Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
5.396 views

Ingin Jadi Ayah yang Super? Simak Tipsnya dari Ustaz Bendri Jaisyurrahman

MAKASSAR (voa-islam.com)--Pakar parenting Ustaz Bendri Jaisyurrahman berbagi tips menjadi ayah yang super pada kegiatan Ummat Fest 2019, di Gedung Celebes Convention Center (CCC), Jalan Metro Tanjung Bunga Makassar, Sabtu (9/11/2019).

Konselor pendidikan rumah tangga ini kemudian membedah materi dengan satu topik utama, Ayahku Idolaku. Dalam masalah pengasuhan anak, tutur Alumni FISIP Universitas Indonesia ini, tokoh ayah lebih banyak disebutkan daripada ibu.

Memang benar lanjut Ustaz Bendri, Ibu adalah madrasah bagi seorang anak, namun sosok ayah adalah kepala sekolahnya. Karena memang di lapangan menurut data yang dihimpun oleh BKKBN untuk wilayah Jabodetabek, anak-anak tanpa ayah luar biasa kacaunya. Dari data tersebut disebutkan, hampir 70% karakter anak laki-laki kebanci-bancian. Karena selama kecil selalu berada di bawahku asuhan ibu-ibu.

"Dalam Islam, laki-laki dituntut untuk mencetak jejak-jejak kelaki-lakian, bukan menggelar perawatan. Apa itu jejak kelaki-lakian? panggangan matahari, peras keringat, dan jejak-jejak perjuangan sebagaimana para Sahabat," tutur Pembina Yayasan Langkah Kita ini.

Jika anak laki-laki salah pengasuhan, lanjut ustad Bendri, maka mereka akan menjadi kewanita-wanitaan.

"Mengapa kita belajar menjadi figur ayah? Karena figur ayah itu menguatkan anak. Allah berfirman dalam Alquran yang artinya, hendaklah takut kepada Allah orang-orang yang meninggalkan di belakang mereka anak-anak yang lemah. Siapa itu anak-anak yang lemah itu? Cirinya ada tiga, yakni lemah menghadapi ujian kesulitan yang ketika menjumpai masalah malah anak flight bukan fight, lemah menghadapi ujian syahwat, dan lemah menghadapi ujian kemarahan," ungkap ustad Bendri sambil mengutip terjemahan Surah An-Nisa ayat 9.

Agar generasi yang lemah tersebut tidak lahir, ustad Bendri kemudian menyebutkan solusinya dalam lanjutan ayat yang sama, yakni Allah memberikan solusi kepada para ayah untuk bertakwa kepada Allah, salah satunya adalah membersihkan sumber-sumber rejeki dari keharaman, serta mengucapkan perkataan yang sadid.

"Perkataan yang Sadid yakni perkataan yang tidak menyimpang dan/atau tepat sasaran sesuai usia, jenis kelamin," jelas dia.

Saat menggendong anakpun ada perbedaan menurut Ustaz Bendri, yakni untuk menenangkan anak laki-laki maka dadanya yang ditepuk, sedangkan untuk anak perempuan dielus.

Setelah menyebutkan solusi bagi orang tua agar tidak meninggalkan generasi yang lemah, penulis buku "Fatherman" ini kemudian menyebutkan salah satu peran utama kedua orang tua kepada anaknya.

"Ayah adalah konselor, maka harus menjadi orang pertama yang menjadi tempat 'curhat' anak kala sedih," ungkap dia.

Sesi tanya jawab berhadiah buku Fatherman karya Ustaz Bendri Jaisyurrahman kemudian dibuka untuk empat penanya.

Penanya pertama adalah Syarifuddin yang bertanya tentang penyebab sebagian kasus ketika anak membunuh orangtuanya dan adapula orang tua yang membunuh anaknya.

Ustaz Bendri menjawab, anak memiliki kantong jiwa yang salah satu fungsinya adalah menahan perasaan hingga suatu saat ketika tidak terbendung lagi akan dilepaskan, salah satunya adalah hal yang buruk.

"Itu bukan hanya ada pada anak, tapi pada orang tua juga. Solusinya adalah ajak ngobrol untuk meluapkan perasaan sesegera mungkin. Ayah mendengarkan keinginan anak, dan ayah atau istri saling cerita keinginan masing-masing," jelas dia.

"Superman is dead but father still life," kutip Ustaz Bendri saat mengakhiri kajiannya.

Ummat Fest 2019 digelar oleh Wahdah Islamiyah sejak Jumat (8/11/2019) hingga Ahad (10/11/2019) esok, dengan beberapa rangkaian kegiatan, antara lain Tabligh Akbar, majelis Ayah, thibun Nabawi, pameran produk islami dan kegiatan lainnya.* [Ril/Syaf/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X