Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.096 views

Taliban Serbu Penjara di Ghazni Afghanistan, Bebaskan 350 Lebih Narapidana

GHAZNI, AFGHANISTAN (voa-islam.com) - Kelompok Taliban menyerbu sebuah penjara di Afghanistan, hari Senin (14/9/2015), menewaskan beberapa polisi dan membebaskan lebih dari 350 narapidana, termasuk hampir 150 yang dianggap sebagai sebancaman bagi keamanan nasional, dan kemudian menyergap pasukan yang datang untuk membantu, kata para pejabat.

Penyerbuan penjara terbaru oleh Taliban di pinggiran pusat kota Ghazni, datang setelah kemunduran bagi pemerintah Afghanistan akibat berbagai serangan di negara itu dan serangan mematikan di Kabul yang telah memupus harapan untuk pembicaraan damai.

Seorang wartawan Reuters di luar benteng penjara di Ghazni, 120 km  barat daya dari ibukota, Kabul, melihat jenazah dua pria yang  tampaknya menjadi pelaku bom jibaku dan sebuah mobil hancur yang tampaknya telah digunakan untuk menghancurkan pintu masuk utama.

Kementerian dalam negeri mengatakan bahwa 355 dari 436 tahanan telah melarikan diri.

Dari mereka yang lolos, 148 adalah "ancaman bagi keamanan nasional dan 207 adalah penjahat", kata kementerian itu dalam sebuah pernyataan.

Empat anggota Taliban dan empat pasukan keamanan tewas dalam serangan itu, kata kementerian itu. Tujuh polisi terluka.

Mohammed Ali Ahmadi, wakil gubernur kota, mengatakan keamanan penjara itu jauh di bawah standar yang direkomendasikan karena itu begitu dekat dengan Ghazni - hanya tujuh km dari pusat kota - dimana mereka meyakini bahwa bala bantuan akan sampai di sana dengan cepat jika terjadi kesulitan.

Sebelumnya pada hari Ahad, para pejabat yang khawatir terjadinya pembobolan penjara telah memindahkan 18 anggota Taliban "berbahaya" ke penjara yang dioperasikan oleh badan intelijen Afghanistan, katanya. Tujuh belas lainnya ditinggalkan.

Ahmadi mengatakan dia yakin mereka membantu mengkoordinasikan serangan tersebut.

"Jalan ke penjara ditutup dengan ranjau darat untuk menghindari bala bantuan," kata Ahmadi kepada wartawan. "Sebuah kendaraan militer yang datang untuk bala bantuan meledak oleh bom pinggir jalan ketika mencoba untuk mencapai penjara."

Seorang pejabat keamanan mengatakan para penyerang, yang bersenjatakan granat roket dan senapan otomatis, mengenakan seragam pasukan keamanan.

Juru bicara Taliban Zabihullah Mujahid mengatakan orang-orang bersenjata dan tiga pembom jibaku menyerang penjara pada pukul 2 pagi. Tiga pembom gugur, katanya.

"Operasi sukses ini dilakukan pada pukul 2:00 pagi dan berlangsung selama beberapa jam. Penjara itu di bawah kendali Taliban," kata juru bicara Zabihullah Mujahid dalam sebuah pernyataan.

"Dalam operasi ini, 400 warga negara yang tidak bersalah kami dibebaskan ... dan dibawa ke daerah yang dikendalikan mujahidin," tambahnya.

"Para pejabat militer penting mujahidin telah dibebaskan," katanya.

Taliban telah menyerang penjara untuk membebaskan ratusan tahanan termasuk rekan-rekan mereka pada beberapa kesempatan, baik di Afghanistan dan negara tetangga Pakistan.

Serangan di timur kota Ghazni itu mengingatkan akan pembobolan penjara Afghanistan besar terakhir pada tahun 2011 ketika hampir 500 narapidana Taliban meloloskan diri dari sebuah penjara di provinsi selatan Kandahar.

Taliban pada saat itu mengatakan mereka mengeluarkan para narapidana melalui terowongan sepanjang satu kilometer yang membutuhkan waktu lima bulan untuk menggalinya. (st/Reuters)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

International Jihad lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X