Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.082 views

Muslimah Support Muslimah

 

Oleh: Aily Natasya

Siapa, nih, yang suka banget komentarin dosa orang lain di sosial media? Ya, nggak cuman di sosial media, sih, di dunia nyata juga. Ya, orang-orang macam ini, tuh, selalu ada. Kayak apa, ya, dorongan dari mencari-cari kejelekan atau kekurangan orang dan mengolok-oloknya itu banyak banget. Bisa karena iri (ini paling sering), bisa karena nggak suka aja sama kekurangannya, bangga dengan dirinya sendiri, bahkan bisa juga hanya sekedar ingin mengingatkan. Iya, niatnya memang baik, mengingatkan, tapi berakhir menyakiti. Kok bisa? Bisa, dong, orang nyampaiinnya pakai nada julid.

Banyak banget muslimah yang dapat hinaan dari muslimah lainnya. Contoh kasus seperti jika si muslimah ini upload foto di sosial media, yang mana emang cantik banget muslimahnya. Datanglah para muslimah-muslimah lainnya mengetik di kolom komentar postingannya dengan tanggapan yang bermacam-macam. Ada yang sah-sah aja, dengan komentar, “Maasyaa Allah, cantik banget”. Ada yang julid berkedok mengingatkan, “Ih, emang boleh, ya, ngumbar-ngumbar foto gitu? Berhijab, tapi kalau suka cari perhatian di sosmed gini, kan, sama aja”. Dan yang emang niatnya ngingetin, tapi bahasanya agak... “Jangan suka upload foto gitu, kak. Kan udah berhijab, ada baiknya tidak meng-upload foto seperti ini, apalagi kakaknya cantik gini, kan, kita berkerudung agar tidak menarik perhatian pria”.

Gimana? Ada yang salah atau banyak yang salah, nih? Haha, ya, kelihatannya kayak baik-baik saja, ya? Ya, itu yang dipilih emang yang bahasanya masih lumayanlah. Soalnya yang parah banyak banget, sih. Udah gitu yang komentar jelek itu kebanyakan muslimah. Nggak muslimah support muslimah sama sekali, nggak, sih?

Okey, jadi gini. Mengingatkan itu baik. Pastinya. Karena bagaimana pun, kita memang disuruh gitu, kan, sama agama kita. Tapi, asal kalian tahu, komentar-komentar sejenis itu sangat bisa berdampak bagi si muslimah yang sedang berproses untuk menjadi lebih baik, loh. Namanya juga sedang berproses, masing-masing orang itu prosesnya beda-beda. Ada yang cepat ada juga yang lambat. Tapi nggak masalah, mau cepat mau lambat, yang penting itu tetap mau berproses. Karena banyak loh, orang yang enggan memulai proses tersebut, dan salah satu alasannya adalah ‘takut belum bisa istiqomah, takut melakukan kesalahan yang bisa menodai nama baik islam, takut kalau salah dikit jadi banyak dihujat’.

Makanya banyak banget wanita yang menunda berhijab demi menunggu imannya sempurna. Padahal, iman sempurna itu tidak ada bagi manusia biasa macam kita. Mau nunggu sampai kapan pun nggak bakal sempurna. Jadi, mulai aja dulu, dengan berhijab mungkin. Atau berbuat baik dulu, rutin sedekah, dan lain-lain.

“Dan tetaplah memberi peringatan, karena sesungguhnya peringatan itu bermanfaat bagi orang-orang yang beriman.” (QS. Adz-Dzariyaat: 55).

Dalam kitab Madarij As-Salikin, Ibnu Qayyim rahimahullah berkata:

“Celaan Anda atas saudaramu karena dosanya adalah perbuatan yang dosanya lebih besar daripada dosa yang ia lakukan. Bahkan, tingkat kemaksiatannya lebih parah. Karena hal itu menunjukkan bahwa Anda merasa bangga atas ketaatan Anda dan Anda memuji diri Anda untuk itu, dan merasa suci dari dosa-dosa. Sedangkan saudaramu telah melakukan dosa. Maka bisa saja, hancurnya hari (karena dosa-dosanya) dan apa yang terjadi pada dirinya, dapat menimbulkan sikap rendah diri, memandang dirinya dalam kehinaan, membebaskan dirinya dari sifat merasa lebih baik, kesombongan, dan rasa ‘ujub. Dia berdiri di hadapan Allah sembari menundukkan kepala (sebagai bentuk penghambaan dan kehinaan) dengan hati yang remuk (tanda penyesalan). Tertawanya Anda sambil mengakui kekurangan diri adalah lebih baik daripada Anda menangis dalam keadaan sombong. Rintihan para pendosa lebih disukai oleh Allah daripada tasbih orang-orang yang sombong.”

Intinya, jangan sampai kita meremehkan kebaikan kecil yang sedang diusahakan orang lain, ya. Karena kita pun sama dengan mereka, sama-sama berproses. Wallahua’lam. (rf/voa-islam.com)

 

 

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Muslimah lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X