Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.745 views

Faksi-faksi Utama Oposisi di Dara'a Bentuk Komando Gabungan Antisipasi Serangan Rezim

DARA'A, SURIAH (voa-islam.com) - Faksi-faksi utama pejuang oposisi di provinsi selatan Dara'a telah bergabung di bawah satu gugus komando ketika militer rezim melakukan mobilisasi untuk sebuah kampanye untuk mendapatkan kembali wilayah yang berbatasan dengan Yordania dan Dataran Tinggi Golan yang diduduki Israel, aktivis dan komandan oposisi mengatakan Rabu (20/6/2018).

Pejuang oposisi telah siaga satu karena pasukan rezim yang didukung oleh milisi Syi'ah sekutu telah memobilisasi pasukan untuk meluncurkan serangan besar di Suriah selatan meski ada peringatan dari Washington.

Ruang Gugus Tugas Pusat akan menyatukan upaya militer di front pertempuran baik melawan pasukan rezim teroris Assad maupun Islamic State (IS), menurut pernyataan yang diposting online.

Sumber-sumber lapangan mengatakan pasukan rezim berencana merebut puncak bukit al-Harra yang strategis di daerah barat juga untuk mengisolasi pejuang oposisi di wilayah al-Lajat yang terletak di perbatasan dengan Yordania.

Pada Rabu, bentrokan meletus di kota garis depan Kafr Shams, dekat Dataran Tinggi Golan yang dikuasai Suriah, dan lebih jauh ke timur di kota Busra al-Harir, yang dihantam lusinan mortir dari pos-pos militer terdekat, menurut Reuters.

Media yang dikelola rezim mengklaim pejuang oposisi melancarkan serangan terhadap warga sipil di daerah itu yang merupakan bagian dari zona "eskalasi" yang disepakati oleh Amerika Serikat dan Rusia tahun lalu dengan tujuan menahan konflik di barat daya.

Serangan di barat daya akan berisiko eskalasi besar dari perang tujuh tahun Suriah. Daerah ini sangat penting bagi Israel, yang sangat dikhawatirkan oleh pengaruh Iran di Suriah. Washington telah memperingatkan akan mengambil "langkah-langkah tegas dan tepat" dalam menanggapi pelanggaran kesepakatan "de-eskalasi".

Sekutu AS, Yordania semakin khawatir tentang meluasnya kekerasan dan telah terlibat dalam upaya diplomatik untuk melestarikan zona de-eskalasi yang juga membantu untuk menjadi makelar tahun lalu, kata seorang sumber Yordania.

Pejuang oposisi mengatakan para milisi Syi'ah yang didukung Iran yang bersekutu dengan Bashar Assad telah meningkatkan jumlah mereka di daerah itu, meskipun seorang komandan dalam aliansi regional yang berjuang untuk mendukung Assad membantah pasukan yang bersekutu dengan pasukan Teheran memiliki kehadiran besar di sana, Reuters melaporkan.

Pasukan elit rezim yang dikenal sebagai pasukan "Tiger", yang telah mempelopori kampanye yang merebut kembali kawasan Ghouta Timur dekat Damaskus, juga telah dimobilisasi untuk serangan itu.

Surat kabar pro-Damaskus al-Watan mengatakan ada "indikasi yang berkembang tentang persiapan untuk memulai operasi militer yang luas untuk membebaskan" wilayah selatan.

Assad mengatakan awal bulan ini, pemerintah Suriah, atas saran Rusia, berusaha untuk mencapai kesepakatan di barat daya yang serupa dengan perjanjian yang telah memulihkan kontrolnya atas wilayah lain melalui penarikan pasukan oposisi.

Namun dia juga mengatakan belum ada hasil dan menyalahkan "campur tangan Israel dan Amerika". Dia mengatakan wilayah itu akan pulih secara paksa jika diperlukan.

Salah satu tujuan utama rejim teroris Assad adalah merebut kembali penyeberangan perbatasan dengan Yordania yang sebelum konflik melayani sebagai pintu masuk perdagangan penting untuk barang yang bergerak di seluruh kawasan. Penutupannya telah memukul ekonomi Suriah dan Yordania dengan keras.

Pejuang oposisi mengatakan pasukan elit tentara Suriah yang didukung oleh milisi Syi'ah lokal yang didukung Iran telah meningkatkan serangan dengan menyerang pos-pos mereka dalam apa yang disebut "Segitiga Kematian", yang menghubungkan daerah pedesaan Damaskus selatan dengan provinsi Dara'a dan Quneitra.

Seorang komandan oposisi mengatakan sebuah bom melukai beberapa pejuang di kota Naba al Sakr, mengatakan itu adalah salah satu dari meningkatnya jumlah serangan yang dipersalahkan pada milisi Syi'ah yang didukung Iran di daerah tersebut.

"Mereka memindahkan lebih banyak bala bantuan dan ada beberapa upaya infiltrasi yang sejauh ini telah kami gagalkan," kata Abu Ayham, seorang komandan oposisi di brigade Shalahuddin yang beroperasi di Quneitra.

Penduduk dan sumber-sumber oposisi mengatakan bahwa dalam beberapa hari mereka melihat gerakan pasukan yang lebih besar dengan kendaraan lapis baja dan tank di sepanjang dua jalan raya utama yang memotong daerah oposisi.

Dua hari terakhir telah menyaksikan pertempuran yang lebih luas, serangan udara dan pasukan oposisi melakukan penyergapan di sepanjang dua jalan raya utama yang digunakan oleh tentara untuk memperkuat kota Dara'a, yang dibagi menjadi wilayah yang dikuasai secara terpisah oleh pemerintah dan oposisi

Tentara dan pejuang oposisi juga telah terlibat baku tembak dan menembaki garis depan di kota Dara'a. (st/ZW)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

International Jihad lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X