Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
5.799 views

Inspirasi dari International Islamic University of Malaysia

KUALA LUMPUR (voa-islam.com)--Cuaca pagi di Kuala Lumpur cukup sejuk. Meski matahari bersinar terang, tak terasa terik. Rombongan overseas  SMP-SMA Ar-Rohmah Putri  pun bergegas menuju International Islamic University of Malaysia (IIUM), Senin (2/9). 

Memasuki kampus yang dikelilingi perbukitan kapur di Gombak, Selangor itu, seakan takjub seketika. Tak hanya karena eloknya arsitektur bangunan. Atau pun luas kampusnya yang lebih 900 hektar membentang. Melainkan  kultur keilmuan yang terasa begitu kuat dan kental di segala penjuru kampusnya.

Menjelajahi tiap sudut universitas yang berdiri sejak 1983 itu, seakan rihlah ilmiah. Memutar kembali sejarah, ke zaman kejayaan Islam di masa lampau. Betapa ilmu itu dijunjung tinggi, dimuliakan dan umat Islam berada di puncak peradaban. Tak dibedakan pula antara ilmu umum maupun agama. Sebab muara semua ilmu itu hanyalah bersumber dari Sang Kuasa.

Tanpa disadari, gairah menuntut ilmu pun tiba-tiba tumbuh dan membara dalam diri seluruh santri dan guru pendamping. Tertulari kuatnya aura positif dari kampus yang bermoto 'The Garden of Knowledge and Virtue' itu.

Lebih lagi, rombongan overseas SMP-SMA Ar-Rohmah Putri mendapat sambutan hangat dan penuh kekeluargaan oleh Amirul Firdausi, Ph.D. selaku Office off International Affairs. Dalam sambutannya, Doktor Amirul sapaan akrabnya, mengucapkan selamat datang di kampus IIUM. Ia pun menjelaskan dengan gamblang semua hal tentang kampus yang puluhan ribu mahasiswanya berasal dari berbagai penjuru dunia itu.

Kunjungan kian menarik saat dua orang mahasiswa asal Indonesia berbagi kisahnya selama kuliah di Universitas Islam Antar Bangsa Malaysia itu.

Rif'at Abdillah, mahasiswa S1 jurusan ilmu politik asal Yogyakarta. Menurutnya, pengalaman tinggal di pesantren sejak SMP dulu, menjadi bekal berharga saat ia menjalani perkuliahan di IIUM. Tidak kaget dan cepat adaptasi dengan padatnya aktivitas kampus. Sebab dinami sehari-harinyanya mirip dengan yang dijalani selama nyantri dulu. Bulan depan ia pun akan diwisuda,  pertanda kuliahnya telah selsai dan gelar S1 akan diraihnya.

Senada dengan Muhammad Rajiv Syarif, mahasiswa doktoral asal Aceh yang kini mengambil jurusan ilmu politik juga. Ia meraih gelar S1 di Banda Aceh, barulah S2 hingga sekarang di Malaysia.

Menurutnya, kuliah di IIUM itu tidaklah ringan. Namun dibilang sangat berat juga tidak. Asal mempunyai niat yang lurus dan tekad yang kuat, semua halangan dan rintangan dalam perkuliahan bisa dilalui. Sebab, seluruh elemen di kampus IIUM sangat kondusif dalam menunjang proses pembelajaran.

Seluruh peserta overseas pun antusias menyimak paparan mereka berdua hingga akhir. Beragam pertanyaan diajukan untuk lebih menggali informasi dan pengetahuan. Mulai soal beasiswa hingga menu makan sehari-harinya.

Di akhir acara, kedua belah pihak saling bertukar cinderamata. Hudzaifah selaku perwakilan dari IIUM memberikan jubah kebesaran kepada Rully Cahyo Nuvanto, Kepala Sekolah SMA Ar-Rohmah Putri sekaligus ketua rombongan. Jubah itu sebagai simbol eratnya jalinan silaturahim yang kini telah terjalin antar kedua pihak.*

Kiriman:

Hery Purnama

SMP-SMA Ar-Rohmah Putri Malang

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X