Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.765 views

Riyal Saudi Jatuh ke Level Terendah Sejak 2016 Menyusul Kasus Hilangnya Jamal Khasoggi

RIYADH, ARAB SAUDI (voa-islam.com) - Reaksi ekonomi untuk Saudi atas hilangnya jurnalis pembangkang Jamal Khashoggi menemukan dimensi baru ketika mata uang kerajaan jatuh ke level terendah dalam dua tahun pada perdagangan Senin (15/10/2018).

Riyal dikutip oleh media telah mencapai nilai 3,7524 terhadap dolar AS di pasar spot pada awal perdagangan, tingkat terlemahnya sejak September 2016.

Di bursa valas, dolar naik setinggi 100 poin terhadap riyal, tertinggi sembilan bulan, dari 54 poin pada hari Jum'at. Pada 2016, secara singkat naik di atas 1.000 poin.

Harga obligasi internasional Arab Saudi juga meredam kekhawatiran bahwa arus investasi asing dapat menyusut karena Riyadh menghadapi tekanan atas hilangnya Khashoggi.

Perdagangan di pasar mata uang, yang digunakan oleh bank untuk melakukan perlindungan nilai investasi, juga menyarankan beberapa lembaga melindungi diri terhadap risiko arus keluar modal atau sanksi AS atas Riyadh atas kasus sang jurnalis.

Pasar saham Saudi telah jatuh 7,2 persen selama dua hari perdagangan sebelumnya karena kasus Khashoggi, tetapi rebound 2,0 persen pada hari Senin.

Pedagang mengatakan beberapa investor institusional, termasuk investor asing, membeli saham di posisi terendah, meyakini bahwa situasi ekonomi fundamental Arab Saudi tidak mungkin berubah banyak, lapor Reuters.

Namun, banyak bankir dan analis mengatakan kasus Khashoggi telah memicu persepsi risiko politik di Arab Saudi karena itu adalah yang terbaru dalam serangkaian insiden tak terduga selama tiga tahun terakhir.

Selama periode ini Arab Saudi telah melancarkan perang di Yaman, memberlakukan embargo terhadap Qatar, menangkap puluhan pejabat tinggi dan pengusaha dalam pembersihan korupsi, menahan para ulama dan aktivis hak-hak perempuan dan melihat ketegangan yang meningkat dengan Kanada dan Jerman.

Ini, sebagaimana para ahli yang dikutip oleh media, telah menunjukkan bahwa perkembangan politik di Arab Saudi menjadi risiko ekonomi yang semakin penting. (st/ptv)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X