Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
5.338 views

Ingin Raih Kemenangan Ramadhan? Ini Tips dari Ustaz Zaitun Rasmin dan Ustaz Abdul Somad

JAKARTA (voa-islam.com)--Ketua Ikatan Ulama dan Dai Asia Tenggara Ustaz Muhammad Zaitun Rasmin tujuan Ramadhan adalah membentuk pemenang sejati. “Ramadhan itu bulan tarbiyah, bulan pembinaan dan bulan penumbuhan. Bulan-bulan selanjutnya, kita lahir sebagai pribadi yang istimewa, yang lebih baik dari sebelumnya. Menjadi pemenang sejati. Itulah tujuan Ramadhan,” ungkap Ustaz Zaitun saat menjadi narasumber Kajian Akbar Spesial Akhir Ramadhan yang diselenggarakan Ummat TV, Kamis (6/5/2021).

Sebagai bulan tarbiyah, Ramadhan menuntun umat untuk mengendalikan diri dan mengendalikan emosi. “Tarbiyah tentang pengendalian diri, pengendalian nafsu. Pengendalian nafsu untuk menguasai, untuk memiliki, untuk menikmati apa-apa yang tidak diridhai Allah yang tidak dihalalkan Allah,” jelas Ustaz Zaitun.

Menurut Ustaz Zaitun, apa-apa yang bukan menjadi hak kita, jangan diambil. Kemudian, apa-apa yang bukan untuk kita, jangan kita kuasai. “Karena itu akan berujung ke neraka,” tegas Ustaz Zaitun.

Terkait pengendalian emosi, Ramadhan melatih umat untuk melakukannya. Emosi merupakan hal yang buruk, berbahaya.

“Ketika Ramadhan, dan ada orang yang menyerang kita, maka kita mengatakan, ‘Saya sedang berpuasa’. Puasa datang mentarbiyahkan kita. Kendalikan emosi. Jangan sekali-kali membalas. Apakah kita harus melawan? Kita harus menghindar. Jangan membalas, tahan emosi. Ini perlu saya sampaikan,” kata Ustaz Zaitun.

Pada Kajian Akbar ini hadir pula Ustaz Abdul Somad sebagai narasumber. Dalam tausyiahnya, UAS, demikian sapaan karibnya menyampaikan tiga poin.

Pertama, nikmat Ramadhan. Dikatakan UAS, begitu banyak orang yang menginginkan hidup pada Ramadhan, tetapi telah dipanggil Allah Subhanahu wa Ta’ala. “Berapa banyak orang yang ingin hidup pada Ramadhan, tetapi lebih cepat keinginan, dipanggil Allah. Begitu hidup sangat singkat,” jelas UAS.

Nikmat Ramadhan ini tentu kita perlu disyukuri dengan memperbanyak amal shalih. “Maka jadikan Ramadhan ini seperti Ramadhan terakhir,” ujar UAS.

Selanjutnya, Ramadhan mengenalkan umat tentang hawa nafsu. Menurut UAS, hawa nafsu tidak diperkenalkan dengan teori. Islam bukan agama teori. Islam agama praktek.

“Dengan Ramadhan, kita disadarkan bahwa hawa nafsu ini besar sekali keinginan kita, hausnya, laparnya, dahaganya. Tetapi begitu azan magrib berkumandang, minum tiga teguk air, makan tiga butir kurma maka hilanglah dia semua,” ungkap UAS.

Dalam kehidupan, lanjut UAS, manusia memiliki keinginan menumpuk harta, keinginan memiliki harta yang mewah, kendaraan yang mahal, hingga perhiasan yang cantik. Itu semua hanya mimpi-mimpi indah, ketika malaikat maut mencabut nyawa, itu semua tinggal kenangan saja.

“Shalat tiga rakaat di tengah malam, bershalawat, pernah turut membebaskan tanah untuk pesantren, tangan yang mengusap anak yatim, itulah yang kita bawa (ke akhirat). Lainnya fatamorgana. Lainnya tinggal cerita,” kata UAS.

Untuk itu, pada poin ketiga UAS menyampaikan soal amal jariyah. Kekal abadi adalah dalam bentuk amal jariyah. Diantaranya pembebasan tanah. Pembebasan tanah untuk pesantren, untuk rumah tahfiz Quran. Itulah yang menjadi melapangkan alam barzakh kita. Menerangi alam kubur kita,” lanjut UAS.

Kajian Akbar bertema “Dengan Ramadhan dan Alquran Kita Raih Hidup Baru” ini diikuti oleh ribuan peserta, baik melalui Zoom Meeting maupun kanal-kanal Youtube media partner. Di sela-sela kajian dilakukan penggalangan donasi untuk pembangunan Pondok Pesantren Alquran Al Madinah di Gunung Kidul, Yogyakarta. Hingga selesai acara terkumpul donasi sebesar Rp. 174.590.000.

Partisipasi komitmen donasi untuk tanah dan pembangunan Pondok Pesantren Al Quran Al Madinah, Gunungkidul Yogyakarta, bersama UAS (ustadz Abdul Somad) dan UZR (ustadz Zaitun Rasmin) silakan klik link di bawah ini:

https://wahdah.sch.id/donasi/

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X