Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
39.641 views

Voa-Islamic Parenting (22 ): Baarakallahu Laka; Kekuatan Cinta Dalam Do'a Untuk Pengantin Baru

Sahabat Voa-Islam yang Dimuliakan dan Memuliakan Allah....

Dalam asa setiap pasangan hidup manusia selalu mendamba akan langgengnya cinta sebuah mahligai yang berbau surgawi. Karena harapan dari setiap pengantin baru adalah bisa mengabadikan kebahagianya dari waktu ke waktu, sehingga senyum keberkahan dan tawa kemakrufan akan senantiasa menghiasi galeri keseharian dalam mengukir cinta dan asanya. Semunya demi mewujudkan tekad yang telah dibulatkan dalam akad suci pernikahan.

Dari sinilah, redaksi voa-islam.com bertekad untuk menghadirkan catatan lika-liku tentang pernikahan dari yang terkecil hingga sesuatu yang dianggap tabu.Semua ini sebagai rasa cinta kami terhadap pembaca setia voa-islam.com, agar mendapatkan ilmu yang barokah, sehingga kami berusaha untuk memberikan sajian Bimbingan Keluarga Sakinah (BKS) guna terwujudnya masyarakat Indonesia yang bertatakan syariah Islam, dengan pondasi keluarga sakinah,Insya Allah.

Baarakallahu Laka Wa Baarakallah Alaika!

Jadi manten! Itulah kalimat yang didambakan dari setiap manusia yang sudah siap untuk masuk dalam gerbang pernikahan. Tatkala seorang akhwat dan ikhwan bertekad untuk mengikat janji dalam tali suci pernikahan, dengan akad ijab kabul di depan wali serta disaksikan keluarga besar, Maka tabuk mahligaipun terbuka untuk menjalani kehidupan berdua.

Saat dekorasi pengantin terpampang dengan indahnya, lampu-lampu bersinar kemilau dan bunga-bunga menghiasi ruangan,kilatan kamera blitz tertuju dalam satu titik, dan dua mahkluk Allah itupun terseyum dengan cerahnya. Tamu-tamu hadir dengan membawa banyak kado serta do’a yang diperuntukan kepada kedua mempelai pengantin.

Kalimat “Mohon Do’a Restu” pun terlihat besar dan elok di arah paling depan, karena memang mempelai berdua sangat mengharapkan kehadiran para tamu untuk memberikan do’a serta menyaksikan pernikahanya dan berbahagia dalam walimahan yang memang disunahkan dalam syariat.

Sontak banyak kalimat pun keluar dari setiap tamu yang datang.“Selamat menempuh hidup baru!” Ada yang berkata, “selamat semoga bahagia selamanya”. Selain itu, juga ada yang berkata “semoga langgeng ya sampai anak cucu”. Demikian berbagai untaian kalimat do’a yang kini sering keluar di dalam acara walimahan.

Akan tetapi, sebenarnya bagaimana Rasululloh mengajarkan kepada para sahabat saat itu, dalam memberikan ucapan selamt bagi kaum muslimin yang sedang menjadi pengantin baru? Apakah kalimat di atas benar sudah sesuai sunah?

Ustadz Mohamad Fauzil Adhim dalam bukunya yang sangat berkualitas untuk dibaca bagi mereka yang hendak menikah, yang berjudul “Kupinang Engkau Dengan Hamdalah”, beliau membawakan satu riwayat di zaman Rasulluloh saat itu.

Sungguh Uqail Bin Thalib sempat gundah gulana, dimana tatkala dia memberlangsukan pernikahan kemudia para sahabat memberikan banyak ucapan dengan kalimat yang macam macam. Dan ketika mendengar kawannya berdo’a dengan kata “Bi rofail wal banin” (semoga bahagia dan banyak anak) kemudian dia berkata “janganlah kalian katakan demikian, karena sesunguhnya Rasulluloh telah melarang”.

Kemudian para sahabatnya bertanya “Lalu bagaimana? Apa yang harus diucapkan?” Maka Uqail pun menjawab “Ucapkanlah Baarokallahlaka wa baarokallah alaika wa jama’a bainakuma fii khair” yang artinya (semoga allah karuniakan barokah kepadamu dan semoga allah melimpahkan barokah atasmu dan semoga ia himpun kalian berdua dalam kebaikan”.

Hadist yang di riwayatkan oleh beberapa sahabat Nabi seperti Abu Hurairoh, Ibunda Aisyah dan Hasan ini sangatlah terkenal dalam kitab fiqih, karena minimal ada beberapa ulama hadist yang mengabadikan hadist tersebut diantaranya, Imam Bukhari, Imam Abu Dawud dan Imam Nasa’i.

Sehingga tidak perlu diragukan lagi, bahwa ucapan untuk mempelai berdua sang pengantin baru adalah ucapan yang diajarkan oleh Rasulluloh, bukan yang lainnya yang justru akan terjebak dalam tasabuh ucapan kaum kafir.

Maka ucapkanlah “بَارَكَ اللهُ لَكَ وَبَارَكَ عَلَيْكَ وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِيْ خَيْرٍ.” (semoga allah karuniakan barokah kepadamu dan semoga allah melimpahkan barokah atasmu dan semoga ia himpun kalian berdua dalam kebaikan”)

Rahasia di Balik Do’a untuk Pengantin Baru

Bohong bila kiranya do’a yang kita ucapkan itu tidak bermakna. Ketauhilah setiap do’a yang di ajarkan oleh Rasululloh itu mempunyai hikmah dan kekuatan yang luar biasa. Apalagi do’a itu di ucapkan oleh para ulama atau orang orang sholeh yang mendo’akan kita serta manusia-manusia yang mudah dikabulkan do’anya. Subhanallah betapa bahagia hati kita, karena ada pengharapan untuk dikabulkan dengan banyaknya do’a.

Do’a yang diajarkan oleh Rasulluoh itu mempunyai susunan kalimat yang luar biasa. Di mana dalam do’a itu disebutkan kalimat Laka dan Alaika. Dua kata ini memang bila diartikan secara Indonesia mempunyai kata dan arti yang sama. Akan tetapi, dalam kode etikmakna bahasa Arabmenyimpan makna yang dalam sekali.

Kalimat “Baarokallah Laka” memberikan siratan bahwa barokah yang kita harapkan ada pada hal yang kita sukai, sesuatu yang membuat kita bahagia dan apapun yang bisa kita rasakan kemudahanya. Seperti rizki yang lancar, badan yang selalu sehat, anak yang normal serta kehidupan yang aman dan nyama, serta kebaikan-kebaikan yang lainnya. Ini arti penting “Laka” setelah kalimat “Barokah” dalam do’a pertama.

Adapun kalimat “Baarokallah Alaika” mempunyai tafsir yang berbeda dengan kalimat sebelumnya. Dimana “Alaika” memberikan arti kepada sesuatu yang identik kepada yang tidak disukai. Dalam arti kata semoga Alloh memberikan keberkahan kepadamu kepada segala hal meski hal itu terasa pahit dan tak engkau sukai.

Kalimat “Barokallah Alaika” memberikan pengharapan kepada setiap pengantin agar tetap mendapatkan keberkahan dalam setiap lini kehidupanya, meskipun saat itu dia sedang dilanda kesusahan, kesempitan,sakit dan sebagainya. Yang mencerminkan sesuatu yang berat dalam kehidupan, akan tetapi meskipun pahit dirasa, mereka tetap bisa menjalani dengan kesabaran dan keimanan sehingga keberkahan ada padanya.

Sebagaimana di dalam surat Al Baqoroh ayat ke 286, dimana untuk menunjukan antara amalan yang baik dan amalan yang nista, di dalam ayat tersebut cukup juga menggunakan “Laha makabat Wa Alaiha maktasabat” yaitu dengan isyarat Laha dan Alaiha, hal ini mirip dengan kata Lakadan Alaika dalam do’a untuk pengantin baru.

Dan setiap para pengantin baru berharap dari setiap kondisi yang menghampirinya baik keadaan senang, gembira atau kesulitan serta derita yang ada, semua terkumpul dalam kebaikan semata, yaitu teranugrahkan keimanan yang selalu menghujam dalam diri dan keluarga, kesabaran yang lekat dalam setiap ujian, juga syukur yang tiada henti dari nikmat yang selalu di berikan.

Kesuksesan keluarga terletak dalam barokah kehidupanya, hati-hati dalam melangkah sehingga terbebas dan terselamatkan dari setiap yang haram dan subhat. Keberhasilan mahligai rumah tangga manakala berhasil menjaga ketaqwaan diri untuk senantiasa berfastabiqul khoirot dalam asa dan waktu.

Dengan bermodalkan iman dan kesabaran, maka barokah itu akan hadir dan menghampiri dari setiap keluarga kita. Maka keberkahan itulah yang akan selalu dinanti setiap pasangan pengantin baru.

Keberkahan adalah anugrah dari Allah, yang akan diturunkan kepada mereka yang dirahmati Allah. Maka jadikan keluarga kita untuk selalu berjalan dalam syariah yang telah di gariskan, sehingga keluarga akan merasakan ada kekuatan yang didasari oleh cinta menuju cinta sejati, yaitu ketaatn kita kepada Allah, sehingga Allah menurunkan nikmat itu pada kita.

[Protonema/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Muslimah lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X