Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.812 views

Taliban Adakan Pembicaraan Dengan Utusan AS di Qatar

DOHA, QATAR (voa-islam.com) - Taliban telah mengadakan pembicaraan selama tiga hari dengan utusan AS Zalmay Khalilzad di Qatar, di mana kelompok pejuang Afghanistan itu memiliki kantor politik, seorang pejabat Taliban dan seorang lainnya yang dekat dengan kelompok itu mengatakan hari Ahad (18/11/208).

Pembicaraan itu bertujuan untuk memperbarui proses perdamaian Afghanistan dan akhirnya mengakhiri perang terpanjang Amerika.

Tujuh belas tahun setelah invasi pimpinan AS yang mengakhiri kekuasaan Taliban, jihadis menguasai hampir setengah dari Afghanistan dan melakukan serangan hampir setiap hari terhadap pasukan keamanan lokal dan pejabat pemerintah.

Kedua orang itu mengatakan Khairullah Khairkhwa, mantan gubernur Taliban untuk provinsi Herat, dan Mohammed Fazl, mantan kepala militer Taliban, menghadiri perundingan maraton tersebut. Kedua individu itu berbicara dengan syarat anonimitas karena mereka tidak berwenang untuk membahas perundingan yang sensitif.

Para pejabat AS tidak dapat segera dihubungi untuk dimintai komentar. Departemen Luar Negeri telah menolak untuk mengomentari pembicaraan yang dilaporkan dengan Taliban.

Orang ketiga dengan pengetahuan tentang diskusi mengatakan Taliban menekan penundaan pemilihan presiden tahun depan dan pembentukan pemerintah sementara di bawah kepemimpinan yang netral. Abdul Sattar Sirat, seorang etnis Tajik dan ulama Islam, disarankan sebagai kandidat untuk memimpin pemerintahan sementara.

Individu itu, yang juga berbicara dengan syarat anonim karena kepekaan pembicaraan, mengatakan Khalilzad ingin mencapai penyelesaian dalam waktu enam bulan, skala waktu yang menurut Taliban terlalu pendek.

Khalilzad juga mengusulkan gencatan senjata, yang ditolak Taliban, kata orang itu, menambahkan bahwa tidak ada kesepakatan tentang pembebasan tahanan, membuka kantor Taliban atau mencabut larangan perjalanan Taliban.

Khairkhwa dan Fazel termasuk di antara lima anggota senior Taliban yang dibebaskan dari penjara AS di Teluk Guantanamo pada tahun 2014 dengan imbalan Sersan AS. Bowe Bergdahl, yang ditangkap oleh Taliban setelah pergi dari pangkalannya di Afghanistan pada tahun 2009.

Presiden AS Donald Trump dengan keras mengecam pertukaran tahanan 2014, dan dalam pidato Agustus lalu berjanji untuk mengirim tambahan pasukan AS dan melipatgandakan upaya untuk mengalahkan Taliban.

Namun strategi itu hanya memiliki sedikit dampak di lapangan, dengan Taliban menjaga tempo serangan dan afiliasi kelompok Islamic Stateyang melakukan pemboman besar-besaran yang menargetkan minoritas Syi'ah.

Administrasi Trump sekarang nampak terfokus pada pencapaian penyelesaian politik dengan Taliban, dan telah memberikan sejumlah tuntutan kelompok tersebut yang sudah lama ada, dimulai dengan diadakannya pembicaraan langsung.

Taliban telah lama menolak tuntutan AS untuk bernegosiasi dengan pemerintah dukungan-Barat di Kabul, yang dianggap Taliban sebagai rezim boneka. (st/TNA)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

International Jihad lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X