Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
17.494 views

Kemenangan al-Qaidah di Afrika dan Sahara Melawan Hegemoni Barat

TRIPOLI (voa-islam.com) - Eissa Abdel Majid yang mengenakan surban putih, duduk  termangu di barak tepi gurun, ini menggambarkan kekalahannya dalam pertempuran melawan Mujahidin  bersenjata yang memiliki hubungan dengan al- Qaeda.

Al-Qaidah bagaikan sebuah cahaya yang menyeruak di kegelapan malam, di mana sekarang mereka berkembang dengan pesat di Afrika Utara dan Sahara. Al-Qaidah benar-benar menjadi ancaman yang serius bagi kepentingan Barat, dan para rezim yang menjadi kolaborator Barat di kawasan itu.

Menurut Aissa Abdel Majid, mengatakan, bahwa dia  sudah muak  mencoba menjaga perbatasan Libya, di mana perusahaan  minyak beroperasi. Tetapi, sekarang Libya berada dalam kekosongan kekuasaan, sejak jatuhnya Moammar Qaddafi, “ Karena pemerintah lemah. Mereka mendapatkan senjata dan membangun kekuatan mereka disepanjang perbatasan Libya”, ungkap Eissa.

Di pegunungan berbatu di barat daya Libya, kekuatan al-Qaidah di Afrika Utara telah mendirikan “surga” setelah pasukan Perancis dan Afrika Barat gagal mengusir mereka dari Negara Islam  Mali Utara tahun lalu.

Sekarang, menurut informasi  pasukan setempat, warga, pejabat dan diplomat Barat, kelompok al-Qaidah melakukan konsolidasi dan membangun kekuatannya, serta menumpuk senjata dengan berbagai jenis senjata mutakhir, dan mereka akan melakukan serangan baru, merebut Mali.  

Al-Qaidah terlihat di seluruh dunia, bangkit dengan sangat luar biasa, bagaikan air bah, memiliki kemampuan konsolidasi dan mobilitas gerakan yang cepat, seperti  di Yaman, Somalia, Afghanistan, Pakistan, Tanduk Afrika, Nigeria, dan di Afrika Utara.

Memang,  seakan-akan mereka  tampaknya dikalahkan, tetapi jaringan mereka mundur ke daerah-daerah terpencil, melakukan konsolidasi, dan akhirnya menyerang kembali. Kekuatan dan kemampun al–Qaidah sangat sulit dideteksi dan diantipasi sebagai ancaman keamanan.

Seorang perwira pasukan Libya, Mohmamad, bermarkas di Ubari - kota besar terakhir di selatan sebelum gurun pasir Sahara, yang berbatasan Niger dan Aljazair, mengatakan bahwa prajuritnya sering bertemu dengan  pria berjanggut bersenjata dari Mali, Aljazair dan Libya, datang di Ubari membeli senjata dan perlengkapan perang .

“Ada bentrokan sesekali dengan mereka. Tapi kekuatan mereka lebih besar  dibanding  kami” kata pejabat militer Libya itu. Momhamad mengatakan banyak rakyat di Ubari adalah simpatisan aktif atau setidaknya berdagang senjata dengan al-Qaidah, ucapnya.

“Kebanyakan orang-orang  tahu siapa mereka,  tapi mereka berdiam dan membiarkannya, anda  benar-benar tidak bisa melakukan apa-apa”, katanya. “Kita tidak bisa berbuat banyak di perbatasan, dan kadang-kadang kita hanya membiarkan mereka lewat”, tambahnya.

Para pejabat AS  mengkonfirmasi keberadaan kamp-kamp al-Qaidah di barat daya Libya, dan seorang pejabat PBB yang berbasis di Sebha, selatan Libya, menggambarkan kelompok al-Qaidah telah berada di  seluruh wilayah Afrika Utara”, ujarnya.  

Seorang perwira tinggi militer Aljazair  di kota Sahara Tamanrasset, menegaskan kehadiran al-Qaeda di Libya, dan mengatakan pasukannya tetap memantau sepanjang perbatasan Mali.

Pakar terorisme dan pejabat Barat,  mengatakan, bahwa al- Qaidah (Maghreb Islam), atau AQIM, telah berhasil  membangun hubungan dengan kelompok-kelompok jihadis di Libya utara, terutama di kota-kota pesisir timur seperti Derna dan Benghazi, serta kelompok-kelompok militan di Nigeria, dan mempersiapkan diri melakukan serangan yang lebih luas terhadap sasaran-sasaran Barat.

Seorang pakar al-Qaidah terkemuka berpusat di  Maroko  yang telah mewawancarai mantan  pemimpin AQIM di Mauritania, mengatakan ada tanda-tanda kelompok al-Qaidah sedang mempersiapkan merebut kembali wilayah yang lepas Mali Utara setelah pasukan Perancis pergi.

“Strategi al-Qaidah, bahwa mereka mundur ke Libya,  di mana mereka dapat menyembunyikan dan menunggu Prancis pergi," kata Djalil Lounnas , seorang peneliti Aljazair di University of Montreal  di “Pusat Studi Perdamaian dan Keamanan Internasional”.

Kehadiran al-Qaidah yang tumbuh di Libya selatan menakutkan  Barat , terutama  Inggris yang menggambarkan situasi keamanan di wilayah itu, berpotensi lebih berbahaya daripada sebelum Perancis melakukan campur tangan. Karena intervensi Perancis di Mali, setidaknya gagal menghentikan dua serangan al-Qaidah yang mematikan terhadap sasaran Barat di dekat Niger, yang dilancarkan dari Libya.

Al-Qaidah bergerak di seluruh wilayah gurun, kamp-kamp mereka sebagian besar tersembunyi di lembah-lembah pegunungan Akkakush utara dari kota Ghat, di perbatasan Libya dengan Aljazair, kata Claudia Gazzini, analis Libya dari “Internasional Krisis Group”, yang  informasinya bersumber dari komandan militer Tuareg, di wilayah itu.

Suku Tuareg adalah orang-orang gurun nomaden tersebar di seluruh Sahara, Mali, Niger, Libya, Aljazair dan Mauritania. Mereka telah dimanfatkan oleh al-Qaidah kali-kali melakukan perlawanan menuntut kemerdekaan selama beberapa dekade terakhir.

Sementara itu, karena tidak mendapatkan pengakuan, maka mereka  menerima tawaran al-Qaeda. Suku Tuareg memiliki pengetahuan yang mendalam tentang medan gurun yang sangat luas, dan sangat membantu kelompok al-Qaidah di wilayah itu.

Di sebuah wilayah yang kumuh di  Sebha, dan  dipenuhi ribuan pengungsi Tuareg , mereka mengatakan bahwa al-Qaidah, memberikan gambaran tentang masa depan dan yang layak bagi mereka. Al-Qaidah mengajak suku Tuareg berjuang bersama-sama membebaskan wilayah yang sangat luas dari cengkeraman asing, ujar seorang tokoh Tuareg.

“Kami melihat suku Tuareg pergi ke Libya timur dan kembali dengan menggunakan  janggut,  gaya pakaian yang Islami, dan berbicara tentang agama - mereka membayar zakat dan infaq bagi gerakan al-Qaidah”, kata Abdallah Sherif, seorang dokter Tuareg dan pekerja sosial , dan mengatakan ia menyaksikan  al-Qaidah merekrut suku-suku Tuareq, ungkapnya.

Menteri Luar Negeri Prancis Laurent Fabius mengatakan kelompok Tuareq yang kehilangan haknya itu, kita harus membantu ekonomi mereka, dan memberikan insentif bagi mereka agar mereka tidak  menjadi sekutu al-Qaidah”, ujar Fabius, Nopember lalu. Tetapi, semuanya sudah terlambat, karen mereka tahu,  bagaimana pasukan Perancis dan Afrika Barat menembaki orang-orang yang tidak bersalah di Mali.

Di sisi lain, pernikahan antara anggota suku Tuareg dengan anggota al- Qaidah, ini memberikan perkembangan yang sangat cepat bagi masa depan gerakan al-Qaidah di seluruh Afrika melalui gurun pasir. Ini sebuah keniscayaan, dan semuanya telah terjadi.

Di daerah pesisir Libya, kekuatan anti–Qaddafi,  khususnya Group Pejuang Islam Libya yang dibentuk pada 1990-an, dimana beberapa anggotanya kemudian bergabung dengan Al-Qaidah, sementara yang lain menjadi bagian dari pemerikentah Libya yang baru.

Seperti  Gerakan Ansar al-Syariah yang telah dikaitkan dengan serangan menghancurkan  terhadap Kedutaan  AS di Benghazi yang menewaskan Duta Besar Christopher Stephens dan tiga diplomat lainnya tahun lalu.

Di Sebha, ada 27 kelompok milisi berlomba-lomba merebut  kekuasaan, dan kemudian sekarang mereka bergabung dengan  al–Qaidah.  Al-Qaidah telah mengembangkan hubungan dengan beberapa milisi yang berbeda gerakan, semuanya semakin memperkokoh kekuatan al-Qaidah di Afrika Utara.

Abdel Majid , pemimpin kelompok jihad  di Sebha ,  menyaksikan mengalirnya secara terus-menurus kelompok-kelompok  jihadis antara Ubari dan Derna, mereka  mendekat kepada al-Qaidah. Afrika Utara sedang menuju perubahan melalui al-Qaidah. aby/afg.

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Intelligent Leaks lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X