Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
11.166 views

Jangan Mudah Tertipu Krim Pemutih Palsu!

Di  sebuah harian ibukota, sebut saja, Evi, melaporkan teman sendiri ke kantor polisi. Pasalnya, wanita tersebut merasa tertipu  karena dibujuk untuk membeli krim pemutih jualannya. Dengan iming-iming kulit bakal kinclong jika memakai krim pemutih yang dijualnya. Karena yang menawarkan karibnya sendiri, semakin yakinlah ibu rumah tangga ini untuk menggunakan krim pemutih. Apalagi, kata Evi  menegaskan. “Temanku bilang pemutih ini produk klinik kesehatan kulit ternama di kota kami. Tentu saja, aku mau menggunakannya.”

Hasilnya? Wajahnya tidak putih mulus sesuai dengan harapannya. Sebaliknya, kulitnya hancur-lebur. Memerah gak keruan. Tentu ibu rumah tangga ini menyesal telah terbujuk oleh kawannya sendiri.

Pengalaman buruk lainnya dialami seorang gadis desa bernama Rohmah yang memiliki kulit hitam. Mestinya ia merasa bersyukur karena mempunyai kekasih yang menerima gadis lugu ini apa adanya. Terbukti, dengan keseriusan si lelaki berkulit putih yang bernama Edi, bukan nama sebenarnya, meminang Rohmah untuk menjadi istrinya setelah beberapa bulan pacaran. .
 
Ketidakpedean tetap saja ada dalam benak Rohmah. Ia ingin tampil dengan wajah putih dan segar saat menjadi pengantin. Buru-buru dibelinya krim pemutih yang banyak beredar di pasaran. Ingin cantik dengan cara instan, malah jerawat besar bermunculan di wajahnya. Untungnya lagi, sang calon suami merasa tidak risih dengan perubahan wajah sang calon istri. Pernikahan tetap dilaksanakan.

Dan, masih banyak cerita serupa yang memprihatinkan. Dengan banyaknya korban yang diberitakan di berbagai media. Seharusnya menjadi pelajaran berharga bagi para wanita untuk tetap waspada dan tidak mudah tergoda dengan krim pemutih yang tidak jelas produknya.

...Dengan banyaknya korban yang diberitakan di berbagai media, seharusnya para wanita waspada dan tidak mudah tergoda dengan krim pemutih yang tidak jelas produknya...

Jelas saja, krim pemutih menjadi laris manis di Indonesia karena Negara beriklim tropis menjadikan warganya dominant berkulit sawo matang. Jadi berbagai cara dilakukan kaum wanita untuk mendapatkan wajah yang putih dan mulus. Nyaris merupakan impian perempuan Indonesia. Karena itu, bagi yang tidak menyadari resikonya berlomba untuk memutihkan wajahnya.

Selain ingin memutihkan wajah, banyak wanita memakai krim ini untuk menghilangkan flek-flek hitam di wajah yang diakibatkan oleh berbagai faktor. Yakni lanjutnya usia, usia, alat kontrasepsi, sinar matahari dan yang lainnya. Dengan kebutuhan para wanita akan krim pemutih ini menyebabkan berbagai perusahaan kosmetik berlomba untuk memproduksi  krim pemutih dengan iklan memikat.

Mercury dan Hydroquinone

Celakanya lagi, para pemalsu produk-produk kosmetik tak kalah gencarnya menawarkan krim ini dengan harga  dan komposisi bahan kosmetik yang tidak jelas. Biasanya perubahan kulit pada wajah yang “gagal total” ini karena efek samping dari bahan kimia berbahaya yang terkandung dalam krim pemutih ini. Yang juga akan membahayakan  kesehatan si pemakai.  Seperti bahan mercury dan hydroquinone.

Mercury sering digunakan pada proses elektronilisa. Seperti industri pestisida . Mercury mempunyai daya racun yang sangat tinggi yakni tingkat 5  (dalam skala daya racun 1 hingga 6 ). Artinya, bila penggunaan mercury lebih dari 5 hingga 50 miligram perkilo berat badan tertelan akan mengakibatkan kematian.

Sementara itu, mercury dapat masuk ke dalam tubuh bila tertelan, terhirup, atau terserap lewat kulit. Bila mercury terserap lewat kulit dapat menimbulkan efek samping berupa pembekakan jaringan kulit.  Bahkan, menurut para ahli mercury dapat mengakibatkan gangguan ginjal dan syaraf. Umumnya efek samping mercury pada kulit wajah adalah gatal-gatal, dan warna kemerahan.  Dan, banyak konsumen yang tidak paham bila kandungan mercury ini sangat berbahaya akibatnya bila tersengat langsung sinar matahari.

Kandungan lainnya yaitu hydroquinone pada kosmetik hanya diperbolehkan maksimum 2% . Lebih dari itu termasuk sudah dikategorikan sebagai obat. Itu pun, harus di bawah pengawasan dokter. Yang membahayakan lagi, bila kosmetik ini dihentikan justru akan memberikan respon berlawanan. Yakni, kulit menjadi hitam atau flek-flek bahkan memerah seperti udang rebus.

...krim pemutih yang mengandung zat kimia berbahaya bisa menimbulkan peradangan kulit dan alergi bahkan menimbulkan kanker bila mengendap dalam waktu yang lama di dalam tubuh...

Bila pemakaian hydroquinone yang digunakan melebihi batas atau berlebihan menimbulkan iritasi kulit langsung, dan saat dihentikan kulit kembali seperti semula atau bahkan lebih buruh dari sebelumnya. Akibat lain dari krim pemutih yang mengandung zat kimia berbahaya lainnya bagi kulit bisa menimbulkan peradangan kulit dan alergi. Bahkan menimbulkan kanker bila mengendap dalam waktu yang lama di dalam tubuh.

Untuk itu sebaiknya konsumen lebih teliti dalam membeli serta menggunakan krim pemutih. Apakah ada pencantuman ijin dari Ditjen POM yang ditandai dengan nomor registrasi  pada label produk tersebut.

Nomor registrasi yang dikeluarkan yang dikeluarkan oleh ditjen POM diawali bercak-bercak ditandai CD untuk kosmetik produk dalam negeri . sementara tanda CL untuk kosmetik produk luar negeri. Jadi berhati-hatilah bila membeli produk krim pemutih. Perhatikan label dan ijin dari Ditjen POM. Komposisi bahan kosmetik yang terkandung yang tertera pada kemasan.

Dan, yang tak kalah pentingnya, nikmatilah karunia Allah SWT yang sesungguhnya.  Tidak dipungkiri, pemberian-Nya yang alami jauh lebih cantik dan indah. Sebaiknya jaga dan rawat karunia ini dengan cara wajar yang tanpa harus merubah bentuk serta warna wajah kita. [Herawati Dachlan/voa-islam.com, dari berbagai sumber]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Muslimah lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Dapur Darurat: Berbagi Makanan untuk Isoman Penyintas Covid. Ayo Bantu..!!!

Dapur Darurat: Berbagi Makanan untuk Isoman Penyintas Covid. Ayo Bantu..!!!

Lonjakan Covid meningkat tajam, Indonesia menempati nomor 1 di dunia dalam kasus harian dan kematian. Para penyintas Corona yang jalani isolasi butuh uluran tangan. Mari berbagi makanan siap...

Tak Punya Biaya, Yatim Piatu Berprestasi ini Putus Sekolah, Ayo Bantu !!!

Tak Punya Biaya, Yatim Piatu Berprestasi ini Putus Sekolah, Ayo Bantu !!!

Kanaya Shersabila, yatim piatu segudang prestasi ini tak bisa sekolah lagi karena tak punya biaya. Sang nenek yang jadi tulang punggung keluarga tak bisa mencari nafkah karena sudah uzur sakit-sakitan....

Bayi Ramadhan ini Butuh Biaya Persalinan, Ayo Bantu..!!!

Bayi Ramadhan ini Butuh Biaya Persalinan, Ayo Bantu..!!!

Maryanti tak bisa khusyuk beribadah Ramadhan karena kondisinya kritis. Persalinan di rumah sakit berjalan lancar, namun tagihan 4,5 juta rupiah tak mampu dibayar oleh keluarga kuli serabutan...

Kisah Haru Ustadz Ismail, Guru Al-Qur’an Disabilitas Butuh Motor Dakwah. Ayo Bantu..!!

Kisah Haru Ustadz Ismail, Guru Al-Qur’an Disabilitas Butuh Motor Dakwah. Ayo Bantu..!!

Terlahir disabilitas tanpa kaki dan tangan yang sempurna, ia tetap tegar berdakwah dan bekerja mencari nafkah sebagai tukang las di bengkel berat. Ia butuh sepeda motor roda tiga untuk berdakwah....

Rumah Ambruk Diterjang Banjir, Kakek Tuna Netra ini Tinggal di Jembatan, Ayo Bantu..!!!

Rumah Ambruk Diterjang Banjir, Kakek Tuna Netra ini Tinggal di Jembatan, Ayo Bantu..!!!

Sudah 21 hari Kakek Jaman mengungsi ke jembatan di tengah sawah Karangharja Bekasi. Rumah bambu yang dihuni sejak tahun 1985 itu roboh diterjang banjir akibat jebolnya tanggul Citarum....

Latest News
Napak Tilas Perjuangan ke Penjara Kalisosok dan Masjid Kemayoran di Surabaya (Bagian-4)

Napak Tilas Perjuangan ke Penjara Kalisosok dan Masjid Kemayoran di Surabaya (Bagian-4)

Kamis, 29 Jul 2021 11:14

Napak Tilas Perjuangan ke Penjara Kalisosok dan Masjid Kemayoran di Surabaya (Bagian-3)

Napak Tilas Perjuangan ke Penjara Kalisosok dan Masjid Kemayoran di Surabaya (Bagian-3)

Kamis, 29 Jul 2021 11:11

Napak Tilas Perjuangan ke Penjara Kalisosok dan Masjid Kemayorandi Surabaya (Bagian-2)

Napak Tilas Perjuangan ke Penjara Kalisosok dan Masjid Kemayorandi Surabaya (Bagian-2)

Kamis, 29 Jul 2021 11:02

Kritik ''Cuitan'' Komunikasi Publik Mahfud MD

Kritik ''Cuitan'' Komunikasi Publik Mahfud MD

Kamis, 29 Jul 2021 11:02

Napak Tilas Perjuangan ke Penjara Kalisosok dan Masjid Kemayoran di Surabaya (Bagian-1)

Napak Tilas Perjuangan ke Penjara Kalisosok dan Masjid Kemayoran di Surabaya (Bagian-1)

Kamis, 29 Jul 2021 10:54

Pemuda Muhammadiyah Dukung Percepatan Vaksinasi Covid-19

Pemuda Muhammadiyah Dukung Percepatan Vaksinasi Covid-19

Kamis, 29 Jul 2021 06:58

Ketua FPKS: Isoman Anggota Tak Perlu di Hotel, Cukup Manfaatkan Fasilitas Milik DPR

Ketua FPKS: Isoman Anggota Tak Perlu di Hotel, Cukup Manfaatkan Fasilitas Milik DPR

Rabu, 28 Jul 2021 23:56

Alumni IPB Kumpulkan Donasi 1,3 M untuk Pengadaan Tabung Oksigen Medis

Alumni IPB Kumpulkan Donasi 1,3 M untuk Pengadaan Tabung Oksigen Medis

Rabu, 28 Jul 2021 22:45

Peningkatan Kompetensi SDM Bank Syariah Harus Menjadi Perhatian

Peningkatan Kompetensi SDM Bank Syariah Harus Menjadi Perhatian

Rabu, 28 Jul 2021 22:27

Indonesia Juara Angka Kematian Covid, Anggota DPR: Pantau Pasien Isoman!

Indonesia Juara Angka Kematian Covid, Anggota DPR: Pantau Pasien Isoman!

Rabu, 28 Jul 2021 22:09

Bertemu Menlu Cina, Delegasi Taliban Bahas Proses Perdamaian Dan Masalah Keamanan Di Afghanistan

Bertemu Menlu Cina, Delegasi Taliban Bahas Proses Perdamaian Dan Masalah Keamanan Di Afghanistan

Rabu, 28 Jul 2021 22:00

Ketua MUI Labura Wafat Dibunuh, MUI Percayakan kepada Aparat Hukum

Ketua MUI Labura Wafat Dibunuh, MUI Percayakan kepada Aparat Hukum

Rabu, 28 Jul 2021 21:47

Optimis Takwa dan Dakwah di Tengah Wabah

Optimis Takwa dan Dakwah di Tengah Wabah

Rabu, 28 Jul 2021 21:36

Kais Saied Pecat Lebih Banyak Pejabat Senior Tunisia Beberapa Hari Setelah Lakukan 'Kudeta'

Kais Saied Pecat Lebih Banyak Pejabat Senior Tunisia Beberapa Hari Setelah Lakukan 'Kudeta'

Rabu, 28 Jul 2021 21:19

Saudi Akan Larang Warganya Bepergian Ke Luar Negeri Selama 3 Tahun Jika Kunjungi Negara Terlarang

Saudi Akan Larang Warganya Bepergian Ke Luar Negeri Selama 3 Tahun Jika Kunjungi Negara Terlarang

Rabu, 28 Jul 2021 18:00

160 Akademisi Dari 21 Negara Desak Komisi Eropa Untuk Stop Danai Universitas Israel

160 Akademisi Dari 21 Negara Desak Komisi Eropa Untuk Stop Danai Universitas Israel

Rabu, 28 Jul 2021 17:17

Kemenag Akan Alihkan Bantuan Masjid ke Penanggulangan Covid-19

Kemenag Akan Alihkan Bantuan Masjid ke Penanggulangan Covid-19

Rabu, 28 Jul 2021 09:58

Benarkah Indonesia Merdeka?

Benarkah Indonesia Merdeka?

Rabu, 28 Jul 2021 08:31

Calon Jemaah Umrah Indonesia Wajib Karantina di Negara Ketiga, Bukhori: Cambuk bagi Pemerintah

Calon Jemaah Umrah Indonesia Wajib Karantina di Negara Ketiga, Bukhori: Cambuk bagi Pemerintah

Rabu, 28 Jul 2021 08:06

Risiko Ekonomi Saat Pelaksanaan PPKM Darurat

Risiko Ekonomi Saat Pelaksanaan PPKM Darurat

Rabu, 28 Jul 2021 07:19


MUI

Must Read!
X