Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
39.340 views

Jika Imam Qunut Shubuh, Sementara Makmum Meyakininya Bukan Sunnah

Pertanyaan:

Saya termasuk orang yang memahami bahwa qunut subuh itu tidak disyariatkan. Namun, saat saya di rumah orang tua yang berbeda daerah, masyarakatnya meyakini qunut subuh sangat-sangat diperintahkan, bahkan sebagiannya menjadikannya seperti rukun. Sebabnya, karena ada sebagian dari mereka, jika bermakmum kepada orang yang tidak qunut, ia mengulangi shalatnya. Maka untuk menjaga dari fitnah, jika saya shalat di masjid tempat orang tua saya tadi maka saya ikut mengangkat tangan untuk berqunut bersama jama'ah. Apakah keputusan saya ini benar?

Irawan - Bekasi

Jawaban:

Alhamdulillah, segala puji bagi Allah. Shalawat dan salam semoga terlimpah kepada Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam, keluarga dan para sahabatnya.

Pada dasarnya kebenaran Islam itu ada pada Al-Qur'an dan as-Sunnah. Maka wajib atas kaum muslimin secara keseluruhan berpegang teguh dengan keduanya, tidak fanatik kepada pribadi imam atau mazhab tertentu. Karena Allah telah memerintahkan untuk kembali kepada Al-Kitab dan al-Sunnah saat terjadi perselisihan. Allah Ta'ala berfirman,

فَإِنْ تَنَازَعْتُمْ فِي شَيْءٍ فَرُدُّوهُ إِلَى اللَّهِ وَالرَّسُولِ إِنْ كُنْتُمْ تُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآَخِرِ

"Kemudian jika kamu berlainan pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah ia kepada Allah (Al Qur'an) dan Rasul (sunnahnya), jika kamu benar-benar beriman kepada Allah dan hari akhir." (QS. Al-Nisa': 59) 

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah rahimahullah berkata, "Tak ada seorangpun dari kaum muslimin yang harus beraklid kepada ulama tertentu dalam setiap apa yang dikatakannya. Dan juga tidak ada kewajiban atas salah seorang dari kaum muslimin untuk iltizam kepada mazhab orang tertentu dalam setiap yang diwajibkan dan diberitakan olehnya, selain Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam. Bahkan setiap orang bisa diterima ucapannya dan bisa juga ditinggalkan kecuali Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam." (Majmu' Fatawa: 20/209)

Sesungguhnya mengikuti seseorang untuk komitmen pada mazhab tertentu karena kelemahannya untuk memahami urusan syar'i dari jalur lain, maka ini dibolehkan baginya. Berbeda dengan yang memiliki kemampuan, maka ia tidak boleh hanya taklid pada madhab tertentu. Tetapi ia harus bertakwa kepada Allah semampunya, menuntut ilmu tentang perintah Allah dan Rasul-Nya, serta mengerjakan perintah-perintah tersebut dan meninggalkan larangan keduanya.

Hukum Qunut Shubuh

Hukum qunut dalam shalat Shubuh, sebenarnya sudah maklum menjadi persoalan yang diperselisihkan di kalangan ulama. Pendapat Imam Malik mengatakan menganjurkannya sebelum ruku' pada rakaat kedua. Pendapat Imam Syafi'i menyatakan sunnah sesudah ruku pada rakaat kedua. Sementara pendapt Imam Abu Hanifah dan Ahmad menyelisihi keduanya, qunut Shubuh tidak disunnahkan, bahkan Imam Abu Hanifah secara terang-terangangan menyebutnya sebagai perkara bid'ah.

Pendapat yang benar, qunut Shubuh tidak disunnahkan secara terus-menerus. Qunut disunnahkan dalam kasus-kasus tertentu yang dikerjakan pada shalat Shubuh dan shalat-shalat lainnya. Adapun riwayat yang menghususkan qunut Shubuh atau menyatakan sunnahnya merutinkan qunut Shubuh: tidak ada yang shahih. Jadi, tidak disyariatkan qunut shubuh secara terus-menerus.

Jika Mengimami Jama'ah yang Qunut

Dari uraian di atas, qunut shubuh termasuk khilafiyah. Maka jika seseorang sudah mengambil satu kesimpulan yang dianggapnya benar, tetap harus bertoleransi kepada yang mengambil kesimpulan berbeda dengannya. Maka jika seorang imam tahu kalau jamaahnya belum menerima kalau qunut Shubuh ditinggalkan, seperti pula jika mereka belum bisa menerima beberapa amal sunnah dan mustahabbah untuk ditegakkan, maka hendaknya ia mengamalkan sunnah-sunnah sebatas yang mampu ditegakkanya dengan terus bersikap lemah lembut kepada mereka sehingga membawa mereka kepada sunnah dengan bertahap. Hal ini didasarkan kepada firman Allah Ta'ala, "Maka bertakwalah kepada Allah semampu kalian." (QS. Al-Taghabun: 16). Teruslah ia mengajarkan sunnah dengan pelan-pelan, halus dan lebut, serta bertahap dalam menegakkannya. Sedangkan amal-amal sunnah yang sudah bisa ditegakkanya tidak menjadi gugur karena beberapa kekurangannya dalam sebagian amal sunnah lainnya baik yang bersifat qauliyah maupun fi'liyah.

Tidak termasuk sikap bijak dan syar'i, jika karena masalah khilafiyah ini lalu tidak mau shalat bersama jama'ah. Ditakutkan nantinya jamaah akan mengangkat imam lain yang jahil dan banyak membuat tatacara ibadah baru diluar yang khilafiyah.

Maka dianjurkan bagi seorang imam untuk mengerjakan sebagian persoalan khilafiyah yang tidak sesuai dengan yang menurutnya lebih rajih, jika di dalamnya terdapat satu upaya untuk mendekatkan umat pada dakwahnya. Syaikhul Islam rahimahullah berkata, "Dan disunnahkan menjaharkan Basamalah untuk menta'lif (pendekatan kepada jama'ah) sebagaimana yang dianjurkan oleh Imam Ahmad untuk meninggalkan qunut witir untuk menta'lif makmum." (Al-Ikhtiyarat al-Fiqhiyyah: 50)

Jika Bermakmum Kepada Imam yang Qunut

Jika bagi imam tetap dianjurkan untuk memimpin shalat manusia dengan amalan ijtihadiyah yang dipegang mereka, -walau berbeda dengan apa yang disimpulkannya dalam persoalan ijtihadiyah demi kemashlahatan syar'i -, maka bagi makmum lebih ringan. Shalatnya di belakang orang berbeda kesimpulan dalam persoalan ijtihadiyah adalah lebih baik. Apalagi kalau jelas ada kemashlahatan syar'i yang terealisir seperti untuk kerukunan, persatuan, dan semisalnya. Apalagi kalau tidak maunya shalat dibelakang imam tadi menyebabkannya tidak bisa ikut berjama'ah terus-menerus. Ibnu Taimiyah rahimahullah berkata, "Dan kalaupun imam meninggalkan satu rukun yang diyakini makmum dan tidak diyakini imam: sah shalatnya (makmum) di belakang imam itu. Ia adalah satu dari dua riwayat dari Imam Ahmad, Madhab Malik, dan yang dipilih oleh al-Maqdisi."

Beliau berkata lagi, "Kalau seorang imam mengerjakan keharaman yang diyakini makmum yang boleh berijtihad di dalamnya: maka sah shalat di belakangnya, dan ia adalah pendapat yang masyhur dari Ahmad,' (Selesai dari Al-Ikhtiyarat al-Fiqhiyyah: 70)

Oleh karena itu, bagi makmum sebaiknya mengikuti imam dalam persoalan yang boleh berijtihad. Jika imam qunut, maka ia qunut bersamanya. Dan jika tidak qunut, maka ia juga tidak qunut. Karena Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda,

إنَّمَا جُعِلَ الْإِمَامُ لِيُؤْتَمَّ بِهِ

"Sesungguhnya dijadikan imam itu untuk diikuti." (HR. al-Bukhari, Muslim, dan Abu Dawud) Beliau juga bersabda, "Janganlah kalian selisihi imam-imam kalian." Terdapat dalam Shahih al-Bukhari, Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda,

يُصَلُّونَ لَكُمْ فَإِنْ أَصَابُوا فَلَكُمْ وَإِنْ أَخْطَئُوا فَلَكُمْ وَعَلَيْهِمْ

Shalatlah bersama mereka. Jika mereka benar, maka (pahalanya) untuk kalian dan mereka. Jika mereka salah, maka pahalanya untuk kalian (dan) dosanya untuk mereka.” (Lihat: Majmu' Fatawa: 23/115-116)

Maka tidak boleh seseorang ragu dan meninggalkan shalat di belakang orang yang melaksanakan qunut Shubuh dan yang berbeda kesimpulan dengannya dalam perkara ijtihadiyah. Sesungguhnya orang yang meninggalkan berjama'ah hanya karena perkara ini ia telah menyalahi al-Kitab, al-Sunnah dan ijma' para sahabat.

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah rahimahullah pernah ditanya, "Apakah sah shalat seorang makmum yang bermakmum di belakang Imam yang berbeda mazhabnya?" Beliau menjawab,

وأما صلاة الرجل خلف من يخالف مذهبه : فهذه تصح باتفاق الصحابة والتابعين لهم بإحسان ، والأئمة الأربعة ، ولكن النزاع في صورتين‏ :‏

إحداهما‏ :‏ خلافها شاذ ، وهو ما إذا أتي الإمام بالواجبات كما يعتقده المأموم ، لكن لا يعتقد وجوبها مثل التشهد الأخير إذا فعله من لم يعتقد وجوبه ، والمأموم يعتقد وجوبه ، فهذا فيه خلاف شاذ‏ ،‏ والصواب الذي عليه السلف وجمهور الخلف : صحة الصلاة‏ .‏

والمسألة الثانية ‏:‏ فيها نزاع مشهور ، إذا ترك الإمام ما يعتقد المأموم وجوبه مثل أن يترك قراءة البسملة سرّاً وجهراً ، والمأموم يعتقد وجوبها‏ ،‏ أو مثل أن يترك الوضوء من مس الذكر ، أو لمس النساء ، أو أكل لحم الإبل ، أو القهقهة ، أو خروج النجاسات ، أو النجاسة النادرة ، والمأموم يرى وجوب الوضوء من ذلك ، فهذا فيه قولان :‏ أصحهما : صحة صلاة المأموم ، وهو مذهب مالك ، وأصرح الروايتين عن أحمد في مثل هذه المسائل ، وهو أحد الوجهين في مذهب الشافعي ، بل هو المنصوص عنه‏ ، فإنه كان يصلي خلف المالكية الذين لا يقرؤون البسملة ، ومذهبه وجوب قراءتها‏ ،‏ والدليل على ذلك : ما رواه البخاري وغيره عن النبي صلى الله عليه وسلم أنه قال‏ :‏ ‏" ‏يصلون لكم فإن أصابوا فلكم ولهم ، وإن اخطؤوا فلكم وعليهم‏ "‏ فجعل خطأ الإمام عليه دون المأموم

"Adapun shalat seseorang dibelakang orang yang berbeda mazhab adalah sah berdasarkan kesepakatan para sahabat dan yang mengikuti mereka dalam kebaikan serta empat Imam. Namun pertentangan terjadi pada dua kasus: Pertama, perbedaannya itu ganjil yaitu jika seorang imam melakukan perbuatan yang wajib seperti apa yang diyakini oleh makmum namun ia tidak meyakini bahwa perbuatan tersebut adalah wajib. Misalnya Tasyahud akhir jika dilakukan oleh orang (imam) yang tidak meyakini kewajibannya sementara makmum meyakininya sebagai kewajiban. Inilah  perbedaan yang ganjil. Yang benar sesuai dengan pendapat salaf dan jumhur sahabat adalah sahnya shalat tersebut.

Masalah kedua, terdapat perbedaan yang masyhur jika seorang Imam meninggalkan perbuatan yang diyakini kewajibannya oleh makmum. Misalnya Imam meninggalkan membaca bismillah sedangkan makmum meyakininya sebagai kewajiban. Atau Imam tidak berwudhu karena menyentuh kemaluan, menyentuh wanita, makan daging unta, tertawa keras, keluar banyak najis, atau najis yang jarang sedangkan makmum menganggap wajib berwudhu. Dalam hal ini ada dua pendapat: yang paling sahih adalah sahnya shalat makmum dan itu merupakan mazhab malik dan merupakan pendapat yang paling tegas diantara dua pendapat dari Imam Ahmad pada masalah-masalah seperti ini. Ini juga merupakan salah satu dari dua pendapat di dalam mazhab Syafi'i bahkan yang manshush dari Imam Syafi'i. Sesungguhnya beliau pernah shalat di belakang penganut mazhab Maliki yang tidak membaca Bismillah sedangkan mazhab beliau mewajibkannya. Dalilnya adalah apa yang diriwayatkan oleh al Bukhari dan lainnya dari Nabi Shallallaahu alaihi Wasallam, beliau bersabda: “Shalatlah bersama mereka. Jika mereka benar, maka (pahalanya) untuk kalian dan mereka. Jika mereka salah, maka pahalanya untuk kalian (dan) dosanya untuk mereka”. Beliau menjadikan kesalahan Imam sebagai tanggungan Imam sendiri berbeda dengan makmum." (Majmu' Fatawa: 23/378-379)

Al-Bahuti dalam al-Raudh al-Murbi' berkata, "Siapa yang bermakmum kepada orang yang qunut dalam shalat Shubuh, maka ia mengikuti imam dan mengaminkan." Maksudnya: Mengikutinya dalam doanya." (Hasyiyah al-Raudh: 1/220)

Ulama Lajnah Daimah berkata, "Malik menganjurkan qunut pada rakaat terakhir dari shalat Shubuh sebelum ruku'. Dan Imam Syafi'i berpendapat bahwa qunut adalah sunnah sesudah ruku' pada rakaat terakhir dari shalat Shubuh. Dan ada sekumpulan ulama salaf dan khalaf yang berpendapat seperti itu. Mereka berdalil dengan hadits al-Bara' dan yang semisalnya. Dan dijawab, Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam mengerjakannya pada nawazil (kasus/musibah yang menimpa umat Islam) saja lalu meninggalkannya. Hadits tersebut tidak menghususkan qunut pada shalat Shubuh, bahkan menunjukkan pensyariatannya pada shalat Maghrib dan Shubuh saat terjadi musibah. Beberapa hadits lain menunjukkan keumumannya (dikerjakan) pada semua shalat fardhu. Sedangkan mereka menghususkan qunut pada shalat Shubuh dan berpendapat dikerjakan terus menerus.

Mereka juga berdalil dengan riwayat, "Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam senantiasa melakukan qunut pada shalat Shubuh sampai beliau wafat." Dijawab: Redaksi ini disebutkan di beberapa hadits, tapi statusnya dhaif. Karena dia berasal dari jalur Abu Ja'far al-Raazi, di mana Abdullah bin Ahmad berkata tentangnya, "Tidak kuat (hafalannya)." Ali al-Madini berkata, "dia kacau hafalannya." Amru bin Ali al-Fallash berkata, "orang jujur namun buruk hafalannya." Ada beberapa orang yang mengambil riwayat darinya yang juga mengambil riwayat dari para imam lain karena rekomendasi sebagian dari ulama jarh wa ta'dil terhadap Abu Ja'far al-Razi dan adanya beberapa penguat dari beberapa hadits lain. Tetapi dalam sanad hadits penguat tadi terdapat Amru bin 'Ubaid al-Qadari, ia bukan hujah.

Pada intinya, menghususkan shalat Shubuh dengan qunut termasuk masalah khilafiyah dan ijtihadiyah. Maka siapa shalat di belakang imam yang qunut pada shalat Shubuh saja sebelum ruku' atau sesudahnya, maka mendaknya mengikutinya, walaupun yang kuat adalah mengerjakan qunut pada semua shalat fardhu saat terjadi musibah saja. (Syaikh Abdurrazaq 'Afifi, Syaikh Abdullah bin Ghadiyan, Syaikh Abdullah bin Manii', "Fatawa al-Lajnah al-Daimah: 7/42-45)

Kesimpulan

Dari penjelasan tentang qunut shubuh di atas, maka sikap dan keputusan yang diambil penanya sudah benar. Apalagi kalau pilihan tersebut didasarkan untuk menghindari fitnah antar sesama muslim. Sesungguhnya masalah ini adalah masalah khilafiyah, sejak zaman dahulu ulama sudah berbeda pendapat tentangnya. Oleh karena itu perselisihan terhadap persoalan ini janganlah dibesar-besarkan, apalagi sampai merusak ukhuwah islamiyah. Karena rusaknya hubungan sesama muslim itu lebih besar daripada, -seandainya salah- dalam mengambil ijtihad ini. Walau demikian, bagi pribadi hendaknya terus mencari yang lebih benar untuk diambil dan diamalkan. Namun tidak boleh sampai pada tahap merasa paling benar dan menyalah-nyalahkan pada pihak lain yang berbeda pendapat dalam persoalan ijtihad ini. Apalagi sampai mengklaim shalatnya tidak sah dan tidak diterima oleh Allah Ta'ala.

Dalam kitab Maa Laa Yasa’ al-Muslima Jahluhu, hal. 127 disebutkan salah satu prinsip dalam berislam, "Kita juga meyakini bahwa persoalan-persoalan ijtihadiyah –yaitu setiap persoalan yang tidak memiliki dalil tegas yang ditunjukkan oleh nash atau ijma yang shahih- bukan termasuk pengikat al-wala’ dan bara’. Orang yang berbeda pendapat dalam masalah ini, tidak boleh dikucilkan. Sementara sikapnya tersebut tidak boleh dijadikan alasan untuk mencela status agama, selama sikapnya tersebut bersumber dari ijtihad atau taklid yang dibenarkan.

Jama’ah (persatuan) kaum muslimin tidak boleh terpecah hanya karena perbedaan pendapat dalam masalah-masalah furu’iyah ini. Walaupun hal ini tidak boleh menjadi halangan bagi seseorang untuk melakukan penelitian ilmiah dalam masalah ini, dengan harapan mendapatkan kebenaran hakiki. Tetapi dengan catatan jangan sampai menimbulkan debat kusir dan fanatisme." Hadanallahu Waiyyakum Ajma'in. [PurWD/voa-islam.com]

Oleh: Badrul Tamam

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Konsultasi Agama lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News
Pejuang Palestina Terlibat Pertempuran Jarak Dekat Dengan Pasukan Israel Di Sekitar RS Al-Shifa Gaza

Pejuang Palestina Terlibat Pertempuran Jarak Dekat Dengan Pasukan Israel Di Sekitar RS Al-Shifa Gaza

Kamis, 28 Mar 2024 22:02

Malaysia Dakwa Pemilik Toserba Dan Pemasok Kaus Kaki Bertuliskan ‘Allah’

Malaysia Dakwa Pemilik Toserba Dan Pemasok Kaus Kaki Bertuliskan ‘Allah’

Kamis, 28 Mar 2024 21:17

Euro-Med: Militer Zionis Israel 'Eksekusi' 13 Anak Di Sekitar Rumah Sakit Al-Shifa Gaza

Euro-Med: Militer Zionis Israel 'Eksekusi' 13 Anak Di Sekitar Rumah Sakit Al-Shifa Gaza

Kamis, 28 Mar 2024 20:28

Meta Diperintahkan Hapus Larangan Kata 'Syahid' Di Postingan Medsos

Meta Diperintahkan Hapus Larangan Kata 'Syahid' Di Postingan Medsos

Kamis, 28 Mar 2024 15:37

IHATEC dan GHCC Korea Jalin Kerja Sama Strategis Kembangkan Ekosistem Produk Halal

IHATEC dan GHCC Korea Jalin Kerja Sama Strategis Kembangkan Ekosistem Produk Halal

Kamis, 28 Mar 2024 08:36

Osama Hamdan: Kematian Wakil Komandan Al-Qassam Marwan Issa Belum Terkonfirmasi

Osama Hamdan: Kematian Wakil Komandan Al-Qassam Marwan Issa Belum Terkonfirmasi

Rabu, 27 Mar 2024 21:01

Ini Pesan KH Bachtiar Nasir kepada Calon Hakim Diklat Hukum dan Peradilan Mahkamah Agung RI

Ini Pesan KH Bachtiar Nasir kepada Calon Hakim Diklat Hukum dan Peradilan Mahkamah Agung RI

Rabu, 27 Mar 2024 18:00

12 Warga Gaza Tewas Tenggelam Saat Ambil Bantuan Kemanusiaan Di Pantai

12 Warga Gaza Tewas Tenggelam Saat Ambil Bantuan Kemanusiaan Di Pantai

Rabu, 27 Mar 2024 17:15

6.000 Kali Khatam Al-Qur'an, Begini Metode Yang Dilakukan Pesantren Nuu Waar AFKN

6.000 Kali Khatam Al-Qur'an, Begini Metode Yang Dilakukan Pesantren Nuu Waar AFKN

Rabu, 27 Mar 2024 16:29

Palestina Aman, Publik Dibohongi?

Palestina Aman, Publik Dibohongi?

Rabu, 27 Mar 2024 07:22

Puasa Jangan Lemas!

Puasa Jangan Lemas!

Rabu, 27 Mar 2024 07:09

Polemik Film ‘Kiblat’, MUI: Sutradara Film Horor Perlu Menempatkan Simbol Islam Secara Adil

Polemik Film ‘Kiblat’, MUI: Sutradara Film Horor Perlu Menempatkan Simbol Islam Secara Adil

Selasa, 26 Mar 2024 22:15

Tgk Yusran Hadi Ajak Umat Islam Untuk Bantu Saudara-Saudara Seiman Di Gaza Palestina

Tgk Yusran Hadi Ajak Umat Islam Untuk Bantu Saudara-Saudara Seiman Di Gaza Palestina

Selasa, 26 Mar 2024 21:20

Militer Zionis Israel Gunakan Amunisi Era 1950-an Di Tengah Kekurangan Pasokan Dalam Perang Di Gaza

Militer Zionis Israel Gunakan Amunisi Era 1950-an Di Tengah Kekurangan Pasokan Dalam Perang Di Gaza

Selasa, 26 Mar 2024 17:12

'Israel' Derita Lebih Dari 3.600 Korban Tewas Atau Terluka Sejak Dimulainya Perang Di Gaza

'Israel' Derita Lebih Dari 3.600 Korban Tewas Atau Terluka Sejak Dimulainya Perang Di Gaza

Senin, 25 Mar 2024 12:34

Tentara Zionis Israel Perkosa Wanita Palestina Di Rumah Sakit Al-Shifa Sebelum Bunuh Mereka

Tentara Zionis Israel Perkosa Wanita Palestina Di Rumah Sakit Al-Shifa Sebelum Bunuh Mereka

Senin, 25 Mar 2024 09:43

Turunnya Angka Pernikahan, Tanda Masyarakat Makin Cerdas?

Turunnya Angka Pernikahan, Tanda Masyarakat Makin Cerdas?

Senin, 25 Mar 2024 02:20

Kota Layak Anak, benarkah Solusi Persoalan Anak?

Kota Layak Anak, benarkah Solusi Persoalan Anak?

Senin, 25 Mar 2024 02:01


MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X