Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
33.171 views

Salah Kedaden (Parikan Anti JIL Karya Ki Hartono Ahmad Jaiz)

Selama ini orang mengenal Ustadz Hartono Ahmad Jaiz sebagai penulis buku-buku Islam bertema ghazwul fikri. Karena sudah hampir seratusan buku lahir dari tangan ustadz bersahaja ini, spesialis berisikan dakwah membentengi akidah umat Islam dari bahaya kesesatan dan kekafiran berbagai aliran dan faham sesat di Indonesia, dari aliran klasik hingga liberalisme berkedok Islam yang dikomandani Jaringan Islam Liberal (JIL).

Di balik sosok ilmiahnya yang kaya akan hujjah Al-Qur'an dan Sunnah, tak banyak yang tahu, Ustadz Hartono Ahmad Jaiz adalah sastrawan Jawa yang berbakat, dengan banyak parikan (pantun) dakwah. Sama seperti buku-bukunya, tema parikannya adalah dakwah membentengi akidah umat dari bahaya aliran dan faham sesat.

Parikan (pantun Jawa) berjudul Salah Kedaden (Produk Gagal) ini adalah tulisan langka Ustadz Hartono Ahmad. Secara berseloroh gaya khas Jawa, ia mengungkap kesesatan berbagai ormas dan sekte yang sering membawa-bawa nama Islam. Selamat membaca:

 

SALAH KEDADEN

Suwe ora jamu
jamu godhong tapak liman
Suwe ora ketemu
ketemu pisan jebule bar adol iman.

(Komentar: Waduh bubrah tenan. Lha mbesok  di  akherat arep sangu apa yen imane wis didol?  ibo  getune,  ibo  tunane,  betapa  rekasane… ora bakal ana sing  nulung)


Suwe ora jamu
jamu godhong sembukan
Suwe ora ketemu
ketemu pisan jebule bar njaga upacara kemusyrikan

(Komentar: Waduh apes tenan uripe. Urip pisan wae ngajokake proposal ben dadi penjaga panggonan-panggonan upacara kemusyrikan. Apa ora eman-eman marang imane ya. Jarena malah ana sing  wani njamin, imane dijamin ora luntur. Waduh, apa sing  dijamin? Lha yen wis ilang ya pancen ora luntur, wong wis ilang. Eman-eman tenan, urip pisan wae mbelani kemusyrikan).


Suwe ora jamu
jamu godhong coklat
Suwe ora ketemu
ketemu pisan jebule wis murtad.

(Komentar: Astaghfirullah… urip pisan wae malah murtad. Apa ora wedi siksa neraka sak jeg jumbleg  di  akherat? Na’udzubillahi min dzalik).


Suwe ora jamu
jamu godhong jambal
Suwe ora ketemu
ketemu pisan jebule wis dadi muslim liberal

(Komentar: Waduh, iki apa maneh. Islam kok ndadak ditambahi liberal. Kuwi kaya dene lafal orang ditambahi utan, dadi orang utan. Tegese wis dudu wong maneh. Yen Islam ditambahi liberal ya wis dudu Islam maneh.  Soale apa? Soale, Islam anti kekafiran, nanging  Islam liberal ora anti kekafiran. Malah jarene padha wae. Edan tenan. Sing  anti karo sing  ora anti kok padha, kuwi nggur wong ora nggenah sing  kaya ngono kuwi. Apa ora wedi siksa neraka sing  mbulat-mbulat   di  akherat ya?)

Suwe ora jamu
jamu godhong cocor bebek
Suwe ora ketemu
ketemu pisan jebule wis dadi wong munafek

(Komentar: Waduh, iki bahaya tenan. Pura-pura alim, shalih, jebulane malah dilat-dilatan karo wong kafir. Tur sumbar yen imane ora krasa suda. Lha kepriye bisa krasa suda, wong durung temtu yen isih? Ya ta? Mugo-mugo wae aku lan anak putu kabeh dilindungi Allah Ta’ala aja nganti dadi wong munafek. Soale panggonane wong munafek iku mbesok  ing  akherat ana  ing  kerake neraka sing  ngisor dhewe. Na’udzubillahi min dzaklik!)

Suwe ora jamu
jamu godhong kluweh
Suwe ora ketemu
ketemu pisan jebule bar njlomprongke wong akeh.

(Komentar: Waduh, iki gawat tenan. Ora nggur awake dhewe sing kejlomprong, malah isih njlomprongake wong akeh. Tur malah karo ngajak bangga maneh. Na’udzubillahi min dzalik).

Godhong gedang disiram bensin
Kadung wirang wani ngisin

(Komentar: Waduh iki wis bubrah tenan. Kadhung wirang mestine rak ya tobat. Ee, malah dibelani wani isin. Dadi tambah rusak lan ngrusak wong akeh marga pengaruh eleke. Urip pisan wae kok ya dadi panyebar kejahatan ta ya ya.. iki piye ta jane… nanging  yen ditakoni, alesane malah wis cemepak: aja disalahke aku… lha wong sing  gedhe-gedhe ya padha temindak ngene… )

La dalah… salah kedaden jebule!

Jakarta, Shafar 1434H/ Desember 2012



TERJEMAHAN BAHASA INDONESIA

PRODUK GAGAL (SALAH KEDADEN)

lama tidak minum jamu , minum jamu  daun tapak liman
lama tidak bertemu, bertemu sekali tahu-tahu habis  jual iman.
(Waduh rusak sungguh. Lha besok  di  akherat akan berbekal apa kalau imannya sudah dijual?  betapa  getunnya,  betapa  ruginya,  betapa sengsaranya… tidak akan ada yang menolong).

lama tidak minum jamu , minum jamu  daun sembukan
lama tidak bertemu, bertemu sekali tahu-tahu habis menjaga upacara kemusyrikan
(Waduh naas sungguh hidupnya. hidup sekali saja mengajukan proposal biar jadi penjaga tempat-tempat upacara kemusyrikan. Apa tidak sayang-sayang kepada imannya ya. Katanya malah ada yang berani menjamin, imannya dijamin tidak luntur. Waduh, apa yang dijamin? Lha kalau sudah hilang ya memang tidak luntur, orang sudah hilang.  Sangat disayangkan, hidup sekali saja membela kemusyrikan).

Lama tidak minum jamu , minum jamu  daun coklat
lama tidak bertemu, bertemu sekali tahu-tahu sudah murtad.
(Astaghfirullah… hidup sekali saja malah murtad. Apa tidak takut siksa neraka selama-lamanya  di  akherat? Na’udzubillahi min dzalik).

Lama tidak minum jamu , minum jamu  daun jambal
lama tidak bertemu, bertemu sekali tahu-tahu sudah jadi orang Islam liberal.
(Waduh, ini apa lagi. Islam kok pakai ditambahi liberal. itu seperti halnya lafal “orang” ditambahi “utan”, jadi “orang utan”. Artinya sudah bukan orang lagi. Kalau Islam ditambahi liberal ya sudah bukan Islam lagi. Soale apa? Soale, Islam anti kekafiran, sedang Islam  liberal tidak anti kekafiran. Malah katanya sama saja. Gila sungguh. yang anti dengan yang tidak anti kok sama, itu hanya orang tidak nggenah saja yang seperti begitu itu. apa tidak takut siksa neraka yang menyala-nyala  di  akherat ya?)

lama tidak minum jamu , minum jamu  daun cocor itik
lama tidak bertemu, bertemu sekali jebule sudah jadi orang munafik
(Waduh, ini bahaya sungguh. Pura-pura alim, shalih, jebulane malah jilat-jilatan dengan orang kafir.  Bahkan sesumbar kalau imannya tidak terasa berkurang. Lha bagaimana dapat terasa berkurang, orang belum temtu kalau masih? ya kan? Semoga saja saya dan anak cucu semua dilindungi Allah Ta’ala jangan sampai jadi orang munafik. Soale tempatnya orang munafik itu besok  di  akherat di kerak neraka yang bawah sendiri. Na’udzubillahi min dzaklik!)

Lama tidak minum jamu , minum jamu  daun kluweh
lama tidak bertemu, bertemu sekali tahu-tahu habis menjerumuskan orang banyak
(Waduh, ini gawat sungguh. Tidak hanya kita yang kejlomprong, malah masih njlomprongake orang banyak. Bahkan malahan dengan mengajak untuk berbangga lagi. Na’udzubillahi min dzalik).

Daun pisang disiram bensin
terlanjur malu berani malu
(Waduh ini sudah rusak sungguh. terlanjur kena malu seharusnya  bertaubat. Ee, malah dibela-belai dengan berani malu. Jadi tambah rusak dan merusak orang banyak sebab pengaruh jeleknya. hidup sekali saja kok ya jadi penyebar kejahatan ta ya ya.. ini bagaimana ta sejatinya… tapi kalau ditanyai, alasannya malah sudah cemepak/ tersedia: jangan disalahkan saya… lha orang yang besar-besar ya sama berbuat seperti ini…

Wadhuh salah kejadian/ produk gagal ternyata!)

(Pantunnya Ki Hartono Ahmad Jaiz)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Liberalism lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Tak Punya Biaya, Yatim Piatu Berprestasi ini Putus Sekolah, Ayo Bantu !!!

Tak Punya Biaya, Yatim Piatu Berprestasi ini Putus Sekolah, Ayo Bantu !!!

Kanaya Shersabila, yatim piatu segudang prestasi ini tak bisa sekolah lagi karena tak punya biaya. Sang nenek yang jadi tulang punggung keluarga tak bisa mencari nafkah karena sudah uzur sakit-sakitan....

Bayi Ramadhan ini Butuh Biaya Persalinan, Ayo Bantu..!!!

Bayi Ramadhan ini Butuh Biaya Persalinan, Ayo Bantu..!!!

Maryanti tak bisa khusyuk beribadah Ramadhan karena kondisinya kritis. Persalinan di rumah sakit berjalan lancar, namun tagihan 4,5 juta rupiah tak mampu dibayar oleh keluarga kuli serabutan...

Kisah Haru Ustadz Ismail, Guru Al-Qur’an Disabilitas Butuh Motor Dakwah. Ayo Bantu..!!

Kisah Haru Ustadz Ismail, Guru Al-Qur’an Disabilitas Butuh Motor Dakwah. Ayo Bantu..!!

Terlahir disabilitas tanpa kaki dan tangan yang sempurna, ia tetap tegar berdakwah dan bekerja mencari nafkah sebagai tukang las di bengkel berat. Ia butuh sepeda motor roda tiga untuk berdakwah....

Rumah Ambruk Diterjang Banjir, Kakek Tuna Netra ini Tinggal di Jembatan, Ayo Bantu..!!!

Rumah Ambruk Diterjang Banjir, Kakek Tuna Netra ini Tinggal di Jembatan, Ayo Bantu..!!!

Sudah 21 hari Kakek Jaman mengungsi ke jembatan di tengah sawah Karangharja Bekasi. Rumah bambu yang dihuni sejak tahun 1985 itu roboh diterjang banjir akibat jebolnya tanggul Citarum....

Mushalla Al-Mubarok Ambruk Diterjang Hujan, Ayo Bantu..!!!

Mushalla Al-Mubarok Ambruk Diterjang Hujan, Ayo Bantu..!!!

Mushalla ini ambruk tak kuat menahan gempuran hujan deras. Kegiatan ibadah dan syiar mushalla pun terhenti. Ayo bantu renovasi supaya pada bulan Ramadhan warga bisa shalat jamaah, tarawih dan...

Latest News
Masjid Al-Lathiif Bandung: Tetap Aktif Dengan Menerapkan Protokol Kesehatan Ketat

Masjid Al-Lathiif Bandung: Tetap Aktif Dengan Menerapkan Protokol Kesehatan Ketat

Selasa, 22 Jun 2021 22:00

Twitter Tambahkan Bahasa Arab untuk Wanita

Twitter Tambahkan Bahasa Arab untuk Wanita

Selasa, 22 Jun 2021 21:41

KKIPP Kecam Kekerasan Israel dalam Flag March

KKIPP Kecam Kekerasan Israel dalam Flag March

Selasa, 22 Jun 2021 21:07

Pakistan Tidak Akan Lagi Izinkan AS Gunakan Wilayahnya Untuk Operasi Di Afghanistan

Pakistan Tidak Akan Lagi Izinkan AS Gunakan Wilayahnya Untuk Operasi Di Afghanistan

Selasa, 22 Jun 2021 20:00

Pentagon: Militer AS Bisa Memperlambat Penarikannya Dari Afghanistan Menyusul Kemajuan Taliban

Pentagon: Militer AS Bisa Memperlambat Penarikannya Dari Afghanistan Menyusul Kemajuan Taliban

Selasa, 22 Jun 2021 19:30

Sinergi Ulama-Umat Hadapi Pandemi, MUI dan ACT Teken MoU

Sinergi Ulama-Umat Hadapi Pandemi, MUI dan ACT Teken MoU

Selasa, 22 Jun 2021 17:24

Darah Kucing Najis?

Darah Kucing Najis?

Selasa, 22 Jun 2021 17:05

Dirgahayu ke-494, Jakarta Semakin Mendunia

Dirgahayu ke-494, Jakarta Semakin Mendunia

Selasa, 22 Jun 2021 15:02

Perusahaan Pepsi Gaza Terpaksa Tutup Karena Pembatasan Impor Ketat Oleh Israel

Perusahaan Pepsi Gaza Terpaksa Tutup Karena Pembatasan Impor Ketat Oleh Israel

Selasa, 22 Jun 2021 14:42

Pilih Mana: Al-Quran atau Pancasila? Beragama atau Tidak Beragama?

Pilih Mana: Al-Quran atau Pancasila? Beragama atau Tidak Beragama?

Selasa, 22 Jun 2021 14:11

Masa Depan Dunia Ditentukan oleh Perempuan, Mua’llimaat adalah Rahimnya

Masa Depan Dunia Ditentukan oleh Perempuan, Mua’llimaat adalah Rahimnya

Selasa, 22 Jun 2021 13:26

Susanti, Dosen UMP, Ciptakan Teknologi Deteksi Dini Kanker Usus

Susanti, Dosen UMP, Ciptakan Teknologi Deteksi Dini Kanker Usus

Selasa, 22 Jun 2021 13:01

Ratusan Santri Dayah Darul Quran Aceh Ikut Workshop Penulisan Tere Liye

Ratusan Santri Dayah Darul Quran Aceh Ikut Workshop Penulisan Tere Liye

Selasa, 22 Jun 2021 10:35

Indonesia Jadi Tempat Pembuangan Sampah Negara Maju, Ini Kata Partai Gelora

Indonesia Jadi Tempat Pembuangan Sampah Negara Maju, Ini Kata Partai Gelora

Selasa, 22 Jun 2021 10:30

Covid-19 Kembali Mengamuk, Ketua Majelis Tabligh PP Muhammadiyahl: Mari Berhusnuzan kepada Allah

Covid-19 Kembali Mengamuk, Ketua Majelis Tabligh PP Muhammadiyahl: Mari Berhusnuzan kepada Allah

Selasa, 22 Jun 2021 10:00

Pajak Sembako dan Pendidikan, Wujud Kezaliman Negara

Pajak Sembako dan Pendidikan, Wujud Kezaliman Negara

Selasa, 22 Jun 2021 09:16

Pondasi Negara Idealnya Bukan Pajak

Pondasi Negara Idealnya Bukan Pajak

Selasa, 22 Jun 2021 08:54

7 Warga Sipil Suriah Tewas Dalam Penembakan Artileri Rezim Teroris Assad Di Idlib

7 Warga Sipil Suriah Tewas Dalam Penembakan Artileri Rezim Teroris Assad Di Idlib

Senin, 21 Jun 2021 19:35

Palestina Kecam PBB Karena Menutupi Kejahatan Israel Terhadap Anak-anak Palestina

Palestina Kecam PBB Karena Menutupi Kejahatan Israel Terhadap Anak-anak Palestina

Senin, 21 Jun 2021 18:05

Muhammadiyah Apresiasi Keputusan Pemerintah Geser Hari Libur Nasional

Muhammadiyah Apresiasi Keputusan Pemerintah Geser Hari Libur Nasional

Senin, 21 Jun 2021 17:59


MUI

Must Read!
X