anak mereka difasilitasi oleh Hayrat Yardim yang mendirikan madrasah-madrasah tahfidz bagi anak anak TK hingga remaja. Selain di wilayah Turki, Hayrat juga membantu sekitar 10 ribu anak untuk terus belajar di madrasah yang didirikan di wilayah Suriah perbatasan.

Di Kahraman Maras, kunjungan Tim Kemanusiaan LAZNAS Dewan Dakwah pada medio Desember 2017 diterima oleh Wakil Walikota Maras, Mr Ramazan. Ia didampingi Mr Adnan sebagai Ketua Asosiasi NGO di Maras, dan Ustadz Feridun sebagai Ketua Hayrat Yardim untuk urusan Suriah. Mereka menyampaikan terima kasih atas dukungan masyarakat Indonesia kepada para pengungsi. 

‘’Alhamdulillah, bantuan yang Kami distribusikan pada tahap awal ini sebesar 26.000 USD dengan penerima manfaat sekitar 2000 keluarga pengungsi,’’ ungkap Ade Salamun, Koordinator Tim Kemanusiaan LAZNAS Dewan Dakwah. 

Tim Kemanusiaan LAZNAS Dewan Dakwah yang terdiri Ade Salamun (Jakarta), Sudarno Hadi (Jawa Timur), Syukri Hadi (Riau), Hery Kartono (Qatar), Habib Ismail (Solo), dan Son Haji Shodiqin (Lampung), juga mengunjungi kamp pengungsi di daerah Lembah Bekaa, Lebanon Timur, sekitar empat jam dari Beirut, ibukota Lebanon.

Menurut pemandu Tim Kemanusiaan LAZNAS Dewan Dakwah dari Ghirass Foundation (NGO lokal di Lebanon), ada kurang lebih 350.000 jiwa pengungsi Suriah di Lembah Bekaa. Jumlah ini merupakan sebagian dari total sekitar 3,5 juta pengungsi Suriah di Lebanon.

Pengungsi di Lembah Bekaa umumnya tidak mendapat akses pendidikan. Sedang sekolah swasta kelewat mahal bagi mereka. Akses kesehatan juga nyaris nihil bagi pengungsi. 

Pengungsi yang mampu, dapat menyewa rumah sederhana dan memenuhi kebutuhan hidup bulanan dengan anggaran sekitar 600 USD. Namun kebanyakan tidak mampu, dan tinggal di tenda-tenda plastik yang rentan dibekap musim dingin.

Sejumlah NGO lokal maupun internasional yang selama ini aktif membantu para pengungsi di perbatasan, kewalahan juga. Pasalnya, jumlah pengungsi tiap hari terus bertambah. Tak hanya dari Suriah, tapi juga dari Palestina.

‘’Tenda-tenda yang ditempati pengungsi tembus air dan di dalamnya tanpa pemanas ruangan. Padahal, suhu udara sangat dingin menusuk hingga mencapai minus 15 derajat Celsius,’’ papar Ade Salamun. 

Untuk meringankan derita para pengungsi terutama dalam menghadapi musim dingin, LAZNAS Dewan Dakwah menyalurkan bantuan berupa makanan pokok serta selimut dan jaket untuk sekeluarga.

Ade Salamun menjelaskan, distribusi bantuan pada itu bekerjasama dengan Ghirass Foundation dan NGO Turki, Hayrat Yardim. 

Kini, ketika kita di Indonesia sebagian memasuki musim penghujan, para pengungsi Suriah tengah dibekap udara dingin yang membekukan. Semoga kita dapat terus bersyukur sambil berbagi.* [Bowo/Syaf/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X