Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.729 views

Ditutup Gubernur Anies Baswedan, Multaqa Ulama dan Dai Internasional ke-5 Hasilkan 10 Rekomendasi

JAKARTA (voa-islam.com)--Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan secara resmi menutup Pertemuan Ilmiah Internasional ke-5 (Al-Multaqa al-Duwaly al-'Ilmy  al-Khamis) yang digelar di Hotel Grand Cempaka, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, sejak Selasa hingga Jumat (3-6/07/2018). Sebelumnya,  kegiatan yang digelar Rabithah Ulama dan Dai Asia Tenggara dan didukung oleh Yayasan Al-Manarah Al-Islamiyah dan Pemprov DKI Jakarta itu dibuka secara resmi oleh Wapres HM Jusuf Kalla. 

Kehadiran Anies dalam Multaqa tersebut merupakan yang ketiga kalinya. Pertama, Anies hadir sekaligus menyampaikan sambutan saat pembukan pada Selasa (3/7), kedua Anies hadir pada malam puncak Multaqa untuk mendengarkan pengalaman-pengalaman para ulama dan dai, Kamis malam (5/7) dan ketiga, Anies menutup Multaqa pada Jumat (6/7).

Sebelum secara resmi ditutup, Sekjen Rabithah Ulama dan Dai Asia Tenggara Dr. H. Jeje Zainuddin membacakan 10 rekomendasi strategis terkait dakwah dan problematika umat Islam sebagai hasil dari pertemuan ini. Kesepuluh rekomendasi itu adalah:

Pertama, menekankan pentingnya rahmat dalam Islam dan hidup berdampingan secara damai dan harmoni antara Muslim dan non-muslim dan bahwa cinta terhadap kebaikan antar sesama merupakan hal yang baik, maka seharusnya tidak menginginkan keburukan untuk dirinya sendiri dan orang lain.

Kedua, untuk mencapai persatuan dan kesatuan di antara umat. Perlu berpegang kepada Al-Qur’an dan Sunnah dengan pemahaman yang komprehensif dan terintegrasi yang sejalan dengan kaidah-kaidah ilmiah dan praktis yang telah disusun oleh para ulama otoritatif dari masa ke masa.

Ketiga, pentingnya membangun kemitraan kerja sama antara lembaga-lembaga dakwah dengan berbagai lembaga-lembaga ilmiah dan pendidikan baik pemerintah atau swasta, dalam rangka mencapai perdamaian, stabilitas, kemajuan, pembangunan dan kemakmuran dalam naungan ridha Allah Swt.

Keempat, meningkatkan peran strategis lembaga-lembaga dakwah dan kontribusinya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia Muslim di berbagai bidang dan disiplin ilmu dalam rangka mewujudkan misi “khairu ummah” dan “ummatan wasatha”.

Kelima, memperkuat posisi keluarga sebagai institusi terkecil dan pondasi dasar bangsa dan negara, melalui pendidikan dan pengembangan karakter yang mulia yagn sejalan dengan ajaran Islam yang hanif.

Keenam, mendorong para ulama dan dai untuk melakukan revolusi penyampaian dakwah yang cepat dengan memanfaatkan teknologi informasi (IT) dan media sosial sebagai media untuk menyampaikan dakwah Islam yang berorientasi kepada budaya literasi.

Ketujuh, mengingat Indonesia adalah negara Muslim terbesar dalam hal jumlah penduduk, ia harus memainkan peran utama dalam menciptakan perdamaian dunia melalui dakwah dan pendidikan yang didukung oleh kebijakan pemerintah yang benar.

Kedelapan, karena Jakarta sebagai Ibu Kota Negara memiliki berbagai keragaman agama, etnis, sosial, budaya dan lain-lain, maka setiap orang yang bekerja di bidang dakwah Islam harus mengambil metode dan strategi yang dapat membina dan mempertahankan kohesi sosial.

Kesembilan, memperkuat kedudukan kota Jakarta sebagai pusat Peradaban berbasis Dakwah dan Pendidikan Islam di konteks nasional dan internasional.

Kesepuluh, membentuk panitia khusus untuk merealisasikan seluruh keputusan forum multaqa ini dengan melibatkan semua unsur-unsur terkait.

 

Diikuti 500 Peserta

Multaqa Ulama dan Dai se-Asia Tenggara, Afrika dan Eropa ke-5 ini dihadiri lebih dari 500 peserta. Mereka adalah para ulama, cendekiawan, dai, dan para utusan pimpinan ormas Islam seperti Majelis Ulama Indonesia (MUI), Nahdlatul Ulama (NU),  Muhammadiyah, Persatuan Islam (PERSIS), Wahdah Islamiyah (WI),Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia (DDII), Front Pembela Islam (FPI),  Al Irsyad Al Islamiyah, Syarikat Islam, An-Najat al-Islamiyah, PUI,  Al Washliyah,  Hidayatullah,  GP Anshor DKI,  dan ormas-ormas lainnya.  

Selain dari dalam negeri, seratus ulama dan dai datang sebagai undangan dari negara-negara Asia Tenggara, Afrika dan Eropa. Selain itu sejumlah duta besar negara-negara Islam untuk Indonesia juga nampak hadir.

Terkait tema Multaqa kelima, yakni “Wa’tashimu...”, Ketua Rabithah Ulama dan Asia Tenggara KH M. Zaitun Rasmin menjelaskan tema tersebut mencerminkan tujuan utama dari forum ilmiah ini yakni merumuskan langkah-langkah konkrit dalam mewujudkan kesatuan-persatuan para ulama dan dai dalam berdakwah. Selain itu juga menjauhi perselisihan dan perpecahan umat, serta mengembangkan cara-cara dialog yang saling menghormati dalam menghadapi berbagai isu kontroversi di tengah masyarakat.

Zaitun mengatakan, forum ini telah menjadi agenda tahunan organisasi yang dipimpinnya sejak 2014 lalu. Secara berturut-turut, Multaqa perdana digelar di Depok, Jawa Barat pada 2014, Multaqa kedua di Lembang, Bandung pada 2015 dan selanjutnya, pada 2016 Multaqa dilaksanakan di Sentul, Bogor. Multaqa keempat pada 2017 digelar di Kota Padang, Sumatera Barat.

Selain Wapres RI HM Jusuf Kalla dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, hadir dalam pembukaan Multaqa kelima, Ketua Umum MUI Pusat Prof Dr KH Ma'ruf Amin, Imam Masjidil Haram Syekh Dr Hasan Bukhari, Guru Besar Universitas Ummul Qura' Mekkah Prof Dr Toha Abidin, Guru Besar UIN Jakarta Prof Dr Said Aqil Husin Al Munawar, Direktur Pascasarjana UIKA Bogor Prof Dr KH Didin Hafiduddin, Pemimpin Pesantren Darul Rahman KH Sukron Makmun, Ketua PP Muhammadiyah Prof Dr Yunahar Ilyas, Habib Luthfi bin Yahya, mantan Gubernur Jawa Barat Dr H Ahmad Heryawan, dan sederetan nama lainnya.* [Syaf/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X

Rabu, 27/03/2024 07:22

Palestina Aman, Publik Dibohongi?