Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.098 views

Khadijah Sang Penginspirasi Sejati

Oleh: Ashaima Va (Pegiat Revowriter Bogor)

Bulan April, bulannya perempuan. Di bulan inilah pahlawan wanita Indonesia, Raden Ajeng Kartini dilahirkan. Pemikirannya yang tak biasa pada zamannya, membuat ide-idenya dikagumi di masa kini.

Ketertinggalan kaum perempuan kala itumenjadi keprihatinannya. Perempuan tak beroleh hak-hak yang semestinya. Terbelakang tanpa pendidikan, dipinggirkan tanpa boleh didengar. Maka kartini adalah simbol perjuangan perempuan. Tujuannya hanya satu perbaikan kondisi perempuan agar sama majunya dengan kaum laki-laki.

Sayangnya perjuangan Kartini terhadap perempuan kini dibajak. Perjuangannya diartikan sebagai perjuangan emansipasi yang sarat kebebasan. Betapa tidak, emansipasi lahir dari ideologi barat yang menjunjung tinggi kebebasan. Perjuangan Kartini yang semula untuk membela hak-hak pendidikan bagi kaum perempuan, kini dimaknai dengan melampaui batas.

Menurut ide emansipasi untuk menjadi perempuan modern dan maju, maka kaum wanita mesti didorong untuk memiliki kebebasan mengekspresikan dirinya. Jangan mau berada di bawah bayang-bayang pria dalam hal pencapaian karir dan finansial.

Bagi mereka, wanita modern adalah wanita yang tampil cantik terbuka. Tak masalah aurat diumbar, toh itu bagian dari kebebasan berekspresi.

Wanita modern juga adalah wanita yang memiliki kemandirian finansial. Tak bergantung pada laki-laki dalam hal nafkah adalah prestasi. Maka tak payah kepemimpinan rumah tangga diberikan pada kaum laki-laki. Kaum perempuan pun bisa melebihi laki-laki.

Superioritas perempuan adalah perwujudan gender yang setara. Selalu dan selalu hubungan perempuan dan laki-laki dipandang sebagai hubungan rivalitas. Saat perempuan unggul itulah pengakuan gender yang sejati.

Emansipasi dengan ide kesetaraannya, faktanya menengkari syari'at. Bagi mereka jilbab adalah simbol yang membelenggu kebebasan. Ketaatan istri pada suami dianggap kebodohan. Perempuan yang terperangkap dalam dapur, sumur, kasur adalah korban budaya patriarki.

Menolak taat, dengan jubah emansipasi mereka menolak taat. Lebih memilih berkiblat pada kemajuan semu perempuan barat. Perempuan yang katanya modern tapi faktanya hanya jadi komoditas seksual. Perempuan yang katanya maju tapi faktanya mereka kesepian karena mengabaikan kodratnya sebagai ibu.

Sebagai muslimah jangan mau terjebak pada jargon kebebasan mereka. Tak perlu emansipasi untuk memposisikan  wanita pada kedudukan mulia. Cukuplah kembali pada diinul Islam yang mulia. Role model wanita maju bukanlah wanita barat. Bercerminlah pada perempuan di sekitar Rasulullah. Cukup teladani Ummul Mu'minin Khadijah, maka derajatmu sebagai wanita akan naik. Khadijah adalah penginspirasi sejati.

Khadijah binti Khuwailid bin Asad al-Quraisyiyah al-Asadiyah, adalah seorang wanita mulia dan cerdas. Silsilah keluarganya berasal dari pemuka masyarakat yang terhormat.  Khadijah adalah contoh wanita yang mandiri secara finansial. Saudagar kaya dengan harta melimpah.

Dengan segala kelebihannya beliau menundukkan ketaatannya pada suami tercinta.  Khadijahlah perempuan yang pertama meyakini kerasulan Muhammad. Saat sang suami tiba dengan berpeluh dan ketakutan pada awal menerima wahyu, dia menghibur dan meneguhkan kabar kerasulan yang suaminya terima.

Hartanya dan segala kelebihannya tak pernah membuatnya merasa superior. Tak pernah sekalipun mengangkat suara pada suaminya. Saat Rasulullah dan kaum muslimin diboykot, Khadijah rela mendampingi. Sang wanita bangsawan pun lebih memilih menderita kelaparan. Diasingkan. Dihinakan.

Maka tak terperi kesedihan sang Nabi saat Khadijah akhirnya pergi selang beberapa bulan setelah pemboykotan usai. Sepuluh tahun mendampingi masa kenabian Rasulullah. Bukan kesenangan yang tampak di hadapan, tapi tak selangkah pun Khadijah beranjak dari sisi Rasulullah.

Khadijah memiliki kedudukan mulia di hati sang Nabi. Perempuan yang Allah hadirkan untuk menemani perjuangan dakwah yang tak mudah.

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: « مَا أَبْدَلَنِي اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ خَيْرًا مِنْهَا قَدْ آمَنَتْ بِي إِذْ كَفَرَ بِي النَّاسُ وَصَدَّقَتْنِي إِذْ كَذَّبَنِي النَّاسُ وَوَاسَتْنِي بِمَالِهَا إِذْ حَرَمَنِي النَّاسُ وَرَزَقَنِي اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ وَلَدَهَا إِذْ حَرَمَنِي أَوْلَادَ النِّسَاءِ » [أخرجه أحمد]

 

“Allah belum pernah menggantikan yang lebih baik darinya. Dirinya telah beriman padaku tatkala manusia mengingkariku, dia mempercayaiku ketika orang lain mendustakanku, dirinya telah mengorbankan seluruh hartanya manakala orang lain mencegahnya dariku, dan dengannya Allah memberiku rizki anak tatkala hal itu tidak diberikan pada istri-istriku yang lainnya.“ (HR Ahmad 41/356 no: 24864)

Bukan perempuan di barat sana yang sepatutnya kita kagumi. Bukan pula emansipasi yang kerap mengabaikan syari'at. Bunda Khadijah adalah contoh perempuan dengan segala kelebihan tapi tetap taat syari'at. Mandiri secara finansial tapi meletakkan kepemimpinan hanya pada suami tercinta.

Perjuangan emansipasi dan kesetaraan gender selamanya bagaikan mencari jejak di air. Pekerjaan yang sia-sia. Perjuangan yang menempatkan perempuan sebagai subyek kemaksiatan. Yang justru akan merendahkan derajat perempuan. Hina di dunia, merana di akhirat. Wallahua'lam bishshowab. [syahid/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Muslimah lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X