Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
8.321 views

Akmal Sjafril: Sains Tak Mampu Mengudeta Tuhan

BANDUNG (voa-islam.com) - “Masih banyak hal yang belum dapat dijawab oleh sains. Pengetahuan manusia di permukaan bumi saja masih sangat terbatas, apalagi yang ada di bawah permukaan bumi dan di alam semesta—masih sangat jauh untuk sains dapat menggantikan posisi Tuhan.”

Begitulah pemantik yang disampaikan pemateri Sekolah Pemikiran Islam (SPI) Bandung, Akmal Sjafril pada Kamis (22/09) di Masjid Istiqomah.

Akmal yang merupakan kandidat doktor ilmu sejarah itu menjelaskan bahwa sains tidak mampu menggantikan konsep Tuhan dalam agama.

Perkuliahan SPI minggu ke-4 ini membahas tema TauhidullahTauhidullah membahas konsep Tuhan dalam agama Islam. Al-Qur’an memberikan penjelasan terkait konsep Tuhan untuk dapat diimani dan dipahami oleh akal manusia.

Akmal juga menjelaskan agama Islam dapat secara lugas menjelaskan konsep keesaan Tuhan.

Selain dari sudut pandang Islam, perkuliahan ini juga menjelaskan sejarah munculnya konsep Tuhan pada beberapa peradaban dan munculnya pemikiran anti-Tuhan dari pemikiran filsafat.

Akmal berpesan untuk dapat mempelajari hal tersebut, kita perlu mempelajari sejarahnya agar dapat memahami bagaimana konteks pemikiran tersebut lahir.

Perkuliahan ini membahas sejarah konsep Tuhan mulai dari sejarah Yunani Kuno dengan Tuhan Zeus. Lalu berbicara juga mengenai pemikiran filsuf yang mempertanyakan agama yang ada di peradaban Yunani.

Terdapat berbagai macam konsep Tuhan mulai dari konsep monoteisme, trinitas, politeisme, sistem kasta, dan buah pengetahuan. Salah satu konsep Tuhan digambarkan dengan pederitaan.

Dalam sejarahnya hal tersebut melahirkan budaya penyiksaan di dunia Barat, di mana penyiksaan dianggap sebagai cara untuk menebus dosa.  

Materi Tauhidullah tersebut membuka pandangan pada peserta, salah satunya bernama Fian yang merupakan seorang mahasiswa Bahasa Arab.  Ia menyampaikan.

“Peradaban yang selama ini dipuja-puji, ternyata memiliki sisi kelam yang jauh dari nilai-nilai yang logis dan ilmiah. Peradaban Barat yang selama ini dikenal sebagai pusat peradaban sains, ternyata memiliki masa kelam yang buruk layaknya masa peradaban Arab jahiliyyah,” tuturnya.

Di akhir perkuliahan, Akmal menyimpulkan.

“Manusia akan selalu membutuhkan konsep Tuhan, bagaimana pun bentuknya,” ujarnya. [wijaya/syahid/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Jamaah masjid, siswa sekolah dan warga pelosok Garut ini kesulitan air untuk ibadah, bersuci, wudhu, memasak, minum, mandi, dan mencuci. Ayo Wakaf Sumur, Pahala Mengalir Tak Terbatas Umur.!!!...

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Syafani Azzahra, bocah yatim sejak usia tujuh tahun ini bercita-cita ingin menjadi dokter penghafal Al-Qur'an. Setamat SD ia ingin melanjutkan sekolah ke pesantren, tapi terkendala biaya. Ayo...

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Di tengah pandemi Covid-19, permintaan layanan ambulans untuk pasien dan jenazah terus meningkat. Mobil baru IDC akan disulap jadi ambulans, butuh dana 39 juta rupiah untuk biaya modifikasi....

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Menggabung keutamaan Jum’at dan Cinta Yatim, IDC akan berbagi ke Pesantren Tahfizhul Qur’an Darul Hijrah Cikarang. ...

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Terlahir dengan fisik tak sempurna, Ustadz Rohmat diuji istri dan kedua orang tuanya murtad jadi korban kristenisasi. Kini ia gigih berdakwah di pelosok Lembah Ciranca Garut....

Latest News

MUI

Must Read!
X