Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
13.748 views

Biden Menang, Israel Tetap Anak Emas Amerika Serikat

 

Oleh: Dewi Royani, MH

Sejak pergantian presiden Amerika Serikat (AS) dari Trump ke Joe Biden, dunia Islam menaruh harapan besar bahwa Biden akan membawa angin segar atas interaksi Israel-Palestina. Harapan atas perdamaian, stabilitas, dan keamanan Timur Tengah. Seperti pernyataan Sekretaris Jenderal Liga Arab Ahmed Aboul Gheit,ia berharap pemerintahan Joe Biden akan membarui kebijakan Timur Tengahnya. Ia secara spesifik menyinggung mengenai penyelesaian konflik Israel-Palestina. (Republika.co.id,25/1/2021)

Pernyataan ini mengacu pada kebijakan Amerika Serikat di bawah pemerintahan Trump. Pada masa Trump, AS dianggap sudah tidak lagi menjadi mediator yang netral karena memihak pada kepentingan politik Israel. Trump telah mengambil sejumlah kebijakan yang sangat merugikan Palestina. Diantaranya, Desember 2017 Trump mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel. AS menjadi negara pertama di dunia yang melakukan hal tersebut.

Di bulan Mei 2018 Trump memutuskan memindahkan kedutaan besar AS untuk Israel dari Tel Aviv ke Yerusalem. Trump juga telah menutup kantor utusan Palestina di Washington bahkan menghentikan donasi humanisme pada Palestina. Langkah itu seketika membuat United Nations Relief and Works Agency for Palestine Refugees (UNRWA) menghadapi krisis keuangan.

Berdasarkan pernyataan Biden, memang terjadi sedikit perubahan kebijakan untuk konflik Israel-Palestina. Diantaranya Biden berjanji mengembalikan donasi humanisme untuk Palestina. Biden juga menentang kegiatan pembangunan pemukiman Israel di Tepi Barat yang mereka duduki.

Namun berdasarkan beberapa pengamat, kebijakan Biden tersebut tidak akan membawa perubahan ke arah yang lebih baik untuk konflik Israel-Palestina. Terlebih lagi Biden tidak akan menjadi juru selamat bagi Palestina. Hal ini dapat dilihat dari pernyataan Biden yang mengungkapkan bahwa tidak akan memindahkan kedutaan Israel keluar dari Yerusalem. Biden juga telah menyambut pemulihan hubungan Israel dengan Uni Emirat Arab, Bahrain, dan Sudan, meskipun Palestina mengutuk tindakan itu.

Penasihat Keamanan Nasional Amerika Serikat Jake Sullivan telah melakukan pembicaraan dengan Penasihat Keamanan Nasional Israel Meir Ben Shabbat. Sullivan menegaskan komitmen pemerintahan Joe Biden terhadap keamanan Israel. Mereka membahas peluang menaikkan kemitraan termasuk menciptakan keberhasilan pengaturan normalisasi Israel dengan Uni Emirat Arab, Bahrain, Sudan dan Maroko.

Kebijakan yang diambil Biden ini artinya menempatkan keamanan nasional Israel tetap menjadi perhatian yang utama. AS pun tidak menempatkan konflik Israel-Palestina menjadi prioritas utama dalam politik luar negerinya. Seperti yang disampaikan oleh analis politik Gaza, Hani Habib mengatakan “Dalam hal kebijakan luar negeri, Biden memiliki masalah yang jauh lebih penting dan mendesak daripada konflik Israel-Palestina seperti Iran, NATO, dan aliansi dengan Eropa." Jadi Israel akan permanen sebagai anak emas bagi pemerintah AS meskipun kepemimpinan telah beralih ke Biden.

Amerika Serikat adalah negara yang berideologi kapitalisme sekuler yang memiliki  asas politik luar negeri yang khas yaitu imperialisme. Sebagai presiden negara kapitalis, Biden tidak punya pilihan selain meneruskan imperialisme sebagai kebijakan politik luar negerinya. Meskipun Presiden AS berganti–ganti, AS akan permanen menjaga dominasi global untuk kepentingan politik dan ekonomi AS. Inilah mengapa kemenangan Biden atas Trump tidak serta merta membawa angin segar yang  menyejukkan bagi kaum muslim di seluruh dunia.

Di timur tengah AS memiliki tiga agenda utama yang menjadi kepentingannya. Pertama, menjaga sumber-sumber energi agar tetap dikendalikan Amerika terutama minyak dan gas. Kedua, mencegah munculnya kekuatan politik Islam di Timur Tengah. Apalagi kekuatan politik yang bisa menyatukan Timur Tengah secara politik yang akan mengancam kepentingan Amerika Serikat. Ketiga, jaminan terhadap eksistensi negara penjajah Yahudi. Tiga hal ini merupakan kepentingan utama AS di Timur Tengah yang sampai kapan pun tidak berubah.

Oleh karena itu, berharap kepada AS dan Biden untuk penyelesaian pendudukan Israel terhadap Palestina adalah suatu kemustahilan. Adapun secara normatif Islam telah menjelaskan bahwa haram hukumnya kaum muslimin berharap pada negara seperti AS, dalam urusan kaum muslimin. Karena AS termasuk negara kafir harbi muhariban fi’lan negara kafir yang wajib diperangi. Memohon ataupun  berharap kepada mereka  tergolong pada tindakan muwalah atau sikap setia kepada orang kafir. Allah Swt. berfirman dalam surat Al maidah ayat 51 yang artinya:

"Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu ambil orang-orang Yahudi dan Nasrani menjadi pemimpin,sebagian mereka menjadi pemimpin bagi sebagian lainnya. Barang siapa di antara kamu mengambil mereka sebagai pemimpin, maka dia termasuk di antara mereka. Sesungguhnya Allah tidak menunjuki orang-orang yang aniaya".  (Al Maidah 5:51). Wallahu alam. (rf/voa-islam.com)

Ilustrasi: Google

 

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Liberalism lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X

Rabu, 27/03/2024 07:22

Palestina Aman, Publik Dibohongi?