Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
19.471 views

Abu Rusydan: Inhiraful Ushur & Gembosnya Dr. Najih Ibrahim

Berikut adalah tulisan yang cukup menarik terkait gembosnya Dr. Najih Ibrahim yang dulu dalam bukunya banyak menginspirasi mujahid muda untuk berlaga lantang ke medan Jihad.

Tulisan menarik dan mengupas permasalahan runtuhnya semangat Jihad Dr. Najih Ibrahim tersebut, berikut kami kutipkan tulisan Ustadz Abu Rusydan dari kiblat.net.

Orang-orang kafir, munafik, setan, nafsu dan mukmin yang hasad, ada lagi “musuh” mujahid yang sangat berbahaya. Bahkan bahayanya lebih besar dibanding 5 musuh yang terdahulu.

Sebab, lima hal yang disebut di muka gampang dikenali keberadaannya sehingga sensor kewaspadaan kita mudah mencegah dan mengingatkan. Sementara “musuh” berikut ini sifatnya sangat abstrak.

Sehingga kadang seorang Mujahid tidak sadar kalau ia sedang berhadapan dengan “musuh” ini. Dua hal itu adalah: Inhiraaful Ushur ( إنخراف العصور ). Bahasa paling mudahnya, silih-bergantinya zaman (wolak-walik ing zaman: Jawa) dan tamkhis (penyaringan).

Ilustrasi berikut ini mungkin dapat memudahkan kita memahami betapa inhiraaful ushur bisa menjebak Mujahid sehingga berbalik langkah. Suatu hari, di hadapan para shahabat, Rasulullah SAW bersabda, “Sungguh, di antara kalian yang hadir di majlis ini, ada yang gigi gerahamnya di neraka lebih besar daripada gunung Uhud!” Setelah itu, Abu Hurairah tidak bisa tidur nyenyak. Khawatir. Ia sibukkan diri bertaqarrub kepada Allah, memohon agar orang yang dimaksud Rasulullah SAW sebagai penghuni neraka dengan geraham sebesar Uhud itu, bukan dirinya.

Waktu berlalu, dan orang yang hadir di majlis Rasulullah SAW saat itu, tinggal dua: Abu Hurairah dan Ar-Rajjal bin Unfuwah. Di era kepemimpinan Abu Bakar Ash-Shiddiq terjadilah fitnah kenabian palsu oleh Musailamah Al-Kadzab.

Bermaksud ingin menyelesaikan masalah, Ar-Rajjal meminta izin Khalifah Abu Bakar untuk memediatori Khalifah dan Musailamah. Belakangan, ketika berhadapan dengan Musailama, Ar-Rajjal tersihir oleh kata-kata nabi palsu itu. Akhirnya ia membelot, menjadi pendukung Musailamah Al-Kadzab. Semenjak itu, tenanglah perasaan Abu Hurairah.

Silih bergantinya zaman dengan membawa segenap perbedaan peta perlawanan, kondisi medan serta ragam taktik dan strategi bisa menjadi jebakan mematikan bagi seorang mujahid.

Ia dituntut untuk selalu istiqamah di saat segalanya bisa berubah dengan begitu cepat dan mudah. Oleh sebab itu, kita jumpai orang-orang yang di masa tertentu menjadi ikon jihad yang disegani. Namun di masa berikutnya menjadi kerak yang menyumbat gerakan jihad.

Di negeri ini, misalnya. Berapa banyak tokoh yang dulu dikenal sebagai aktivis pergerakan Islam yang hari ini parkir di ruang demokrasi?

Mengenang jihad Afghanistan yang dulu pernah saya hadiri, ada fragmen-fragmen yang membuat dada saya terasa sesak. Terutama bila mengenang Syaikh Abdur Rabbir Rasul Sayyaf.

Pernah, dalam suatu masa kami, orang-orang Indonesia yang di Afghanistan merasa disia-siakan oleh beberapa orang di sana. Kami merasa dicemooh.

Kami mengadu kepada Syaikh Sayyaf, “Ya Syaikh, kami merasa sudah tidak bermanfaat apa-apa di sini. Keberadaan kami hanya menghabiskan susu, telor dan daging. Bagaimana kalau kami pergi saja dari negeri ini?” Dengan sangat bijak beliau menghibur, “Antum duduk dan diam saja di sini… Itu sudah sangat bermanfaat buat kami. Apalagi antum di sini masih lari-lari dan latihan (i’dad).”

Hari ini, beliau dengan rambut dan janggut yang memutih semua… tubuhnya pun menyusut kurus—padahal dulu, saat berpelukan tangan kami tak kuasa melingkari tubuhnya.

Beliau hari ini duduk di Loya Jirga (semacam Dewan Perwakilan Daerah) di rezim Hamid Karzai. Menyedihkan. Saya masih berharap, pilihan Syaikh Sayyaf untuk duduk di Loya Jirga itu merupaka ijtihad yang masih bisa dibenarkan.

Kesedihan serupa juga, ketika mengenang Ahmad Syah Mas’ud. Komandan dari Lembah Pansyir yang bersumpah akan membebaskan setiap jengkal tanah Afghanistan dari cengkraman orang-orang kafir, pada akhirnya harus berhadap-hadapan melawan mujahidin Taliban.

Saya mengajak kita melihat fenomena di atas sebagai fakta yang kita baca dengan sepenuh salamatus shadr (berlapang dada).

Pembicaraan tentanng inkhiraful ushuur meliputi dua hal:

  1. Terkait dengan ushuur (zaman) nya itu sendiri. Ada zaman baik, ada zaman buruk. Siapapun tidak ada yang bisa menolak. Termasuk ketika salah seorang shahabat mengeluh kepada Khalifah Ali bin Abi Thalib RA di mana saat itu mulai tersebar banyak fitnah. “Wahai Ali, mengapa dahulu di zaman Abu Bakar baik-baik saja, tidak terjadi fitnah seperti sekarang?” Sang Khalifah pun menjawab, “Dahulu pemimpinnya Abu Bakar, rakyatnya saya. Lha sekarang pemimpinnya saya, rakyatnya kamu.” Ali bin Abi Thalib… orang yang baik tetapi berada di zaman yang mulai buruk.

Perjuangan merebut Al-Aqsha sudah berlangsung jauh masa sebelum kelahiran Shalahuddin Al-Ayyubi. Hanya saja, menjadi rezeki bagi Shalahuddin, ketika ia tampil pada saat zaman yang baik. Di bawah kepemimpinannya, kaum Muslimin berhasil merebut Al-Aqsha.

Demikian pula dengan perjuangan menaklukkan Konstantinopel. Sudah dilakukan puluhan tahun sebelum kemunculan Muhammad Al-Fatih. Bahkan, konon di dalam benteng Konstantinopel itu terdapat makam shahabat Abu Ayyub Al-Anshoriy.

Tetapi, zaman baik sedang berada di saat Muhammad Al-Fatih memegang tongkat komando. Konstantin pun berhasil ditaklukkan di bawah kepemimpinanya. Shalahuddin dan Al-Fatih… lelaki yang baik, berada di zaman yang sedang baik.

Sekali lagi, baik-buruknya zaman adalah inkhiraful ushuur yang tidak akan sanggup ditolak oleh manusia. Rasulullah SAW bersabda:

 

بادِرُوا بِالْأَعْمَالِ فِتَنًا كَقِطَعِ اللَّيْلِ الْمُظْلِمِ يُصْبِحُ الرَّجُلُ مُؤْمِنًا وَيُمْسِي كَافِرًا أَوْ يُمْسِي مُؤْمِنًا وَيُصْبِحُ كَافِرًا يَبِيعُ دِينَهُ بِعَرَضٍ مِنْ الدُّنْيَا  

“Segeralah beramal, sebelum datangnya fitnah seperti potongan malam yang gelap. Di mana seseorang pada pagi hari dalam keadaan iman, lalu sore harinya menjadi kafir. Atau sore hari dalam keadaan mukmin, dan malam hari menjadi kafir. Ia menjual agamanya dengan iming-iming duniawi.” (HR. Muslim). 

Oleh sebab itu, inkhiraful ushuur ini patut kita waspadai. Sebagaimana kewaspadaan sekaligus kekhawatiran Abu Hurairah tentang penghuni neraka bergeraham sebesar Uhud di atas.

Bukti kewaspadaan kita terhadap fitnah inkhiraaful ushuur ini berbanding lurus dengan kualitas taqarrub kita kepada Allah. Semakin kita waspada, seharusnya semakin giat kita berusaha mendekat kepada-Nya.

  1. Tamhish. Kalau berkaitan dengan zaman ada inkhiraaful ushuur, maka terkait personal, dalam menghadapi kondisi zaman yang berubah-ubah itu ada proses tamhish (seleksi).

Selama ini istilah tamhish lebih lekat dengan seleksi yang dilakukan oleh organisasi atau struktur sebuah gerakan terhadap anggota-anggotanya. Padahal, selain tamhish structural tersebut, adapula tamhish rabbani.

Ketika sistem tamhish struktural itu kurang baik sehingga masih meloloskan orang-orang yang semestinya tidak layak sensor, ketahuilah, orang-orang seperti itu tidak akan lolos dari tamhish rabbani.

Kisah Thalut dan pasukannya ketika menyebrang sebuah sungai, memberikan pelajaran berharga tentang tamhish structural dan rabbani tersebut.

Orang-orang yang meminum air sungai itu dengan sendirinya rontok ter-tamhish ketika berhadapan langsung dengan pasukan lawan.

“Sungguh, kita tidak akan mampu menghadapi Jalut dan pasukannya,” kilah mereka. Dan dengan sendirinya, mereka pun terseleksi dari pasukan yang setia bersama Thalut ! (kiblat.net/jabir/voa-islam.com)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Intelligent Leaks lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News
Pejuang Palestina Terlibat Pertempuran Jarak Dekat Dengan Pasukan Israel Di Sekitar RS Al-Shifa Gaza

Pejuang Palestina Terlibat Pertempuran Jarak Dekat Dengan Pasukan Israel Di Sekitar RS Al-Shifa Gaza

Kamis, 28 Mar 2024 22:02

Malaysia Dakwa Pemilik Toserba Dan Pemasok Kaus Kaki Bertuliskan ‘Allah’

Malaysia Dakwa Pemilik Toserba Dan Pemasok Kaus Kaki Bertuliskan ‘Allah’

Kamis, 28 Mar 2024 21:17

Euro-Med: Militer Zionis Israel 'Eksekusi' 13 Anak Di Sekitar Rumah Sakit Al-Shifa Gaza

Euro-Med: Militer Zionis Israel 'Eksekusi' 13 Anak Di Sekitar Rumah Sakit Al-Shifa Gaza

Kamis, 28 Mar 2024 20:28

Meta Diperintahkan Hapus Larangan Kata 'Syahid' Di Postingan Medsos

Meta Diperintahkan Hapus Larangan Kata 'Syahid' Di Postingan Medsos

Kamis, 28 Mar 2024 15:37

IHATEC dan GHCC Korea Jalin Kerja Sama Strategis Kembangkan Ekosistem Produk Halal

IHATEC dan GHCC Korea Jalin Kerja Sama Strategis Kembangkan Ekosistem Produk Halal

Kamis, 28 Mar 2024 08:36

Osama Hamdan: Kematian Wakil Komandan Al-Qassam Marwan Issa Belum Terkonfirmasi

Osama Hamdan: Kematian Wakil Komandan Al-Qassam Marwan Issa Belum Terkonfirmasi

Rabu, 27 Mar 2024 21:01

Ini Pesan KH Bachtiar Nasir kepada Calon Hakim Diklat Hukum dan Peradilan Mahkamah Agung RI

Ini Pesan KH Bachtiar Nasir kepada Calon Hakim Diklat Hukum dan Peradilan Mahkamah Agung RI

Rabu, 27 Mar 2024 18:00

12 Warga Gaza Tewas Tenggelam Saat Ambil Bantuan Kemanusiaan Di Pantai

12 Warga Gaza Tewas Tenggelam Saat Ambil Bantuan Kemanusiaan Di Pantai

Rabu, 27 Mar 2024 17:15

6.000 Kali Khatam Al-Qur'an, Begini Metode Yang Dilakukan Pesantren Nuu Waar AFKN

6.000 Kali Khatam Al-Qur'an, Begini Metode Yang Dilakukan Pesantren Nuu Waar AFKN

Rabu, 27 Mar 2024 16:29

Palestina Aman, Publik Dibohongi?

Palestina Aman, Publik Dibohongi?

Rabu, 27 Mar 2024 07:22

Puasa Jangan Lemas!

Puasa Jangan Lemas!

Rabu, 27 Mar 2024 07:09

Polemik Film ‘Kiblat’, MUI: Sutradara Film Horor Perlu Menempatkan Simbol Islam Secara Adil

Polemik Film ‘Kiblat’, MUI: Sutradara Film Horor Perlu Menempatkan Simbol Islam Secara Adil

Selasa, 26 Mar 2024 22:15

Tgk Yusran Hadi Ajak Umat Islam Untuk Bantu Saudara-Saudara Seiman Di Gaza Palestina

Tgk Yusran Hadi Ajak Umat Islam Untuk Bantu Saudara-Saudara Seiman Di Gaza Palestina

Selasa, 26 Mar 2024 21:20

Militer Zionis Israel Gunakan Amunisi Era 1950-an Di Tengah Kekurangan Pasokan Dalam Perang Di Gaza

Militer Zionis Israel Gunakan Amunisi Era 1950-an Di Tengah Kekurangan Pasokan Dalam Perang Di Gaza

Selasa, 26 Mar 2024 17:12

'Israel' Derita Lebih Dari 3.600 Korban Tewas Atau Terluka Sejak Dimulainya Perang Di Gaza

'Israel' Derita Lebih Dari 3.600 Korban Tewas Atau Terluka Sejak Dimulainya Perang Di Gaza

Senin, 25 Mar 2024 12:34

Tentara Zionis Israel Perkosa Wanita Palestina Di Rumah Sakit Al-Shifa Sebelum Bunuh Mereka

Tentara Zionis Israel Perkosa Wanita Palestina Di Rumah Sakit Al-Shifa Sebelum Bunuh Mereka

Senin, 25 Mar 2024 09:43

Turunnya Angka Pernikahan, Tanda Masyarakat Makin Cerdas?

Turunnya Angka Pernikahan, Tanda Masyarakat Makin Cerdas?

Senin, 25 Mar 2024 02:20

Kota Layak Anak, benarkah Solusi Persoalan Anak?

Kota Layak Anak, benarkah Solusi Persoalan Anak?

Senin, 25 Mar 2024 02:01


MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X