Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
16.048 views

Abu Rusydan: Inhiraful Ushur & Gembosnya Dr. Najih Ibrahim

Berikut adalah tulisan yang cukup menarik terkait gembosnya Dr. Najih Ibrahim yang dulu dalam bukunya banyak menginspirasi mujahid muda untuk berlaga lantang ke medan Jihad.

Tulisan menarik dan mengupas permasalahan runtuhnya semangat Jihad Dr. Najih Ibrahim tersebut, berikut kami kutipkan tulisan Ustadz Abu Rusydan dari kiblat.net.

Orang-orang kafir, munafik, setan, nafsu dan mukmin yang hasad, ada lagi “musuh” mujahid yang sangat berbahaya. Bahkan bahayanya lebih besar dibanding 5 musuh yang terdahulu.

Sebab, lima hal yang disebut di muka gampang dikenali keberadaannya sehingga sensor kewaspadaan kita mudah mencegah dan mengingatkan. Sementara “musuh” berikut ini sifatnya sangat abstrak.

Sehingga kadang seorang Mujahid tidak sadar kalau ia sedang berhadapan dengan “musuh” ini. Dua hal itu adalah: Inhiraaful Ushur ( إنخراف العصور ). Bahasa paling mudahnya, silih-bergantinya zaman (wolak-walik ing zaman: Jawa) dan tamkhis (penyaringan).

Ilustrasi berikut ini mungkin dapat memudahkan kita memahami betapa inhiraaful ushur bisa menjebak Mujahid sehingga berbalik langkah. Suatu hari, di hadapan para shahabat, Rasulullah SAW bersabda, “Sungguh, di antara kalian yang hadir di majlis ini, ada yang gigi gerahamnya di neraka lebih besar daripada gunung Uhud!” Setelah itu, Abu Hurairah tidak bisa tidur nyenyak. Khawatir. Ia sibukkan diri bertaqarrub kepada Allah, memohon agar orang yang dimaksud Rasulullah SAW sebagai penghuni neraka dengan geraham sebesar Uhud itu, bukan dirinya.

Waktu berlalu, dan orang yang hadir di majlis Rasulullah SAW saat itu, tinggal dua: Abu Hurairah dan Ar-Rajjal bin Unfuwah. Di era kepemimpinan Abu Bakar Ash-Shiddiq terjadilah fitnah kenabian palsu oleh Musailamah Al-Kadzab.

Bermaksud ingin menyelesaikan masalah, Ar-Rajjal meminta izin Khalifah Abu Bakar untuk memediatori Khalifah dan Musailamah. Belakangan, ketika berhadapan dengan Musailama, Ar-Rajjal tersihir oleh kata-kata nabi palsu itu. Akhirnya ia membelot, menjadi pendukung Musailamah Al-Kadzab. Semenjak itu, tenanglah perasaan Abu Hurairah.

Silih bergantinya zaman dengan membawa segenap perbedaan peta perlawanan, kondisi medan serta ragam taktik dan strategi bisa menjadi jebakan mematikan bagi seorang mujahid.

Ia dituntut untuk selalu istiqamah di saat segalanya bisa berubah dengan begitu cepat dan mudah. Oleh sebab itu, kita jumpai orang-orang yang di masa tertentu menjadi ikon jihad yang disegani. Namun di masa berikutnya menjadi kerak yang menyumbat gerakan jihad.

Di negeri ini, misalnya. Berapa banyak tokoh yang dulu dikenal sebagai aktivis pergerakan Islam yang hari ini parkir di ruang demokrasi?

Mengenang jihad Afghanistan yang dulu pernah saya hadiri, ada fragmen-fragmen yang membuat dada saya terasa sesak. Terutama bila mengenang Syaikh Abdur Rabbir Rasul Sayyaf.

Pernah, dalam suatu masa kami, orang-orang Indonesia yang di Afghanistan merasa disia-siakan oleh beberapa orang di sana. Kami merasa dicemooh.

Kami mengadu kepada Syaikh Sayyaf, “Ya Syaikh, kami merasa sudah tidak bermanfaat apa-apa di sini. Keberadaan kami hanya menghabiskan susu, telor dan daging. Bagaimana kalau kami pergi saja dari negeri ini?” Dengan sangat bijak beliau menghibur, “Antum duduk dan diam saja di sini… Itu sudah sangat bermanfaat buat kami. Apalagi antum di sini masih lari-lari dan latihan (i’dad).”

Hari ini, beliau dengan rambut dan janggut yang memutih semua… tubuhnya pun menyusut kurus—padahal dulu, saat berpelukan tangan kami tak kuasa melingkari tubuhnya.

Beliau hari ini duduk di Loya Jirga (semacam Dewan Perwakilan Daerah) di rezim Hamid Karzai. Menyedihkan. Saya masih berharap, pilihan Syaikh Sayyaf untuk duduk di Loya Jirga itu merupaka ijtihad yang masih bisa dibenarkan.

Kesedihan serupa juga, ketika mengenang Ahmad Syah Mas’ud. Komandan dari Lembah Pansyir yang bersumpah akan membebaskan setiap jengkal tanah Afghanistan dari cengkraman orang-orang kafir, pada akhirnya harus berhadap-hadapan melawan mujahidin Taliban.

Saya mengajak kita melihat fenomena di atas sebagai fakta yang kita baca dengan sepenuh salamatus shadr (berlapang dada).

Pembicaraan tentanng inkhiraful ushuur meliputi dua hal:

  1. Terkait dengan ushuur (zaman) nya itu sendiri. Ada zaman baik, ada zaman buruk. Siapapun tidak ada yang bisa menolak. Termasuk ketika salah seorang shahabat mengeluh kepada Khalifah Ali bin Abi Thalib RA di mana saat itu mulai tersebar banyak fitnah. “Wahai Ali, mengapa dahulu di zaman Abu Bakar baik-baik saja, tidak terjadi fitnah seperti sekarang?” Sang Khalifah pun menjawab, “Dahulu pemimpinnya Abu Bakar, rakyatnya saya. Lha sekarang pemimpinnya saya, rakyatnya kamu.” Ali bin Abi Thalib… orang yang baik tetapi berada di zaman yang mulai buruk.

Perjuangan merebut Al-Aqsha sudah berlangsung jauh masa sebelum kelahiran Shalahuddin Al-Ayyubi. Hanya saja, menjadi rezeki bagi Shalahuddin, ketika ia tampil pada saat zaman yang baik. Di bawah kepemimpinannya, kaum Muslimin berhasil merebut Al-Aqsha.

Demikian pula dengan perjuangan menaklukkan Konstantinopel. Sudah dilakukan puluhan tahun sebelum kemunculan Muhammad Al-Fatih. Bahkan, konon di dalam benteng Konstantinopel itu terdapat makam shahabat Abu Ayyub Al-Anshoriy.

Tetapi, zaman baik sedang berada di saat Muhammad Al-Fatih memegang tongkat komando. Konstantin pun berhasil ditaklukkan di bawah kepemimpinanya. Shalahuddin dan Al-Fatih… lelaki yang baik, berada di zaman yang sedang baik.

Sekali lagi, baik-buruknya zaman adalah inkhiraful ushuur yang tidak akan sanggup ditolak oleh manusia. Rasulullah SAW bersabda:

 

بادِرُوا بِالْأَعْمَالِ فِتَنًا كَقِطَعِ اللَّيْلِ الْمُظْلِمِ يُصْبِحُ الرَّجُلُ مُؤْمِنًا وَيُمْسِي كَافِرًا أَوْ يُمْسِي مُؤْمِنًا وَيُصْبِحُ كَافِرًا يَبِيعُ دِينَهُ بِعَرَضٍ مِنْ الدُّنْيَا  

“Segeralah beramal, sebelum datangnya fitnah seperti potongan malam yang gelap. Di mana seseorang pada pagi hari dalam keadaan iman, lalu sore harinya menjadi kafir. Atau sore hari dalam keadaan mukmin, dan malam hari menjadi kafir. Ia menjual agamanya dengan iming-iming duniawi.” (HR. Muslim). 

Oleh sebab itu, inkhiraful ushuur ini patut kita waspadai. Sebagaimana kewaspadaan sekaligus kekhawatiran Abu Hurairah tentang penghuni neraka bergeraham sebesar Uhud di atas.

Bukti kewaspadaan kita terhadap fitnah inkhiraaful ushuur ini berbanding lurus dengan kualitas taqarrub kita kepada Allah. Semakin kita waspada, seharusnya semakin giat kita berusaha mendekat kepada-Nya.

  1. Tamhish. Kalau berkaitan dengan zaman ada inkhiraaful ushuur, maka terkait personal, dalam menghadapi kondisi zaman yang berubah-ubah itu ada proses tamhish (seleksi).

Selama ini istilah tamhish lebih lekat dengan seleksi yang dilakukan oleh organisasi atau struktur sebuah gerakan terhadap anggota-anggotanya. Padahal, selain tamhish structural tersebut, adapula tamhish rabbani.

Ketika sistem tamhish struktural itu kurang baik sehingga masih meloloskan orang-orang yang semestinya tidak layak sensor, ketahuilah, orang-orang seperti itu tidak akan lolos dari tamhish rabbani.

Kisah Thalut dan pasukannya ketika menyebrang sebuah sungai, memberikan pelajaran berharga tentang tamhish structural dan rabbani tersebut.

Orang-orang yang meminum air sungai itu dengan sendirinya rontok ter-tamhish ketika berhadapan langsung dengan pasukan lawan.

“Sungguh, kita tidak akan mampu menghadapi Jalut dan pasukannya,” kilah mereka. Dan dengan sendirinya, mereka pun terseleksi dari pasukan yang setia bersama Thalut ! (kiblat.net/jabir/voa-islam.com)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Intelligent Leaks lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Mantan Napi Mujahidin Ingin Taubat dan Hijrah, Ayo Bantu Modal Usaha.!!

Mantan Napi Mujahidin Ingin Taubat dan Hijrah, Ayo Bantu Modal Usaha.!!

Bebas dari penjara ia taubat dan hijrah, tapi kesulitan pekerjaan. Saat ekonomi terjepit, datang tawaran bisnis haram dari sesama mantan napi. Ia butuh dana 7,5 juta rupiah untuk modal usaha...

Balita Ridho Ramdhani Mati-matian Berjuang Melawan Tumor Ganas. Ayo Bantu.!!

Balita Ridho Ramdhani Mati-matian Berjuang Melawan Tumor Ganas. Ayo Bantu.!!

Di usia balita ia harus berjuang mati-matian melawan tumor ganas yang bersarang di bokongnya. Setiap saat merintih tangis di pangkuan ayah bundanya. Ia harus dioperasi tapi terbentur biaya....

Tak Punya Biaya, Remaja Sebatang Kara Terancam Putus Sekolah. Ayo Bantu.!!

Tak Punya Biaya, Remaja Sebatang Kara Terancam Putus Sekolah. Ayo Bantu.!!

Sejak balita Astrid Nuraini sudah hidup sebatang kara tanpa ayah, ibu dan saudara. Diasuh ibu angkat yang sudah lanjut usia, ia tidak bisa melanjutkan sekolah ke SMA Islam karena terbentur biaya....

Balita Anak Aktivis Dakwah Melepuh Tercebur Air Mendidih. Ayo Bantu..!!

Balita Anak Aktivis Dakwah Melepuh Tercebur Air Mendidih. Ayo Bantu..!!

Di hari raya Idul Fitri yang ceria, Ibrahim justru merintih perih di bangsal Rumah Sakit. Tubuh mungil balita anak aktivis dakwah media ini melepuh tercebur air mendidih di halaman tetangganya....

Biaya Cessar Dilunasi, Bayi Fauziah Pulang ke Ciamis. Semoga Jadi Wanita Shalihah Mujahidah Dakwah

Biaya Cessar Dilunasi, Bayi Fauziah Pulang ke Ciamis. Semoga Jadi Wanita Shalihah Mujahidah Dakwah

Biaya persalinan cessar dilunasi, Ummi Nurhayati dan bayinya bisa pulang dari rumah sakit. Semoga para donatur berlimpah rizki, dan dede bayi ini kelak menjadi generasi mujahidah dakwah untuk...

Latest News
Aa Gym Sesalkan Influencer yang Asal Bicara

Aa Gym Sesalkan Influencer yang Asal Bicara

Rabu, 12 Aug 2020 23:20

Cegah Penyebaran Covid-19, Singapura Uji Drone Pemantau Social Distancing

Cegah Penyebaran Covid-19, Singapura Uji Drone Pemantau Social Distancing

Rabu, 12 Aug 2020 21:00

 Orang Tua Harus aktif Saat Pembelajaran di Rumah

Orang Tua Harus aktif Saat Pembelajaran di Rumah

Rabu, 12 Aug 2020 20:30

Rakyat sedang Susah, Tunda Kenaikan Tarif Tol

Rakyat sedang Susah, Tunda Kenaikan Tarif Tol

Rabu, 12 Aug 2020 20:10

Hingga Saat ini, Menag Nilai Pesantren Aman dari Penyebaran Covid-19

Hingga Saat ini, Menag Nilai Pesantren Aman dari Penyebaran Covid-19

Rabu, 12 Aug 2020 20:05

Tolong Jangan Buat Stres Kiyai Maruf Amin

Tolong Jangan Buat Stres Kiyai Maruf Amin

Rabu, 12 Aug 2020 19:27

Tentara Turki Dirikan Pangkalan Militer Baru di Daerah Jabal Akrad Suriah

Tentara Turki Dirikan Pangkalan Militer Baru di Daerah Jabal Akrad Suriah

Rabu, 12 Aug 2020 15:30

Resesi akan PHK 10 Juta! Ikuti Segera Training 2 hari Bisnis Kuliner

Resesi akan PHK 10 Juta! Ikuti Segera Training 2 hari Bisnis Kuliner

Rabu, 12 Aug 2020 15:17

Saudi Tiba-tiba Akhiri Pinjaman Dan Pasokan Minyak Ke Pakistan Menyusul Kritikan Atas OKI

Saudi Tiba-tiba Akhiri Pinjaman Dan Pasokan Minyak Ke Pakistan Menyusul Kritikan Atas OKI

Rabu, 12 Aug 2020 14:45

Pemimpin Libanon Diperingatkan Akan Bahaya Amonium Nitrat Beberapa Pekan Sebelum Ledakan di Beirut

Pemimpin Libanon Diperingatkan Akan Bahaya Amonium Nitrat Beberapa Pekan Sebelum Ledakan di Beirut

Rabu, 12 Aug 2020 14:00

Gantz Klaim Israel Dapat Cabut Pengepungan Gaza Jika Mayat Tentara Mereka Dikembalikan Oleh Hamas

Gantz Klaim Israel Dapat Cabut Pengepungan Gaza Jika Mayat Tentara Mereka Dikembalikan Oleh Hamas

Rabu, 12 Aug 2020 13:21

Peran ‘Aisyiyah Cegah Cyberbullying Lewat Keluarga Sakinah

Peran ‘Aisyiyah Cegah Cyberbullying Lewat Keluarga Sakinah

Rabu, 12 Aug 2020 12:59

Inilah Manfaat Sertifikat Halal Bagi Produk UMKM

Inilah Manfaat Sertifikat Halal Bagi Produk UMKM

Rabu, 12 Aug 2020 09:00

Muslimah Menyikapi Tiktok

Muslimah Menyikapi Tiktok

Rabu, 12 Aug 2020 08:56

Sekolah Tatap Muka di Zona Kuning, Pertaruhkan Kesehatan Guru dan Peserta Didik

Sekolah Tatap Muka di Zona Kuning, Pertaruhkan Kesehatan Guru dan Peserta Didik

Rabu, 12 Aug 2020 08:21

Soal RUU Cipta Kerja, Legislator: Musuh Utama Investasi adalah Korupsi

Soal RUU Cipta Kerja, Legislator: Musuh Utama Investasi adalah Korupsi

Rabu, 12 Aug 2020 07:56

Pengamat: Kritikan Fahri dan Fadli Layak Dapat Bintang Tanda Kehormatan

Pengamat: Kritikan Fahri dan Fadli Layak Dapat Bintang Tanda Kehormatan

Rabu, 12 Aug 2020 07:35

Trump Dibawa Pergi Sebentar dari Konferensi Pers Setelah Insiden Penembakan di Luar Gedung Putih

Trump Dibawa Pergi Sebentar dari Konferensi Pers Setelah Insiden Penembakan di Luar Gedung Putih

Selasa, 11 Aug 2020 21:45

Pentingnya Bersinergi Mengurai Polemik Sekolah Daring

Pentingnya Bersinergi Mengurai Polemik Sekolah Daring

Selasa, 11 Aug 2020 21:43

Lima Langkah Menyelamatkan Generasi Bangsa dari Kekerasan Seksual

Lima Langkah Menyelamatkan Generasi Bangsa dari Kekerasan Seksual

Selasa, 11 Aug 2020 21:19


Hijab Syari Terbaru 2020

Must Read!
X