Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
6.448 views

Proyek Pipanisasi MCI Bentuk Penguatan Aqidah Umat

LOMBOK (voa-islam.com) - Mualaf Center Indonesia (MCI) menilai proses penguatan aqidah tidak hanya melalui pendekatan dakwah lisan. Perlu kerja sosial dan penguatan finansial umat sebagai benteng teologis.

Realisasi konsep tersebut, MCI langsung menyanggupi program pipanisasi sumber mata air bagi penduduk dusun Pawang Karya, Kec. Bayan, Lombok Utara.

"Kalau program ini tidak diambil MCI, pihak lain yang mengambil dengan tujuan tertentu,"kata Korlap MCI, Wahyu Prijanto kepada voa-islam, Lombok, (9/9/2018).

Lanjut Wahyu, program itu dilakukan sebab penduduk Pawang Karya kehilangan sumber-sumber air untuk pemenuhan sehari-hari.

"Program pipa adalah kebutuhan vital saat gempa, betul betul sumbernya mati, PDAM, air Gunung mati, jadi kita prioritaskan air," terangnya.

MCI dalam membantu tanggap bencana sengaja memilah program-program yanh akan dieksekusi. MCI memprioritaskan program yang terkait kebutuhan vital, dapat segera dilaksanakan, dan manfaatnya berkepanjangan lm

"Bagaimana kita mencari relawan jariah, ga banyak program yang penting kelar. Cukup satu dua janji, selesai,"tuturnya.

Proyek pipanisasi mencoba mengalirkan air dari sumbernya di perbukitan Bayan sejauh 7 Kilo Meter. Menurut Wahyu, di beberapa titik terdekat memang terdapat sumner mata air pula, namun daya dorong air belum cukup untuk dialirkan ke dusun di bawah.

"Jarak sumber mata air 7 kilo, di sana dipilih karena kekuatan gravitasi-nya baik, yang dekat-dekat kurang tekanannya. Kita sudah uji melalui tim MCI yang ahli pengairan,"ujarnya.

Wahyu mengungkapkan proyek pipanisasi itu membutuhkan biaya sebesar 200 juta rupiah. Sementara pipanya, memerlukan sebanyak 1750 batang dengan berbagai ukuran.

Pembiayaan proyek itu melalui sponsor, dukungan masyarakat, dan penggalangan dana umat. Sedangkan proses pembuatannya, dilakukan bersama antara relawan dan masyarakat setempat.

"Pengerjaan oleh masyarakat, alhamdulillah kita berdayakan masyarakat, kita dorong kerja bersama,"lontarnya.

Wahyu menjelaskan bahwa pengadaan air melalui proyek pipanisasi tersebut dapat mengatasi kebutuhan enam ribu penduduk dusun dan sekitarnya. Maka dari itu, progrma MCI sangat diapresiasi oleh perangkat dusun dan masyarakat setempat.

"Masyarakat senang dengan MCI, karena MCI saat bertanya kebutuhan masyarakat, masyarakat nyatakan butuh ini-itu, langsung dikerjakan, jadi mereka percaya, tidak hanya janji-janji,"katanya.

Selama pengerjaan pipanisasi belum selesai, relawan MCI membantu kebutuhan air masyarakat dengan mengambil air menggunakan tandon yang dibawa memakai mobil pick up. Mobil bergerak bolak-balik mengisi air ke tandon-tandon penampungan.

Selain program pipanisasi, MCI selama di Lombok sudah mengerjakan pembangunan sekolah darurat menggunakan tenda, program mitihasi bencana, tanggap darurat dan recovery, serta trauma healing, dan evakuasi. [bilal/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X