Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.701 views

MIUMI Aceh: Menghina Nabi Merupakan Sifat dan Kebiasaan Orang Munafik

Rilis pers

Tanggapan Terhadap Penghinaan Gus Muwafik terhadap Nabi Saw

Bismillahirrahmanirrahim.

Sehubungan dengan pernyataan Gus Muwafik yang merendahkan Nabi Saw (seperti Nabi Saw lahir biasa-biasa saja, tidak bersinar, tidak ada keistimewaan; semasa kecil rembesan; tidak terurus oleh kakeknya; bertahi mata karena sakit; kesenangannya bermain kesana-kemari sehingga tidak baca tulis; jika saat itu ada jambu maka beliau akan mencuri jambu itu dan sebagainya) dalam sebuah ceramahnya di acara peringatan maulid baru-baru ini yang videonya viral di medsos sehingga menimbulkan kemarahan dan kecaman dari umat Islam seluruh Indonesia dan membuat kegaduhan bangsa Indonesia, maka saya sebagai seorang muslim memberi tanggapan sebagai berikut:

Pertama: Mengecam pernyataan Gus muwafik dalam ceramahnya yang telah menghina Nabi Saw. Ceramahnya ini telah merendahkan kepribadian dan kemuliaan Nabi Saw. Ini jelas penghinaan terhadap Nabi saw. Terlebih lagi dilakukan dengan dengan berulang, sadar, sengaja dan dihadapan publik. Ini sudah memenuhi unsur penodaan agama.

Kedua: Pernyataan Muwafik telah membuat kemarahan umat Islam dan kegaduhan bangsa. Pernyataannya ini telah menyakiti hati umat Islam di Indonesia bahkan dunia, karena telah melecehkan Nabi Saw. Perbuatannya ini berpotensi memecah belah bangsa dan merusak persatuan dan kesatuan negara NKRI. Ini termasuk perbuatan radikal.

Ketiga: Muwafik meragukan riwayat tentang keistimewaan Nabi pada masa kecil. Padahal Nabi Saw sejak kecil sudah memiliki keistimewaan yang tidak dimiliki oleh anak kecil lainnya. Beliau orang yang tampan, bersih, rapi, wangi dan berakhlak mulia. Bahkan ketika masih disusui oleh Halimatus Sa'diah, beliau tidak mau meminum susu sebelah kiri jatah anak Halimah. Beliau hanya mau minum susu jatahnya sebelah kanan. Dalam istilah syariat, keistimewaan ini disebut irhas.

Keempat: Permintaan maaf dan penjelasan klarifikasi dari Muwafiq -setelah ramainya orang yang mengecamnya- tidak mengandung pengakuan bersalah dan menarik ucapannya serta bertaubat dari kesalahannya. Dengan tanpa rasa malu dan berdosa, dia melakukan pembelaan dan pembenaran terhadap kesalahan yang dilakukannya. Bahkan, dia juga membiarkan pengikutnya membela dirinya dengan hawa nafsu dan fanatik.

Kelima: Sangat menyayangkan adanya sebagian umat Islam yang masih memberikan pembelaan terhadap Muwafik si penghina Nabi. Seharusnya, orang yang beriman itu mencintai dan membela Nabi saw. Ini ciri orang beriman. Sikap para pembela Muwafik ini telah bertentangan dengan iman dan Islam. Para ulama sepakat (ijma') bahwa meridhai kemungkaran sama hukumnya melakukan kemungkaran itu. Apalagi membelanya. Maka membela penghina Nabi Saw sama hukumnya dengan menghina Nabi saw.

Keenam: Perkataan seperti yang disampaikan oleh Muwafik dalam ceramahnya itu tidak mungkin keluar dari mulut seorang yang beriman. Apalagi dari mulut orang yang dianggap kyai atau ustaz. Jelas, dia bukan seorang kyai atau ustaz. Perkataaan ini hanya keluar dari mulut orang-orang kafir dan munafik sebagaimana Allah Swt jelaskan dalam Alquran (QS. At-Taubah: 64-66).

Ketujuh: Orang yang beriman pasti mencintai dan memuliakan Nabi saw. Bukan sebaliknya membenci dan melecehkan Nabi saw. Menghina Nabi bertentangan dengan iman. Iman kepada Nabi saw berarti mencintai Nabi saw melebih cinta kepada seluruh manusia termasuk orang tuanya, memuliakannya dan membela Nabi saw dan ajarannya. Ini ciri dan bukti orang yang beriman.

Kedelapan: Mendukung pelaporan kasus ini oleh pihak FPI kepada kepolisian untuk diproses secara hukum atas penodaan agama Islam. Langkah hukum Ini sudah benar dan tepat. Tujuannya, untuk membela Nabi saw dan menegakkan hukum dan keadilan serta menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

Kesembilan: Nabi Muhammad Saw merupakan manusia paling mulia dan utama di muka bumi ini, beliau tidak bisa disamakan dengan manusia lainnya yang memiliki sifat yang rendah dan buruk. Beliau adalah seorang manusia pilihan Allah Swt yang diberi keistimewaan sejak kecil untuk dipersiapkan menjadi Rasul Saw. ( Lihat: QS. Al-Haj: 75). Beliau dijaga oleh Allah Swt dari sifat yang rendah dan jelek serta maksiat. Beliau memiliki akhlak yang agung. (Lihat: QS. Alqalam: 4). Inilah ajaran Islam dan aqidah seorang muslim yang diajarkan oleh Alquran. Meragukan atau menolak Alquran hukumnya kafir.

Kesembilan: Perbuatan Muwafik telah melanggar hukum Islam dan hukum positif di Indonesia serta pancasila. Ini tindak pidana terhadap hukum Islam tentang keharaman menghina Nabi dan terhadap hukum positif yaitu pasal 156a KUHP mengenai penodaan agama serta terhadap sila pertama dan ketiga dari pancasila. Inilah perbuatan radikal yang sebenarnya yang harus diberantas oleh pemerintah.

Kesepuluh: Penghinaan Muwafik terhadap Nabi saw telah menyebabkan dirinya murtad jika dia beragama Islam. Maka dia wajib bertaubat dan disyahadatkan kembali. Menghina Allah Swt, Alquran, Rasul-Nya dan ajaran Islam baik dengan main-main maupun serius hukumnya murtad berdasarkan Alquran (QS. At-Taubah: 64-66 dan 74), As-Sunnah dan Al-ijma'. Adapun hukumannya dalam Islam adalah dibunuh jika tidak mau bertaubat berdasarkan hadits Nabi Saw (HR. Al-Bukhari) dan ijma' ulama. Adapun hukuman di akhirat adalah neraka jahannam (QS. At-Taubah: 68 dan 73).

Kesebelas: Penghinaan terhadap Nabi Saw oleh Muwafik bukanlah yang pertama kali dilakukannya. Sebelumnya, Muwafik bersama pengikutnya memperolok-olok Nabi saw dan istri Nabi Aisyah radhiyallahu 'anha. Pada acara lain, dia menghina Nabi saw dan malaikat Jibril. Ini terekspos dan viral di medsos. Ibarat fenomena gunung es, semakin dicari maka semakin terbongkar banyak penghinaannya terhadap Nabi saw. Ini menunjukkan kebenciannya kepada Nabi Saw dan ahlul bait. Mirip dengan ajaran sesat syi'ah. Ini ciri orang yang benci Islam (islamphobia) dan munafik.

Kedua belas: Menghina Nabi saw merupakan sifat dan kebiasaan orang munafik sebagaimana disebutkan dalam Alquran (QS. At-Taubah ayat 64-66) dan sirah nabawiyah. Dengan demikian, perbuatan Muwafik ini dan sebelumnya melecehkan Nabi Saw dan istrinya Aisyah radhiyallahu anha, serta pada kesempatan lainnya melecehkan Nabi Saw dan malaikat jibril, menunjukkan kebenciannya kepada Nabi Saw dan Istri Nabi serta kemunafikannya. Perbuatannya ini termasuk dalam kriteria aliran sesat yang difatwakan oleh MUI pada tahun 2007.

Ketigabelas: Meminta kepada pemerintah khususnya pihak penegak hukum untuk menindak tegas terhadap Muwafik. Dia harus diberikan hukuman tegas dan adil sesuai aturan yang berlaku di Indonesia. Penghina pejabat negara langsung dihukum. Anehnya, penghina Nabi saw tidak dihukum. Di mana iman para pemimpin bangsa Indonesia dan aparat penegak hukum yang mengaku dirinya muslim? Di mana keadilan hukum di negara yang mayoritas umat Islam ini?

Keempatbelas: Terakhir, saya berharap kepada pihak kepolisian untuk segera menangkap dan menghukum Muwafik dengan hukuman yang berat. Terlebih lagi perbuatannya sudah berulang. Ini menjadi ujian bagi Kapolri baru Jenderal Polisi Idham Azis. Bila tidak, kasus ini akan menjadi blunder dan citra buruk bagi institusi kepolisian, khususnya bagi pemerintahan Jokowi dan Ma'ruf Amin. Rakyat Indonesia berharap hukum dan keadilan ditegakkan. Jangan mengecewakan dan menghilangkan kepercayaan rakyat Indonesia kepada pemerintah.

Banda Aceh, 23 Desember 2019.


Ttd

(Dr. Muhammad Yusran Hadi, Lc., MA)

Ketua Majelis Intelektual dan Ulama Muda Indonesia (MIUMI) Aceh, Dosen Fakultas Syari'ah UIN Ar-Raniry, Alumnus Fakutas Syari'ah Universitas Islam Madinah-Arab Saudi, Doktor bidang Fiqh dan Ushul Fiqh di International Islamic University Malaysia (IIUM) dan Anggota Ikatan Ulama dan Da'i Asia Tenggara

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Pers Rilis lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News
Pejuang Palestina Terlibat Pertempuran Jarak Dekat Dengan Pasukan Israel Di Sekitar RS Al-Shifa Gaza

Pejuang Palestina Terlibat Pertempuran Jarak Dekat Dengan Pasukan Israel Di Sekitar RS Al-Shifa Gaza

Kamis, 28 Mar 2024 22:02

Malaysia Dakwa Pemilik Toserba Dan Pemasok Kaus Kaki Bertuliskan ‘Allah’

Malaysia Dakwa Pemilik Toserba Dan Pemasok Kaus Kaki Bertuliskan ‘Allah’

Kamis, 28 Mar 2024 21:17

Euro-Med: Militer Zionis Israel 'Eksekusi' 13 Anak Di Sekitar Rumah Sakit Al-Shifa Gaza

Euro-Med: Militer Zionis Israel 'Eksekusi' 13 Anak Di Sekitar Rumah Sakit Al-Shifa Gaza

Kamis, 28 Mar 2024 20:28

Meta Diperintahkan Hapus Larangan Kata 'Syahid' Di Postingan Medsos

Meta Diperintahkan Hapus Larangan Kata 'Syahid' Di Postingan Medsos

Kamis, 28 Mar 2024 15:37

IHATEC dan GHCC Korea Jalin Kerja Sama Strategis Kembangkan Ekosistem Produk Halal

IHATEC dan GHCC Korea Jalin Kerja Sama Strategis Kembangkan Ekosistem Produk Halal

Kamis, 28 Mar 2024 08:36

Osama Hamdan: Kematian Wakil Komandan Al-Qassam Marwan Issa Belum Terkonfirmasi

Osama Hamdan: Kematian Wakil Komandan Al-Qassam Marwan Issa Belum Terkonfirmasi

Rabu, 27 Mar 2024 21:01

Ini Pesan KH Bachtiar Nasir kepada Calon Hakim Diklat Hukum dan Peradilan Mahkamah Agung RI

Ini Pesan KH Bachtiar Nasir kepada Calon Hakim Diklat Hukum dan Peradilan Mahkamah Agung RI

Rabu, 27 Mar 2024 18:00

12 Warga Gaza Tewas Tenggelam Saat Ambil Bantuan Kemanusiaan Di Pantai

12 Warga Gaza Tewas Tenggelam Saat Ambil Bantuan Kemanusiaan Di Pantai

Rabu, 27 Mar 2024 17:15

6.000 Kali Khatam Al-Qur'an, Begini Metode Yang Dilakukan Pesantren Nuu Waar AFKN

6.000 Kali Khatam Al-Qur'an, Begini Metode Yang Dilakukan Pesantren Nuu Waar AFKN

Rabu, 27 Mar 2024 16:29

Palestina Aman, Publik Dibohongi?

Palestina Aman, Publik Dibohongi?

Rabu, 27 Mar 2024 07:22

Puasa Jangan Lemas!

Puasa Jangan Lemas!

Rabu, 27 Mar 2024 07:09

Polemik Film ‘Kiblat’, MUI: Sutradara Film Horor Perlu Menempatkan Simbol Islam Secara Adil

Polemik Film ‘Kiblat’, MUI: Sutradara Film Horor Perlu Menempatkan Simbol Islam Secara Adil

Selasa, 26 Mar 2024 22:15

Tgk Yusran Hadi Ajak Umat Islam Untuk Bantu Saudara-Saudara Seiman Di Gaza Palestina

Tgk Yusran Hadi Ajak Umat Islam Untuk Bantu Saudara-Saudara Seiman Di Gaza Palestina

Selasa, 26 Mar 2024 21:20

Militer Zionis Israel Gunakan Amunisi Era 1950-an Di Tengah Kekurangan Pasokan Dalam Perang Di Gaza

Militer Zionis Israel Gunakan Amunisi Era 1950-an Di Tengah Kekurangan Pasokan Dalam Perang Di Gaza

Selasa, 26 Mar 2024 17:12

'Israel' Derita Lebih Dari 3.600 Korban Tewas Atau Terluka Sejak Dimulainya Perang Di Gaza

'Israel' Derita Lebih Dari 3.600 Korban Tewas Atau Terluka Sejak Dimulainya Perang Di Gaza

Senin, 25 Mar 2024 12:34

Tentara Zionis Israel Perkosa Wanita Palestina Di Rumah Sakit Al-Shifa Sebelum Bunuh Mereka

Tentara Zionis Israel Perkosa Wanita Palestina Di Rumah Sakit Al-Shifa Sebelum Bunuh Mereka

Senin, 25 Mar 2024 09:43

Turunnya Angka Pernikahan, Tanda Masyarakat Makin Cerdas?

Turunnya Angka Pernikahan, Tanda Masyarakat Makin Cerdas?

Senin, 25 Mar 2024 02:20

Kota Layak Anak, benarkah Solusi Persoalan Anak?

Kota Layak Anak, benarkah Solusi Persoalan Anak?

Senin, 25 Mar 2024 02:01


MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X