Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
8.003 views

Kasus ACT, Lembaga Kemanusiaan di Bekasi Kena Imbas

BEKASI (voa-islam.com)--Diskusi Publik betajuk “Meneropong Nasib Masa Depan Lembaga Filantropi” yang digelar Komunitas Media Online Indonesia (Komodo) pasca kasus ACT sebuah Lembaga Kemanusiaan nasional yang kini dibekukan pemerintah.

Kegiatan ini berlangsung di Festime Cafe, Jalan Nusantara Raya, Perumnas III, Arenjaya, Bekasi Timur, Kota Bekasi Jum’at (29/7/2022).

Seri ke 8 diskusi publik Komodo kali ini menampilkan beberapa narasumber yaitu Kepala Dinas Sosial Kota Bekasi, Ahmad Yani, Direktur LAZ U-Care Indonesia, Muhammad Anwar Mughni, S.H., Branch Manager Rumah Zakat, Iwan Trisuliawa, General Manager Pondok Sedekah Indonesia, Senggono.

Kemudian Ketua Komisi Pengkajian dan Litbang MUI Kota Bekasi, Dr. (C). Wildan Hasan, S.Sos.I. M.Pd.I juga hadir sebagai nara sumber yang berkompeten memberikan kajian tentang kaidah syar’i dari aktifitas kegiatan lembaga-lembaga kemanusiaan ini.

Branch Manager Rumah Zakat, Iwan dalam paparannya menyampaikan lembaganya pun terdampak dari sisi sosial dan penghimpunan dana atas kasus ACT.

“Dampak sosial memang iya, bagi mereka yang belum teredukasi dan melihat berita secara global, namun bagi mereka yang sudah teredukasi pasti paham dengan rule (aturan) nya,” jelas Iwan.

Hal senada juga disampaikan GM Pondok Sedekah, Senggono bahwa lembaga yang dipimpinnya menjadi bulan-bulanan publik yang mempertanyakan mengenai peraturan-peraturan syar’i yang dipakai dalam mengelola donasi.

“Pondok Sedekah sudah diaudit belum? Bagaimana peraturan syariahnya, pengambilan zakat dan infaqnya berapa? Apa yang dipaparkan di publik, itu kemudian menjadi pertanyaan-pertanyaan kepada pelaku kemanusiaan seperti kami,” ujar Senggono.

Namun demikian, Senggono manyampaikan hal ini menjadi evaluasi dan introspeksi bagi lembaganya bahwa para donatur yang sebagian besar masih cinta dan peduli terhadap keberadaan Pondok Sedekah.

Sementara itu, Direktur LAZ U-Care Indonesia, Muhammad Anwar Mughni memaparkan bagaimana lembaganya harus bisa terus eksis kedepan.

“Kasus ini menjadi bahan renungan dan koreksi bagi kita semua, ada 2 hal penting yang harus dipahami oleh lembaga kemanusiaan. Pertama, dari sisi kelembagaan, tentu mari kita ikuti instrumen dan regulasinya,” kata Anwar

Selanjutnya, menurut beliau, selalu meng-upgrade sisi SDM nya, baik dari segi rohani maupun skill karena berkaitan dengan tata kelola lembaga yang baik kedepannya.

Terakhir, kegiatan diskusi ini ditutup dengan pesan dan do’a yang disampaikan oleh Ustaz Wildan Hasan bahwa lembaga filantropi adalah aset bermanfaat bagi umat sekaligus amanah.

“Musibah yang menimpa saudara kita itu kan ujian, juga ujian secara tidak langsung bagi kita semua dan pelajaran, yang benarnya kita dukung dan kita bela, yang kelirunya kita luruskan, dan juga jangan ditinggalkan. Karena kalau itu yang terjadi pada kita. Kitapun tak mau ditinggalkan oleh kolega kita,” ujar Ustadz Wildan, Ketua Komisi Pengkajian dan Litbang MUI Kota Bekasi.*[Ril/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Jamaah masjid, siswa sekolah dan warga pelosok Garut ini kesulitan air untuk ibadah, bersuci, wudhu, memasak, minum, mandi, dan mencuci. Ayo Wakaf Sumur, Pahala Mengalir Tak Terbatas Umur.!!!...

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Syafani Azzahra, bocah yatim sejak usia tujuh tahun ini bercita-cita ingin menjadi dokter penghafal Al-Qur'an. Setamat SD ia ingin melanjutkan sekolah ke pesantren, tapi terkendala biaya. Ayo...

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Di tengah pandemi Covid-19, permintaan layanan ambulans untuk pasien dan jenazah terus meningkat. Mobil baru IDC akan disulap jadi ambulans, butuh dana 39 juta rupiah untuk biaya modifikasi....

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Menggabung keutamaan Jum’at dan Cinta Yatim, IDC akan berbagi ke Pesantren Tahfizhul Qur’an Darul Hijrah Cikarang. ...

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Terlahir dengan fisik tak sempurna, Ustadz Rohmat diuji istri dan kedua orang tuanya murtad jadi korban kristenisasi. Kini ia gigih berdakwah di pelosok Lembah Ciranca Garut....

Latest News

MUI

Must Read!
X