Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
6.783 views

Doa Tertolak Tersebab Harta dan Makanan Haram

 

Oleh:

Dini Prananingrum

Pembina Pengajian Keluarga Sakinah Yogyakarta

 

"Apa saja nikmat yang kamu peroleh adalah dari Allah, dan apa saja bencana yang menimpamu, maka dari (kesalahan) dirimu sendiri." (QS An-Nisa' 79)

Seringkah kita merenungi maksud ayat tersebut? Bahwa segala nikmat itu datangnya dari Allah, sementara bencana yang menimpa kita, itu tersebab dari kesalahan kita sendiri. 

Termasuk tertolaknya doa-doa kita, tak harmomisnya rumah tangga kita atau kesempitan hidup yang terus menghimpit dll? 

Banyak orang tak menyadari bahwa makanan dan harta haram memiliki hubungan dengan terkabulnya doa seseorang di hadapan Allah SWT. Atau penyebab kehinaan hidup di dunia. Bahkan para ulama, generasi awal, sangat bersungguh-sungguh mencegah agar tidak mengkonsumusi makanan haram dan menggunakan harta haram. Itu semua disebabkan karena hal-hal yang diharamkan, kalau sampai ”tertelan” dapat menyebabkan timbulnya dampak yang amat buruk terhadap pelakunya.

Sa’ad bin Abi Waqash bertanya kepada Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam (SAW), ”Ya Rasulullah, doakan saya kepada Allah agar doa saya terkabul.” Rasulullah menjawab, ”Wahai Sa’ad, perbaikilah makananmu, maka doamu akan terkabulkan.” (HR At Thabrani).

Banyak yang tak memperhatikan bahwa jika ada sedikit saja makanan dan harta haram yang kita makan akan mampu mencampakkan pelakunya ke neraka. Naudzubillah.

Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam (SAW) bersabda,”Tidaklah tumbuh daging dari makanan haram, kecuali neraka lebih utama untuknya.” (HR At Tirmidzi).

Ada juga yang beranggapan ketika bersedekah sebanyak-banyaknya, infaq membantu anak yatim, dhuafa, maupun faqir miskin akan menghantarkan mereka masuk ke SurgaNya, padahal harta sedekahnya bercampur dengan harta yang haram, seperti mendapatkannya dengan korupsi, mencuri, menipu, riba, dll.

Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam (SAW) bersabda, ”Barang siapa mengumpulkan harta haram, kemudian menyedekahkannya, maka tidak ada pahala baginya dan dosanya untuknya.” (HR Ibnu Huzaimah).

Rasulullah pun menegaskan bahwa amalan kita tidak akan diterima selama 40 hari jika ada makanan haram maupun suapan makanan yang bersumber dari harta haram. 

Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam (SAW) bersabda, "Ketahuilah, bahwa suapan haram jika masuk dalam perut salah satu dari kalian, maka amalannya tidak diterima selama 40 hari.” (HR At Thabrani).

Bahkan haji menggunakan harta haram pun akan tertolak. 

Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam (SAW) bersabda,”Jika seorang keluar untuk melakukan haji dengan nafaqah haram, kemudian ia mengendarai tunggangan dan mengatakan,”Labbaik, Allahumma labbaik!” Maka, yang berada di langit menyeru,” Tidak labbaik dan kau tidak memperoleh kebahagiaan! Bekalmu haram, kendaraanmu haram dan hajimu mendatangan dosa dan tidak diterima. (HR At Thabrani).

Maka, sedikit dari yang halal itu lebih membawa berkah di dalamnya. Sedangkan yang haram, walaupun jumlahnya banyak hanya cepat hilang dan Allah akan menghancurkannya cepat atau lambat. 

Lalu bagaimana tipsnya agar terbebas dari yang haram: 

1. Bangun pondasi keimanan yang benar dan kokoh. Hingga tak mudah tergoda dengan yang haram, syubhat maupun makhruh.

2. Pahami makna ibadah yang sebenarnya.

Manusia, alam semesta dan kehidupan ini tidak terwujud dengan sendirinya. Ada Allah SWT yang menciptakan. Manusia hadir di bumi Allah tak lain untuk beribadah kepadaNya. Dimana makna ibadah adalah taat kepada Allah dengan melaksanakan segala perintah-Nya dan menjauhi semua larangan-Nya dalam setiap ruas kehidupan. Yang artinya, segala aktivitas kita mulai bangun tidur hingga tidur kembali selalu terikat pada Syariat-Nya. Karena sebuah kaidah ushul fiqh menyatakan "al ashlu fi af'alil ibad taqayyud bi ahkamisy syar'iy (hukum asal perbuatan hamba terikat dengan hukum syara)" artinya wajib kita mengetahui hukum sebelum beramal. 

Termasuk mengetahui hukum mengambil riba/bunga bank termasuk halal kah atau haram? Mengkonsumsi makanan yang mengandung rum, ang cui itu halal atau haram kah? Kosmetik yang mengandung alkohol, mercury, paraben dan bahan yang tidak tayyib lainnya diperbolehkan dipakai atau tidak? 

Dengan memahami makna ibadah yang benar, maka kita akan berusaha mencari hukumnya dan mendalami faktanya terlebih dahulu sebelum beramal. Ini akan menjaga kita agar terselamatkan dari yang haram. 

3. Meninggalkan segala kebiasaan yang buruk, baik itu perkara haram maupun syubhat.

Termasuk berhutang riba, asuransi maupun kulineran yang belum jelas halal haramnya. Berdasarkan website http://www.halalmui.org/ berikut ini adalah daftar restoran yang belum bersertifikat halal MUI per Desember 2018 : 

• J-Co Donuts

• Bread Talk Roti

• Roti Boy

• Papa Rons Pizz

• Izzi Pizza

• Baskin ‘n Robbins

• Richeese Keju

• Coffee Bean

• Dapur Coklat

• Starbucks Coffee

• Hanamasa

• Rice Bowl

• Ded Bean

• Burger King

Semuanya (14 produk tersebut) BELUM BER-SERTIFIKAT HALAL sehingga MUI tidak menjamin. 

Namun, tidak otomatis semua produk tersebut pasti haram melainkan syubhat. Dan semua yang syubhat lebih baik ditinggalkan. “Sesungguhnya yang halal itu jelas, sebagaimana yang haram pun jelas. Diantara keduanya terdapat perkara syubhat yang masih samar, yang tidak diketahui oleh kebanyakan orang. Barangsiapa yang menghindarkan diri dari perkara syubhat, maka ia telah menyelamatkan agama dan kehormatannya. Barangsiapa yang terjerumus ke dalam perkara syubhat, maka ia bisa terjatuh pada perkara haram". (HR Bukhari Muslim).

4. Mempelajari Islam secara kaffah, baik yang terkait aqidah, akhlaq, adab, syariat termasuk muamalah. Sehingga terhindar dari muamalah yang berbalut riba dan akad bathil. 

"Barangsiapa yang berdagang namun belum memahami ilmu agama, maka dia pasti akan terjerumus dalam riba, kemudian dia akan terjerumus ke dalamnya dan terus menerus terjerumus." (Ali bin Abi Thalib, ra).

5. Senantiasa bertawakal dan mengingat mati. 

Dan barangsiapa bertawakal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan (yang dikehendakiNya). Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu." (QS ath-Thalaq : 3).

Juga dengan mengingat kematian menjadikan seseorang semakin mempersiapkan diri untuk berjumpa dengan Allah. Karena barangsiapa mengetahui bahwa ia kelak akan menjadi mayit, pasti akan berjumpa dengan Allah dan akan dimintai pertanggungjawaban tentang amalnya didunia. Maka ia pasti akan mempersiapkan jawaban dengan melakukan amalan terbaik selama hidupnya. Hingga tak sempat terbesit sedikitpun untuk mengambil yang haram. 

"Hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi…” (QS Al-Baqarah : 168).

"Dan Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba.” (QS Al-Baqarah: 275).

Setelah mengetahui bahwa yang dihalalkan Allah SWT adalah semua yang baik dan yang diharamkan semuanya pasti buruk bahkan menghalangi terkabulnya doa, lantas apalagi yang menjadi halangan untuk menghindari yang haram dan hanya mengambil yang halal saja?Wallahu a'lam bishawab.*

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Muslimah lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Jamaah masjid, siswa sekolah dan warga pelosok Garut ini kesulitan air untuk ibadah, bersuci, wudhu, memasak, minum, mandi, dan mencuci. Ayo Wakaf Sumur, Pahala Mengalir Tak Terbatas Umur.!!!...

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Syafani Azzahra, bocah yatim sejak usia tujuh tahun ini bercita-cita ingin menjadi dokter penghafal Al-Qur'an. Setamat SD ia ingin melanjutkan sekolah ke pesantren, tapi terkendala biaya. Ayo...

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Di tengah pandemi Covid-19, permintaan layanan ambulans untuk pasien dan jenazah terus meningkat. Mobil baru IDC akan disulap jadi ambulans, butuh dana 39 juta rupiah untuk biaya modifikasi....

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Menggabung keutamaan Jum’at dan Cinta Yatim, IDC akan berbagi ke Pesantren Tahfizhul Qur’an Darul Hijrah Cikarang. ...

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Terlahir dengan fisik tak sempurna, Ustadz Rohmat diuji istri dan kedua orang tuanya murtad jadi korban kristenisasi. Kini ia gigih berdakwah di pelosok Lembah Ciranca Garut....

Latest News
Kepala HAM PBB Sebut Pengungsi Rohingya Tidak Aman Kembali Ke Myanmar

Kepala HAM PBB Sebut Pengungsi Rohingya Tidak Aman Kembali Ke Myanmar

Kamis, 18 Aug 2022 19:26

Sedikitnya 21 Orang Tewas Dalam Serangan Bom Bunuh Diri Di Sebuah Masjid Di Kabul Afghanistan

Sedikitnya 21 Orang Tewas Dalam Serangan Bom Bunuh Diri Di Sebuah Masjid Di Kabul Afghanistan

Kamis, 18 Aug 2022 18:57

Bersihkan Dulu Tubuh Polri, Baru Bicara Isu Radikalisme di Dunia Pendidikan

Bersihkan Dulu Tubuh Polri, Baru Bicara Isu Radikalisme di Dunia Pendidikan

Kamis, 18 Aug 2022 15:03

Apa itu Puasa Mutlak dan Bagaimana Niatnya?

Apa itu Puasa Mutlak dan Bagaimana Niatnya?

Kamis, 18 Aug 2022 14:03

Anis: Pemerintah Harus Fokus Benahi Inflasi dan Kesejahteraan Rakyat

Anis: Pemerintah Harus Fokus Benahi Inflasi dan Kesejahteraan Rakyat

Rabu, 17 Aug 2022 20:47

Mengawal Generasi Muslim

Mengawal Generasi Muslim

Rabu, 17 Aug 2022 20:39

Pelajar SMP Luqman al Hakim Surabaya Tulis Surat Perdamaian untuk Kepala Negara di Dunia

Pelajar SMP Luqman al Hakim Surabaya Tulis Surat Perdamaian untuk Kepala Negara di Dunia

Rabu, 17 Aug 2022 20:31

Tanggapi Pidato Jokowi, Fahira Idris: Masih Banyak UMKM Jalan di Tempat

Tanggapi Pidato Jokowi, Fahira Idris: Masih Banyak UMKM Jalan di Tempat

Rabu, 17 Aug 2022 20:25

Oposisi Afghanistan 'Sangat Lemah' Meskipun Kemarahan Meningkat Terhadap Taliban

Oposisi Afghanistan 'Sangat Lemah' Meskipun Kemarahan Meningkat Terhadap Taliban

Rabu, 17 Aug 2022 13:30

Bukan Hanya Ulama, Wartawan Juga Membawa Misi Kenabian

Bukan Hanya Ulama, Wartawan Juga Membawa Misi Kenabian

Selasa, 16 Aug 2022 21:18

Hamas Bantah Lakukan Negosiasi Dengan Arab Saudi Terkait Tahanan Palestina Di Penjara Saudi

Hamas Bantah Lakukan Negosiasi Dengan Arab Saudi Terkait Tahanan Palestina Di Penjara Saudi

Selasa, 16 Aug 2022 21:15

Afiliasi Al-Qaidah Tewaskan 4 Tentara Bayaran Rusia Di Mali

Afiliasi Al-Qaidah Tewaskan 4 Tentara Bayaran Rusia Di Mali

Selasa, 16 Aug 2022 20:30

Inflasi Menggila, Politisi PKS Ingatkan Pemerintah untuk Berhati-hati Kendalikan BBM

Inflasi Menggila, Politisi PKS Ingatkan Pemerintah untuk Berhati-hati Kendalikan BBM

Selasa, 16 Aug 2022 20:19

Partai Gelora Sesalkan Ekonomi Indonesia Kalah dari Malaysia, Vietnam dan Filipina

Partai Gelora Sesalkan Ekonomi Indonesia Kalah dari Malaysia, Vietnam dan Filipina

Selasa, 16 Aug 2022 19:49

Kamuflase Investasi dengan Utang, Produktifkah?

Kamuflase Investasi dengan Utang, Produktifkah?

Selasa, 16 Aug 2022 10:42

Privilege Pendidikan = Harus Kaya?

Privilege Pendidikan = Harus Kaya?

Selasa, 16 Aug 2022 10:29

Israel Tolak Permohonan Pembebasan Tahanan Palestina Pelaku Mogok Makan Khalil Awawdeh

Israel Tolak Permohonan Pembebasan Tahanan Palestina Pelaku Mogok Makan Khalil Awawdeh

Selasa, 16 Aug 2022 09:00


MUI

Must Read!
X