Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
9.848 views

Hanya Partai Demokrat yang Menolak Budi Gunawan Menjadi Kapolri

JAKARTA (voa-islam.com) - Hanya Demokrat satu-satunya partai yang menolak Komjen Pol Budi Gunawan yang menjadi Kapolri. Semua Fraksi di DPR,Partai Demokrat meminta Presiden Jokowi tidak melantik Komjen Pol Budi Gunawan sebagai Kapolri.

Ketua Harian Partai Demokrat, Syarif Hasan mengatakan, status tersangka Budi Gunawan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sudah cukup jelas menjadi bahan pertimbangan bagi Presiden.

"Sebaiknya tidak dilantik oleh presiden, itu aja," kata Syarief, di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (14/1/2015).

Sementara itu, Komisi III DPR telah menyetujui Kepala Lembaga Pendidikan Kepolisian (Kalemdikpol) itu untuk menjadi Kapolri.

"Setelah mendengar pandangan dari sembilan fraksi yang hadir, menyetujui surat dari presiden. Dengan musyawarah mufakat setuju secara aklamasi mengangkat Komjen Pol Budi Gunawan sebagai Kapolri," kata Ketua Komisi III Aziz Syamsuddin.

Selanjutnya, Komisi III akan membawa dan melaporkan hasil pleno Komisi III DPR ke rapat paripurna. Jika paripurna DPR menyetujui Komjen Budi Gunawan menjadi Kapolri, maka ini sungguh sangat luar biasa, dan menjadi preseden yang buruk bagi lembaga wakil rakyat itu.

Dibagian lain, ada perbedaan gaya kepemimpinan Presiden Joko Widodo dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mulai terlihat. SBY yang sering dikritik sebagai peragu justru lebih tegas dan jelas sikapnya dibanding Jokowi dalam soal pejabat yang menjadi tersangka kasus korupsi.

Presiden Jokowi hingga Rabu malam (14 Januari 2015) belum bisa menentukan sikap terhadap calon Kapolri Komisaris Jenderal Budi Gunawan. Padahal sejak Selasa siang (13 Januari 2015), Budi sudah dinyatakan sebagai tersangka kasus rekening gendut oleh Komisi Pemberantasan Korupsi.

Jokowi mengatakan, pihaknya masih menunggu proses di parlemen. "Kita menghormati KPK, tetapi ini juga ada proses politik yang ada di DPR, kita juga menghormati Dewan," ujarnya di Wisma Negara, Rabu, 14 Januari. 

Komisi Hukum DPR justru menyerahkan lagi soal Budi Gunawan ke Presiden. Komisi ini sudah menyetujui Budi sebagai Kapolri. Menurut politikus DPR, Aziz Syamsuddin, proses Budi menjadi Kapolri masih bisa di-stop bila Presiden menarik pencalonan bekas ajudan Presiden Megawati itu.

Situasi itu amat berbeda dibanding era Presiden Yudhoyono. Jauh hari, SBY menegaskan kesiapannya bila anak buahnya dijerat kasus korupsi. Si pejabat itu mesti mengundurkan diri, kalau tidak dicopot jabatannya. 

Menteri Pemuda dan Olaharaga Andi Mallarangeng merupakan salah satu contoh. Andi dijerat kasus proyek Hambalang oleh KPK. Ia akhirnya menyatakan mundur dari kabinet dan dari Partai Demokrat, Jumat, 7 Desember 2012. 

Hal itu juga terjadi pada menteri yang lain seperti Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Jero Wacik yang dijerat kasus suap proyek migas. Jero mundur dari jabatannya pada September 2014.

Sejauh ini tidak ada tanda hal serupa dilakukan oleh Komjen Pol. Budi Gunawan yang saat ini menjabat sebagai Kepala Lembaga Pendidikan Polri. Budi juga tidak mundur dari pencalonannya sebagai Kepala Polri.

Adapun sikap Presiden Jokowi malah terus mempertahankan atau tidak menarik pencalonan Budi Gunawan sehingga Komisi Hukum DPR memiliki alasan untuk terus memprosesnya. 

"Saya masih menunggu. Saya tidak tahu kapan paripurna di DPR selesai, setelah itu akan kita putuskan kebijakan apa yang akan diambil," ujar Jokowi, Rabu 14 Januari. 

Justru yang nampak menjadi peragu Jokowi, karena dibelakang Jokowi ada 'BOS' partai yang jauh lebih dominan dibandingkan dengan Jokowi, karena itu nampak Jokowi menjadi peragu. Tak berani bertindak tegas terhadap Pol Komjen Budi Gunawan

[jj/dbs/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Politik Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X