Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
5.238 views

Inilah Menurut Muhammadiyah Tiga Agenda Utama Polri yang Harus Dilakukan

JAKARTA (voa-islam.com)--Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam kunjungannya ke PP Muhammadiyah pada Jum’at 29 Januari 2021 menegaskan pihaknya siap menjalankan penegakkan hukum dengan mengedepankan humanisme dan menjadikan lembaga kepolisian sebagai lembaga yang transparan dan melayani masyarakat.

Merespon hal tersebut Ketua PP Muhammadiyah Bidang Hukum, HAM dan Kebijakan Publik Busyro Muqoddas menyambut positif Kapolri Jenderal Listyo Sigit atas kesiapannya menegakkan hukum dengan aspek humanis. Menurutnya, aspek tersebut menjadi komitmen Kapolri saat menjalani fit and proper tes di Komisi III DPR RI.

Diantanya kata Busyro adalah pertama perlunya reevaluasi sebagai aparat hukum yang humanis. Kedua, reevaluasi dalam misi proteksi hukum dan HAM. Ketiga, reevaluasi untuk rekontruksi basic budaya Polri.

“Walaupun ada agenda lain, tetapi saya memberikan tekanan tiga agenda penting ini kepada Polri,” kata Busyro, pada Kamis, (4/2).

Mantan Ketua KPK RI ini menyinggung pentingnya reformasi di tubuh Polri dalam situasi darurat dan defisit demokrasi di Indonesia dengan mengajak semua pihak untuk bersama-sama memberikan kontribusi agenda reformasi Polri dengan membaca situasi secara objektif.

Baginya Polri merupakan suatu lembaga hukum menjadi milik semua elemen bangsa adalah milik rakyat dan milik semuanya golongan. Karena, itu kita semua harus merasa memiliki dengan memberikan kontribusi yang konstruktif artinya menyampaikan sedapat-dapatnya secara objektif.

Untuk itulah Busyro mengajak Polri untuk melaksanakan amanat konstitusi UUD 1945 sebagai upaya meresapi nikmat bangsa Indonesia yaitu berupa spirit kemerdekaan, spirit kebertuhanan, spirit menjaga marwah kebangsaan sebagai perlindungan kesejahteraan rakyat, kejujuran demokrasi dan keadilan sosial.

Dalam kerangka ini Busyo menyebutkan, maka penting bagi Polri dalam bingkai moralitas the rule of law bagian terpenting fundamental untuk menjalankan apa yang tercantum dalam Pembukaan UUD 45, UUD batang tubuhnya serta realitas kenegaraan Indonesia.

Kaitannya dengan bingkai moralitas rule of the law, Busyro juga memaparkan bangsa Indonesia termasuk Polri tengah dihadapkan berbagai problem diantarnya. Pertama, demorasilasi birokrasi negara yaitu berkisar pada konsistesi kehidupan beretika kebangsaan dan berketuhanan yang kian mengalami penurunan.

Ketiga, terbentuknya dan menguatnya state capture corupstion.Hal ini ditandai dengan Indeks Presepsi Korupsi (IPK) Indonesia turun ditahun 2020 kemudian di susul survei Global Corruption Barometer menyatakan 92% responden percaya korupsi ada di Pemerintahan termasuk salah satunya mega skandal bansos.

Keempat, bangkitnya akar budaya korupsi, berupa dinasti kurawa dalam pemilu-pilkada. Kelima, terbentuknya masyarakat diam dan takut dan tidak solidnya termasuk adanya ilmuan yang tidak jujur. Keenam, melebarnya kekerasan dan radikalisme politik berdampak deskruktif pada kebijakan sosial yang semakin meluas.

Respon Busyro Muqoddas ini disampaikan dalam Pengantar Webinar Lembaga Hikmah dan Kebijakan Publik (LKHP) PP Muhamamdiyah membahas tema “Reformasi Polri: Berharap Kepada Kapolri Baru?”, pada Kamis (4/2).

Sumber: Muhammadiyah.or.id

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X