Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
12.687 views

Smart Teen (28) : Belajar Cinta Dari Yang Mahacinta

Segala yang ada di dunia adalah fana 

termasuk cinta anak manusia

Cinta tak bisa dipaksakan

karena anugerah dari Ar-Rahman

Belajar cinta dari Yang Mahacinta

menyandarkan semua cinta hanya pada-Nya

Cinta Muhammad “Ummati.. ummati..”

bentuk ketulusan cinta pada umatnya

Bila cinta disandarkan pada Yang Mahaabadi

cinta takkan hilang sampai hari kiamat nanti

 

Cinta adalah anugerah dari Yang MahaKuasa, cinta tak bisa dipaksakan. Cinta hanya bisa kita bina dan arahkan sesuai koridor syari’ah yang sudah ditetapkan. Cinta tak hanya memikirkan masa sekarang, tapi cinta juga memikirkan masa yang akan datang. Bohong! Katakan cinta tapi merenggut kehormatan orang yang dicintainya dan merusak masa depannya. Katakan cinta, tapi menjerumuskan orang yang dicintainya ke neraka.

Karena cinta adalah anugerah dari Nya, maka kita harus menjaga dan merawatnya agar tidak membuat-Nya murkah. Selayaknya cinta itu kita berikan hanya kepada-Nya dan orang-orang yang Dia izinkan untuk kita cintai. Salah satu agar kita bisa menikmati manisnya iman adalah dengan menyandarkan cinta hanya kepadan-Nya. Sebagaimana yang telah diterangkan oleh Rasulullah saw dalam sebuah hadits.

“Tiga hal, bila ketiganya ada pada diri seseorang, niscaya ia merasakan betapa manisnya iman: Bila Allah dan Rasul-Nya lebih ia cintai dibanding selain dari keduanya, ia mencintai seseorang, tidaklah ia mencintainya kecuali karena Allah, dan ia benci untuk kembali kepada kekufuran setelah Allah menyelamatkan dirinya, bagaikan kebenciannya bila hendak diceburkan ke dalam kobaran api.” (Muttafaqun ‘alaih)

Mencintai Allah tak seperti mencintai makhluk-Nya yang terkadang tak berbalas dan mendapat penolakan. Seorang yang mencintai Allah pasti mendapatkan balasan cinta-Nya. Dia tak mungkin menterlantarkan hamba-Nya yang mencintai-Nya. Apa bukti cinta Allah pada hamba-Nya? Banyak sekali kita jumpai di sekeliling kita bukti cinta Allah kepada hamba-Nya. Allah mencintai hamba-Nya dalam bentuk berbagai rupa. Bentuk cinta Allah bisa berupa rezeki yang berlimpa, kasih sayang yang tiada terkira, namun bisa juga berbentuk cobaan atau musibah. Kita harus yakin, bahwa cinta Allah pada hambanya tak pernah terputus. Meskipun hamba-Nya berlumuran dosa, Allah masih mebukakanpintu tobat kepadanya, selagi malaikat maut belum menjemput dan matahari belum terbit dari barat.

Semua yang kita miliki adalah bukti cinta-Nya kepada kita. Sehingga tak layak jika kita tak membalas cinta ini sepenuhnya. Celakanya, kita banyak yang tak menyadarinya hingga kita tak bisa mengarahkan cinta itu pada jalan yang diridhai-Nya. Cinta itu kita obral dan kita tawarkan pada orang yang tak berhak menerimanya. Atas nama cinta kita bergerak melakukan maksiat kepada-Nya. Astaghfirullah..

Cinta menuntut bukti, bukan sekedar janji atau sekedar sebait puisi. Tak cukup kita hanya mengatakan “Aku mencinta Allah”, namun tak ada amal nyata sebagai bukti cintanya. Allah sudah peringatkan hal ini melalui kalam-Nya yang mulia.

“Katakanlah wahai Muhammad! Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, maka ikutilah Aku, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu." Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” QS. AliImran : 31

Sebagai bukti bahwa kita cinta pada Allah adalah dengan mengikuti setiap ucapan dan tindak-tanduk Rasulullah saw. Melalui beliaulah risalah agung itu sampai pada kita, membimbing kita pada jalan menuju ke surga. Berikutnya kita akan sedikit membahas bagaimana bukti cinta beliau kepada umatnya, yang membuat dada kita bergetar merasakan keharuan.

Cinta Muhammad, Sampai Akhir Hayat

Mungkin dalam biodata, kita tuliskan nabi Muhammad sebagai idola kita, namun sayangnya samasekali kita tak pernah membaca sepak terjang beliau dan menghiasi kehidupan kita seperti yang dilakukan oleh beliau. Demi umatnya beliau rela dicaci, dimaki, dilempari batu, diboikot. Ketika beliau mendapat tawaran dari malaikat untuk menimpahkan adzab pada umatnya yang memusuhi dan menghalangi dakwah beliau, dengan penuh cinta beliau menolaknya.

Subhanallah.. inilah cinta. Bahkan saat detik-detik terakhir ajal menjemput, beliau tetap memikirkan umatnya daripada keluarga atau saudara beliau.“Umati.. ummati..” umatku.. umatku.., begitulah kalimatyang keluar dari lisan agung ketiga menjelang wafat.

Betapa cintanya beliau dengan umatnya, sampai ajal hendak menjemput pun beliau terus terfikirkan kondisi umatnya, meskipun banyak umatnya yang membalas dengan kebencian. Selayaknya kita sebagai umat beliau, meskipun tak pernah bertatap muka, mendengarkan untain kata beliau, atau menemani perjuangan beliau, hidupkan setiap sunnah-sunnah beliau di tengah kehidupan kita. Sesuaikan pola hidup kita dengan pola hidup beliau yang mulia.

Tapi sayang beribu sayang, umat rupanya banyak yang meninggalkan sunnah-sunnah beliau, sisi kehidupannya mereka isi dengan meniru gaya hidup para artis atau bintang film yang mereka idolakan. Padahal besok ketika hari kiamat kita akan dikumpulkan bersama orang yang kita cintai dan ikuti. Sebagaimana yang diceritakan oleh Ibnu Mas’ud, sahabat Rasulullah saw.

Seorang lelaki datang kepada Rasulullahsaw dan berkata: Wahai Rasulullah, bagaimana pendapatmu tentang seseorang yang mencintai suatu kaum namun dia belum dapat bertemu dengan mereka? Rasulullah saw menjawab: Seseorang akan bersama orang yang dicintainya.” HR. Muslim

Bila kita mencintai para artis dan bintang film, meniru gaya hidup mereka yang suka pergaulan bebas, sering berganta-ganti pacar, hidup serumah tanpa menikah, mengenakan pakaian trendi dan seksi, memamerkan aurat, maka bersiaplah mengambil tempat bersama mereka. Bila kita cinta berat dengan pemain sepak bola yang suka selingkuh, mempermainkan wanita, kita akan bersama mereka. Cinta sama seseorang, sesuatu, kita pasti dikumpulkan bersama mereka. Berhati-hatilah menaruh cinta, semoga orang yang kita cintai bisa menolong kita kelak di akhirat.

Nama Asli       : M Fatchul Amin

Nama Pena      : Allan El-Hamasah

Facebook         : El-Bertz Featchul T’tpzmngadh

Email               : allan_elhamasah@yahoo.com 

-----------------------

AYO KIRIM ARTIKEL SMART TEEN PENGGUNCANG DUNIA!

Ayo Smart teen, kirimkan tulisan kamu yang mampu mengguncang dunia! Tunjukkan pada dunia bahwa remaja Islam siap menghadapi tantangan dan serangan arus globalisasi media yang cenderung mendeskreditkan kesucian dan keagungan islam. 

Tunjukkan keberanian dan pengorbanan cara kamu dan bagaimana kamu tunjukkan kegigihan kamu kalo #islampengorbanangue

Sebarkan bahwa tulisan dan amar ma'ruf kamu bagi Islam adalah sikap final melanggengkan keberkahan di muka bumi Allah azza wa jala...

KOMPILASINYA DISINI:


http://www.voa-islam.com/topic/19/smart-teen-muslim-pengguncang-dunia/

-----------------------------------------------

BANYAKNYA TULISAN YANG DIKIRIM MEMBUAT TIM REDAKSI SATU PERSATU MEMILAH TULISAN YANG AKAN ADI UPLOAD

BATAS WAKTU UPLOAD DIPERPANJANG SAMPAI DENGAN

29 NOVEMBER 2013

SEKALIGUS DIUMUMKAN PEMENANGNYA YA.. AJAK BACA DAN KAMI AKAN LIHAT DALAM SUDUT PANDANG KUALITAS DAN ATENSI PEMBACA

--------------------------------------------------

AYO KIIIRRRIIM ke alamat redaksi smart teen:

smartteen@voa-islam.com

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Smart Teen lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Jamaah masjid, siswa sekolah dan warga pelosok Garut ini kesulitan air untuk ibadah, bersuci, wudhu, memasak, minum, mandi, dan mencuci. Ayo Wakaf Sumur, Pahala Mengalir Tak Terbatas Umur.!!!...

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Syafani Azzahra, bocah yatim sejak usia tujuh tahun ini bercita-cita ingin menjadi dokter penghafal Al-Qur'an. Setamat SD ia ingin melanjutkan sekolah ke pesantren, tapi terkendala biaya. Ayo...

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Di tengah pandemi Covid-19, permintaan layanan ambulans untuk pasien dan jenazah terus meningkat. Mobil baru IDC akan disulap jadi ambulans, butuh dana 39 juta rupiah untuk biaya modifikasi....

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Menggabung keutamaan Jum’at dan Cinta Yatim, IDC akan berbagi ke Pesantren Tahfizhul Qur’an Darul Hijrah Cikarang. ...

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Terlahir dengan fisik tak sempurna, Ustadz Rohmat diuji istri dan kedua orang tuanya murtad jadi korban kristenisasi. Kini ia gigih berdakwah di pelosok Lembah Ciranca Garut....

Latest News
Bukan Hanya Ulama, Wartawan Juga Membawa Misi Kenabian

Bukan Hanya Ulama, Wartawan Juga Membawa Misi Kenabian

Selasa, 16 Aug 2022 21:18

Hamas Bantah Lakukan Negosiasi Dengan Arab Saudi Terkait Tahanan Palestina Di Penjara Saudi

Hamas Bantah Lakukan Negosiasi Dengan Arab Saudi Terkait Tahanan Palestina Di Penjara Saudi

Selasa, 16 Aug 2022 21:15

Afiliasi Al-Qaidah Tewaskan 4 Tentara Bayaran Rusia Di Mali

Afiliasi Al-Qaidah Tewaskan 4 Tentara Bayaran Rusia Di Mali

Selasa, 16 Aug 2022 20:30

Inflasi Menggila, Politisi PKS Ingatkan Pemerintah untuk Berhati-hati Kendalikan BBM

Inflasi Menggila, Politisi PKS Ingatkan Pemerintah untuk Berhati-hati Kendalikan BBM

Selasa, 16 Aug 2022 20:19

Partai Gelora Sesalkan Ekonomi Indonesia Kalah dari Malaysia, Vietnam dan Filipina

Partai Gelora Sesalkan Ekonomi Indonesia Kalah dari Malaysia, Vietnam dan Filipina

Selasa, 16 Aug 2022 19:49

Kamuflase Investasi dengan Utang, Produktifkah?

Kamuflase Investasi dengan Utang, Produktifkah?

Selasa, 16 Aug 2022 10:42

Privilege Pendidikan = Harus Kaya?

Privilege Pendidikan = Harus Kaya?

Selasa, 16 Aug 2022 10:29

Israel Tolak Permohonan Pembebasan Tahanan Palestina Pelaku Mogok Makan Khalil Awawdeh

Israel Tolak Permohonan Pembebasan Tahanan Palestina Pelaku Mogok Makan Khalil Awawdeh

Selasa, 16 Aug 2022 09:00

Anies Tak Mempan Diserang Isu Intoleran, Radikal, dan Terorisme

Anies Tak Mempan Diserang Isu Intoleran, Radikal, dan Terorisme

Senin, 15 Aug 2022 21:04

Israel Klaim Blokir 'Terowongan Serang' Dari Gaza

Israel Klaim Blokir 'Terowongan Serang' Dari Gaza

Senin, 15 Aug 2022 20:51

Masyarakat Kesulitan Dapat  Pertalite, Legislator Minta Penjelasan Pertamina

Masyarakat Kesulitan Dapat Pertalite, Legislator Minta Penjelasan Pertamina

Senin, 15 Aug 2022 10:43

Karhutla Terjadi Lagi, Tidak Ada Asap Kalau Tidak Ada Api

Karhutla Terjadi Lagi, Tidak Ada Asap Kalau Tidak Ada Api

Ahad, 14 Aug 2022 22:12

Akademi Dakwah Indonesia Gelar Mukernas ke-III di Bandung

Akademi Dakwah Indonesia Gelar Mukernas ke-III di Bandung

Ahad, 14 Aug 2022 22:07

Kampanye Anti-Israel Global BDS Kecam Standar Ganda Barat Tentang Perang Ukraina Dan Gaza

Kampanye Anti-Israel Global BDS Kecam Standar Ganda Barat Tentang Perang Ukraina Dan Gaza

Ahad, 14 Aug 2022 20:20

Mendudukkan Posisi Islam dan Budaya dalam Menyatukan Keberagaman

Mendudukkan Posisi Islam dan Budaya dalam Menyatukan Keberagaman

Ahad, 14 Aug 2022 16:50

Wahdah Islamiyah Silaturahmi dengan Kementerian Pertahanan

Wahdah Islamiyah Silaturahmi dengan Kementerian Pertahanan

Ahad, 14 Aug 2022 16:44

Waspada, Inflasi Tinggi Berpotensi Turunkan Level Ekonomi 67% Rakyat

Waspada, Inflasi Tinggi Berpotensi Turunkan Level Ekonomi 67% Rakyat

Ahad, 14 Aug 2022 14:36

7 Orang Terluka Dalam Serangan Penembakan Di Sebuah Bus Di Kota Yerusalem

7 Orang Terluka Dalam Serangan Penembakan Di Sebuah Bus Di Kota Yerusalem

Ahad, 14 Aug 2022 14:15


MUI

Must Read!
X