Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
8.937 views

Imran Bin Hushain, Sahabat yang Menyerupai Malaikat

Di tahun perang Khaibar ia datang kepada Rasulullah saw untuk berbaiat, dan semenjak ia meletakkan tangan kanannya di tangan kanan Rasulullah saw, tangan kanannya itu mendapat penghormatan besar, sampai-sampai ia bersumpah kepada dirinya sendiri untuk tidak menggunakannya kecuali untuk perbuatan utama dan mulia.

Pertanda ini merupakan suatu bukti yang jelas bahwa pemiliknya mempunyai perasaan yang tentang kejujuran, sifat zuhud, kesalehan, dan sepenuh hati dalam mencintai Allah dan menaati-Nya. Walaupun ia mendapat taufik dan petunjuk Allah yang tak terkira, tetapi ia sering menangis mencucurkan air mata. Ratapnya “mengapa aku tidak menjadi debu yang diterbangkan angin saja?”

Orang-orang itu takut kepada Allah bukanlah karena mereka banyak melakukan dosa, karena setelah menganut agama Islam , boleh dikatakan sedikit sekali dosa mereka. Mereka takut dan cemas karena menilai keagungan dan kebesaran-Nya. Bagaimanapun banyaknya mereka melakukan ibadah rukuk dan sujud, tetapi ibadahnya dan syukurnya itu tidaklah sepadan dengan nikmat yang telah mereka terima.

Pernah pada suatu saat beberapa orang shahabat bertanya kepada Rasulullah saw, “ya Rasulullah, mengapa kami ini?” bila kami sedang berada di sisimu, hati kami menjadi lunak hingga tidak menginginkan dunia lagi dan seolah-olah akhirat itu kami lihat dengan mata kepala, tetapi ketika kami meninggalkanmu dan kami berada di lingkungan keluarga, anak-anak, dan dunia kami, maka kami pun lupa diri. Rasulullah saw bersabda, “Demi dzat yang nyawaku berada di Tangan-Nya! Seandainya kalian selalu berada dalam suasana seperti di sisisiku, tentulah malaikat akan menampakkan dirinya untuk menyalami kalian, tetapi yang demikian itu hanya sewaktu-waktu saja.”

…Ia menghabiskan waktunya dan seolah-olah tenggelam dalam ibadah, hingga seakan-akan ia bukanlah penduduk bumi. Seolah-olah ia adalah malaikat yang hidup di lingkungan malaikat…

Pembicaraan itu terdengar oleh ‘Imran Bin Hushain, maka timbullah keinginannya, dan seolah-olah ia bersumpah kepada dirinya untuk tidak berhenti dan tidak tinggal diam sebelum mencapai tujuan yang mulia tersebut, bahkan kalaupun ia harus menebusnya dengan nyawa sekalipun. Dan seolah-olah ia tidak puas dengan kehidupan yang sewaktu-waktu itu, tetapi ia menginginkan suatu kehidupan yang utuh dan terpadu, terus-menerus dan tiada henti-hentinya memusatkan perhatian untuk selalu berhubungan dengan Allah Rabbul ‘alamiin.

Di masa pemerintahan Amirul Mukminin ‘Umar bin Khatthab, ‘Imran dikirim oleh khalifah ke Bashrah untuk mengajari dan membimbing penduduknya mendalami agama. Demikianlah, di Basrah ia melabuhkan tirainya, dan ketika penduduk mengenalinya, mereka pun berdatangan untuk mengambil berkah dan meneladani ketakwaannya.

Hasan Bashri dan Ibnu Sirin berkata, “Tidak seorang pun di antara para shahabat Rasulullah saw yang datang ke Bashrah, yang lebih utama dari ‘Imran bin Hushain.”
Dalam beribadah dan berhubungan dengan Allah, ‘Imran tak sudi diganggu oleh sesuatu apapun. Ia menghabiskan waktunya dan seolah-olah tenggelam dalam ibadah, hingga seakan-akan ia bukanlah penduduk bumi. Seolah-olah ia adalah malaikat yang hidup di lingkungan malaikat, bergaul dan berbicara dengan mereka, bertemu muka dan bersalaman dengan mereka.

Dan tatkala terjadi pertentangan tajam di antara kaum muslimin, yaitu antara golongan ‘Ali dan Muawiyah, ‘Imran bukan saja bersikap tidak memihak, tetapi ia pun meneriakkan kepada umat agar tidak campur tangan dalam perang tersebut dan agar mereka membela serta mempertahankan ajaran Islam dengan sebaik-baiknya. Ia berkata kepada mereka, “Aku lebih suka menjadi penggembala rusa di puncak bukit sampai aku meninggal daripada melepas anak panah ke salah satu pihak, baik meleset maupun tidak.”

Dan kepada orang-orang Islam yang ditemuinya, ia mengamanatkan, ”Tetaplah tinggal di masjidmu! Dan jika ada yang memasuki masjidmu, tinggallah di rumahmu! An jika ada lagi yang masuk hendak merampas harta atau nyawamu, maka bunuhlah dia!”

Keimanan ‘Imran bin Hushain membuktikan hasil gemilang. Ketika ia mengidap suatu penyakit yang selalu mengganggunya selama tiga puluh tahun, tak pernah sekalipun ia merasa kecewa atau mengeluh, bahkan tak henti-hentinya ia beribadah kepada-Nya, baik di waktu berdiri, di waktu duduk, maupun di waktu berbaring.

Dan ketika para shahabat dan orang-orang yang menjenguknya datang dan menghibur hatinya atas penyakitnya, ia tersenyum dan berujar: “Sesungguhnya barang yang paling aku sukai ialah apa yang disukai Allah!” Dan sewaktu ia hendak meninggal, wasiatnya kepada kaum kerabat dan para shahabatnya ialah, “Jika kalian telah kembali dari pemakamanku, maka sembelihlah hewan dan adakanlah jamuan!”

Memang, sepatutnyalah mereka menyembelih hewan dan mengadakan jamuan. Karena kematian seorang mukmin seperti ‘Imran bun Hushain bukanlah merupakan kematian yang sesungguhnya. Itu tidak lain dari pesta besar dan mulia, saat suatu roh yang tinggi yang ridha dan diridhai Allah diarak ke dalam surga seluas langit dan bumi yang disediakan bagi orang-orang yang bertakwa. [nala/voa-islam.com]
(Dikutip dari buku “Serial Karakteristik Perihidup 60 Shahabat Rasulullah”)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Smart Teen lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X