Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.691 views

Inilah 8 Langkah Menghindarkan Batita dan Balita dari Bahaya

Oleh: Surya Dewi* 

Berita tentang lalainya ibu dalam menjaga anak muncul di beranda media sosial. Seorang batita yang ditinggal mencuci piring meninggal dunia karena tersengat colokan listrik (kumpulberita.site/08/06/2018). Setali tiga uang, anak kakak dari seorang teman juga meninggal dunia. Anak malang itu terapung di kolam penampungan air belakang rumahnya 2 tahun lalu pada usia 3 tahun.

Kaget, sedih, tidak percaya, menyesal, merasa bersalah bahkan marah pada diri sendiri adalah perasaan yang pasti dirasa semua ibu. Dalam hal ini, tak hanya kelalaian ibu dalam mengasuh anak yang menjadi masalah. Di usia dini, rasa ingin tahu anak yang besar membuatnya butuh perhatian lebih. Anak yang sudah mulai merangkak sampai usia prasekolah butuh perhatian dan pengawasan ekstra. Disini ibu dituntut untuk selalu waspada dan berhati- hati ketika beraktifitas bersama buah hatinya, karena anak pada usia itu masih belum memiliki ketajaman berpikir. Mereka masih sulit membedakan apakah ini berbahaya, aman, baik atau buruk.

Sayangnya, di negeri ini untuk menjadi ibu kita dilepas begitu saja tanpa bekal yang memadai. Kaum ibu hanya mampu mencari ilmu dari masyarakat, media sosial, teman dan pengalaman. Semoga saja sedikit tips di bawah ini bisa membantu para ibu agar tidak mengalami kejadian yang sama dengan kisah tragis di atas. Setidaknya ada beberapa hal yang bisa dilakukan ibu agar ia tidak lalai dalam menjalankan kewajibannya sebagai pengasuh anak.

Pertama, jangan terlena dengan gawai. Gunakanlah untuk hal- hal yang bermanfaat seperti  mencari ilmu untuk menjadi ibu terbaik bagi anak -anak kita. Mencari cara mendidik anak agar menjadi generasi cinta Alquran. Ajak anak dalam kegiatan ini pula agar anak menjadi cinta pada pengetahuan misalnya sekadar melihat video pendidikan.

Kedua, saat beraktivitas dengan anak, jangan meninggalkan anak tanpa pengawasan sama sekali. Artinya jika kita tidak berada dekat sekali dengannya pastikan bisa melihat apa yang dilakukan si kecil. Atau bisa juga meminta bantuan pada orang lain untuk menjaganya sementara waktu.

Ketiga, jauhkan anak dari hal-hal yang berbahaya seperti listrik, api, air panas, kolam, tebing, benda- benda tajam.

Keempat, bekali mereka dengan iman dan takwa serta doa terbaik dari kita. Saat bersama dengan anak inilah kita tanamkan pada mereka mana yang boleh dan mana yang tidak boleh, mana yang berbahaya dan aman.

Kelima, ajari mereka untuk percaya bahwa kita adalah ibu yang terbaik untuk mereka. Anak harus yakin bahwa mereka aman bersama kita. Sehingga anak akan berusaha mengatakan pada kita saat anak berada dalam bahaya.

Keenam, percayalah tidak akan ada yang terjadi di dunia ini tanpa seizin Allah SWT. Apabila kita sudah berusaha sebaik mungkin menjaga anak kita tapi masih saja anak terbentur atau tersandung dan lainnya adalah hal yang wajar. Percaya dan yakin bahwa Allah tidak akan menguji kita melebihi kemampuan kita.

Ketujuh, ambil hikmah dari apa yang sudah terjadi dan jangan biarkan terulang lagi. Setiap apa yang terjadi harus menjadi pelajaran yang penting bagi kita untuk menjadi ibu terbaik. Jangan patah semangat dan terlalu menyalahkan diri sendiri saat telah terjadi kelalaian.

Terakhir, berdoalah pada Allah agar Dia memudahkan kita menjadi ibu terbaik yang mampu mencetak generasi gemilang. Generasi yang akan memuliakan Islam dengan segenap kemampuan optimal yang ia miliki. Insya Allah. (rf/voa-islam.com)

*Penulis adalah Pemerhati Anak Kota Batu

Ilustrasi: Google

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Muslimah lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X