Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
1.968 views

Bertahan dari terjangan Lumpur Liquifaksi, Asmudin Kehilangan Cucu Kembar

SIGI (voa-islam.com), Keindahan pemukiman desa Jono Oge yang dikelilingi bukit dan pegunungan Sigi-Donggala pada Jumat magrib (28/10/2018), tiba-tiba berubah menjadi menyeramkan. Getaran dahsyat gempa di lautan Sulawesi menyambar hingga ke desa yang dikelilingi hampadan hijaunya persawahan. Asmudin yang tengah berada di dalam rumah, sontak keluar menghindar Runtuhan bangunan.

Ketua RT RT. 01 desa Jono Oge, Dusun Dua, Kec. SIGI Biromaru Kab. Sigi itu sempat berbalik arah berusaha menyelamatkan istri dan keluarganya dari dalam rumah, setelah ia bersama keluarga dan warga berusaha berlari ke arah utara pemukiman, tepatnya menuju akses jalan raya desa, mendadak tiang-tiang listrik berjatuhan.

Asmudin mengaku kaget, lalu hendak berlari ke arah lain, namun tidak bisa. "Tiba-tiba dari arah timur bunyi krak.. Krak.. Tanah lumpur dari arah timur datang seperti ombak, kami masuk ke dalam tanah setinggi pinggang," ujar pria berusia 50an lebih itu.

Asmudin mengaku pasrah saat diri dan keluarganya terbawa derasnya lumpur, namun belum sempat menarik nafas, dari arah barat muncul gelombang balik lebih besar. Asmudin yang memegangi keluarganha dipukul kembali oleh arus balik lumpur.

"Suasananya gelap, orang banyak yang berteriak tolong, tubuh saya sudah terendam lumpur sampai batas dada,"ungkapnya mengisahkan.

Di tengah-tengah arus yang menghanyutkan Asmudin dan keluarga, dia berusaha menggamit papan kayu. Saat berhasil meraih papan tersebut, dia menaruh anak, istri, dan keluarganya duduk di atas papan.

Namun, tak bertahan lama, arus deras selalu mengganggu papannya terbalik. Tak menyerah, Asmudin tetap berusaha memegang papan itu hingga bisa dipergunakan oleh anggota keluarganya.

Arus lumpur terus membawa Asmudin dan keluarga hingga terhenti di sebuah tepian tanah lebih keras. "Saat arus tidak mendorong saya lagi, saya coba gerakkan kaki dan menginjak-injak tanah yang lebih keras. Akhirnya, saya bisa keluar dari tanah, lalu menyelamatkan keluarga saya," katanya.

Asmudin memiliki sebelas keluarga, namun ia hanya bisa menyelamatkan sekira tujuh orang anggota keluarganya. Seperti istri dan anak-anaknya. Nahas, Asmudin harus kehilangan dua cucu kembarnya beserta sang ibu anak tersebut.

"Ini anak laki-laki saya, anaknya dua kembar hilang bersama istrinya, belum ditemukan," ujar Asmudin sembari menunjukkan kepasa anak muda yang jongkok disampingnya.

Saat Asmudin bercerita kepada voa-islam di pengungsian di desa Pombewe, Kab. Sigi, nampak di wajahnya parut-parut memar. Kenapa wajah bapak? Voa-islam bertanya. "Ini luka, entah kena apa saja, segala macam kayu, batu, dan apa saja menghantam kami,"tuturnya.

Memar seperti itu, voa-islam lihat pula pada tubuh anggota keluarganya di pengungsian. Bahkan, anggota keluarganya ada yang masih terlihat luka-luka cukup besar baru mengering.

Kini Asmudin bersama keluarga warga desa Jono Oge yang tersisa hanya bisa pasrah di tenda-tenda pengungsian, sambil berharap uluran tnagan dermawan dan pemerintah. Meski, dia merasa bantuan pemerintah sangat lambat dalam bencana ini. Karena desanya sudah hilang ditelan bumi terkena liquifaksi tanpa sisa kecuali puing-puing. (bil/voa-islam)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Toko Tas Online TBMR - Murah & Terpercaya

Toko tas online dan Pusat grosir tas TBMR menjual tas branded harga grosir. DISKON setiap hari s/d 50%. Tas wanita, tas import, tas kerja semua dijamin MURAH. Menerima Reseller.
http://www.tasbrandedmurahriri.com

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Pusat Jam Tangan Impor Murah

Tampil cantik dan keren dengan jam tangan impor pilihan. Tersedia koleksi ribuan jam tangan untuk pria dan wanita, harga dijamin murah.
http://timitime.asia

Pasaribu: Disabilitas Kaki yang Ahli Ibadah ini Jadi Incaran Misionaris. Ayo Bantu Modal Usaha.!!

Pasaribu: Disabilitas Kaki yang Ahli Ibadah ini Jadi Incaran Misionaris. Ayo Bantu Modal Usaha.!!

Hidup dengan satu kaki, pria asal Sibolga Tapanuli ini tak kenal putus asa. Setelah kakinya diamputasi karena tertabrak truk, ia justru makin rajin beribadah di masjid. Pria Batak ini butuh bantuan...

Nafisa Zahra, Bayi 9 Bulan ini Menderita Kanker Pembuluh Darah. Ayo Bantu..!!!

Nafisa Zahra, Bayi 9 Bulan ini Menderita Kanker Pembuluh Darah. Ayo Bantu..!!!

Baru berusia 9 bulan, bayi ini diuji dengan penyakit Kanker Pembuluh Darah. Kedua pipinya tumbuh dua benjolan sebesar kepal tangan orang dewasa. Ia harus segera dioperasi dan minum susu khusus...

Ismail Abdurrahman: Anak Aktivis Dakwah Opname di RS PKU Solo. Ayo Bantu..!!

Ismail Abdurrahman: Anak Aktivis Dakwah Opname di RS PKU Solo. Ayo Bantu..!!

Musibah muntaber tak henti-hentinya menimpa Ismail, anak aktivis dakwah Solo Raya. Sang ayah, Muhammad Arif adalah pekerja serabutan yang saat ini sedang mendapat ujian yang bertubi-tubi. ...

Sakit Stroke, Muallaf Mantan Hindu ini Hidup Sebatang Kara di Gubuk Lapuk. Ayo Bantu.!!

Sakit Stroke, Muallaf Mantan Hindu ini Hidup Sebatang Kara di Gubuk Lapuk. Ayo Bantu.!!

Nyaris sempurna ujian hidup muallaf Nyoman Kawi. Di usia senja, ia tak bisa mencari nafkah karena stroke telah mematikan separo tubuhnya. Hidup sebatang kara, ia tinggal di gubuk lapuk yang tidak...

Guru SMP Islam & Mahasiswi Bahasa Arab Solo Terlindas Truk Kontainer. Ayo Bantu..!!!

Guru SMP Islam & Mahasiswi Bahasa Arab Solo Terlindas Truk Kontainer. Ayo Bantu..!!!

Musibah dahsyat menimpa Ustadzah Juwariah. Terlindas truk kontainer, ia kritis tak sadarkan diri: tulang panggul remuk, tulang pubis patah, engsel tulang panggul bergeser (dislokasi), engkel...

Latest News

Reseller tas batam

Kumpulan Video Aksi Bela Islam
Must Read!
X

Kamis, 21/02/2019 08:20

Mengatasi yang Menganggur