Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
9.029 views

Masa Pandemi, Pembelajaran PAUD Tak Boleh Berhenti

JAKARTA (voa-islam.com)--Pada tahun 2035-2045 Indonesia diprediksi akan mengalami bonus demografi yakni jumlah penduduk usia produktif (berusia 15-64 tahun) lebih besar dibandingkan penduduk usia tidak produktif (berusia di bawah 15 tahun dan di atas 64 tahun). 

Mereka berusia produktif pada kisaran tahun 2035-2045 adalah mereka yang saat ini (tahun 2020) berusia 0-5 tahun, atau usia PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini). 

Hal ini disampaikan Kepala Seksi Bidang Pembinaan PAUD dan PNF Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor Wembi Syarif Chan. “Anak-anak usia PAUD saat ini, pada 2035-2045 menjadi kelompok usia produktif. Tentu mereka harus dipersiapkan pada masa golden age ini,” ungkap Wembi, Senin (13/7/2020). 

Melalui lembaga pendidikan PAUD yang tersebar di seluruh Indonesia ini diharapkan terbentuk pondasi pendidikan dan karakter anak-anak menuju generasi emas pada 2035-2045. 

Namun sayangnya, banyak para orangtua kurang peduli pendidikan buah hatinya pada usia golden age (0-5 tahun). Para orangtua tidak memahami pentingnya pendidikan usia dini.

“Ditambah saat ini ada pandemi covid-19. Para orangtua banyak yang memutuskan memasukan anak-anaknya ke PAUD nanti Januari 2021,” jelas Wembi. 

Padahal, pendidikan PAUD itu tidak bisa setengah tahun. Menurut Wembi ini yang juga harus dipikirkan pengelola PAUD di tengah pandemi. 

“Pengelola PAUD harus kreatif. Jemput bola. Pembelajaran PAUD harus terus berjalan,” tegas Wembi. 

Mengapa PAUD begitu penting sehingga harus terus berjalan? Bagaimana langkah-langkah PAUD dalam membentuk generasi emas?

Wembi menyebutkan, pembentukan generasi emas sudah harus dipersiapkan saat para pasangan suami istri mengawali pernikahan, kemudian berlanjut saat mengandung anak-anak mereka. Mengapa harus begitu? 

Pemaparan Wembi tentang PAUD ini akan dibahas tuntas pada Seminar Nasional “Mempersiapkan Generasi Emas di Masa Bonus Demografi”. Wembi secara khusus akan membahas tema peningkatan SDM melalui PAUD Holistik Integratif (HI). 

Seminar ini diselenggarakan oleh Prodi Pendidikan Masyarakat FKIP Universitas Ibnu Khaldun Bogor, pada Sabtu (18/7/2020) pukul 13.00-15.00 WIB melalui aplikasi zoom meeting. 

Selain Wembi hadir beberapa narasumber lainnya, seperti Rektor UIKA Dr H E. Mujahiddin, M.Si, Masitowati Gatot (Prodi Pendidikan Masyarakat FKIP UIKA Bogor dan Asesor BAN PAUD dan PNF), Ita Yusnita (Litbang PAUD Yayasan Ummul Quro), dan Yasmine Yessy Gusman (Ketua I Ikatan Doktor PAUD Indonesia). 

Bagi Anda yang berminat mengikuti seminar ini, dapat konfirmasi pendaftaran melalui: 0896-1786-5777 (Ani Safitri) atau 0857-5857-1013 (Ari Putra).*[Ril/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X