Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
224.946 views

Ini Dia, Tempat Indah yang Disebut Dengan Taman Syurga

Sahabat Voa Islam,

Di dunia ini banyak sekali taman buatan yang indah dan nyaman untuk sekedar melepas lelah dan bersantai dengan keluarga atau sahabat. Bahkan tak jarang kita membuat taman sendiri di rumah atau bersenda gurau di taman.

Namun tahukah kalian dimanakah letaknya tempat yang disebut dengan Taman Syurga?

Nah perlu kita ketahui ada sebuah taman yang menakjubkan bagi kita umat Islam, sebuah taman (raudhah) yang Rasulullah SAW amat cintai.

Mau tau Taman Syurga Nabi Muhammad ???

Ya, Raudhah atau taman syurga terletak di dalam luar biasa indahnya Masjid Nabawi, terdapat tempat yang memiliki keutamaan lebih. Tempat yang sangat mulia itu merupakan tempat Rasulullah SAW beribadah, memimpin sholat, menerima wahyu, teriring pula tentunya ibadah para sahabat nan sholeh.

Kini Raudhah berada didalam Masjid Nabawi, namun dahulu 'Raudhah' yang dalam bahasa Indonesia berarti taman, taman yang dimaksud adalah Taman Syurga atau Taman Nabi. Dahulu 'Raudhah Nabi' ini adalah ruang diantara mimbar dan kamar Rasulullah di dalam masjid Nabawi.

Sebagaimana Rasulullah bersabda:
Antara mimbarku dan rumahku merupakan taman dari taman-taman syurga” (HR. Al Bukhari & Muslim)


Lokasi Raudhah merupakan bagian dari shaf laki-laki, dan hanya terbuka untuk perempuan di jam jam tertentu. Saat Dhuha dan setelah sholat dzuhur.


Apa sih keistimewaan Raudhah Jannah atau Taman Syurga ini ?

Apa sih keistimewaan taman syurga ini sehingga semua orang berebut kesana ?? Kenapa lokasi berukuraan 22 X 15 m yang cuma muat menampung beberapa puluh jamaah itu, diminati oleh ribuan jamaah ??

Jawabannya karena Raudhah yang bersebelahan dengan makan Nabi Muhammad didalam komplek Masjid Nabawi Madinah ini karena merupakan tempat yang mustajab untuk berdoa. Apapun doa yang dipanjatkan disana insya Allah dikabulkan.

Well, memang pahala yang dijanjikan sama, tetapi keyakinan bahwa berdoa di Raudhah itu bisa langsung didengar dan insyaAllah dikabulkan Allah membuat sebuah tempat bernama Raudhah…menjadi istimewa.

Sahabat, taman surga di sini bukan berarti sesuai deskripsi surga dalam AlQuran yang dijanjikan Allah sebagai balasan kebaikan di akhirat nanti. Tapi merupakan taman yang mulia, di mana beribadah di dalamnya menghadirkan rasa khusyu mendalam, tiap doa yang dipanjatkan di dalamnya sangat mudah diijabahi. Sebagaimana taman yang selalu memberi rasa tenang dan rasa segar, ketenangan dan kesegaran yang didapat di Raudhah ini pada level yang membuat kita tak banyak menunda untuk berkata, “ya, ini taman surga” :)

Gimana sih penampakan Raudhah? Oke deh, yuk mari check this out!

Kubah hijau pada foto diatas dahulunya adalah letak rumah Rasulullah Muhammad SAW. Di rumah tersebut yang kemudian Rasulullah SAW dimakamkan. Dan kini, akibat perluasan Masjid Nabawi yang letaknya memang berdekatan dengan rumah Rasulullah maka saat ini rumah Rasulullah masuk ke dalam wilayah masjid Nabawi.

Penampakan kalau dari luar, area Raudhah juga ditandai dengan kubah hijau. Kubah perak sendiri merupakan penanda mihrab tempat imam. Untuk masuk Raudhah, pintu terdekat dari gate Babus Salam atau gate Jibril.

raudhah

Area raudhah ditandai dengan karpet hijau. Membentang dari rumah Rasulullah SAW (yang kini menjadi makam beliau) hingga ke mimbar. Sekitar 26 x 15 meter :)

karpet merah nabawi

Selain area raudhah (karpet hijau), semua area sholat masjid Nabawi berkarpet merah. Jadi selama yang kita injak masih karpet merah, ya belum sampai di Raudhah. Sabar mendapat giliran.

Jamaah yang ingin memasuki Raudhah sangat padat selama 24 jam. Buat ikhwan hampir setiap saat bisa “berburu” Raudhah. Sedangkan akhwat ada jam-jam tersendiri, biasanya pada waktu Dhuha (2 jam kalau ga salah), antara Dhuhur dan Ashar, serta di malam hari (jam 22, kembali kalau ga salah). Karena super padatnya jamaah, petugas membatasi kuota dengan kain putih tebal.

Ada tulisan warning berbahasa Arab, Inggris, Turki, dan yuph, Indonesia. “Jangan memaksakan diri dan menyakiti sesama pada saat memasuki Raudhah dengan saling mendorong dan berdesak-desakan. Tunggulah giliran dengan izin Allah, masih banyak waktu untuk Anda untuk memasuki Raudhah dan sholat di dalamnya”.

makam Rasulullah

Batas makam manusia paling dirindukan di dunia, Rasulullah Muhammad SAW. Di dalam ruangan bekas rumah Rasulullah itu dimakamkan pula 2 sahabat terbaik, Abu Bakar Ash Shiddiq dan Umar bin Khattab. Ini menjadi batas kiri Raudhah

mimbar nabawi

Mimbar yang digunakan untuk berkhutbah sejak zaman Rasulullah sampai sekarang. Menjadi batas kanan Raudhah

mihrab raudhah

Mihrab atau tempat imam yang digunakan pada zaman Rasulullah. Sekarang mihrab yang digunakan sudah lebih di depan karena perluasan masjid, sekitar 10 meter di depan mihrab terdahulu.

Itulah penampakan dari Raudhatul Jannah (taman surga) yang ada di dunia ini, tempat luar biasa indah untuk hati dan jiwa. Bismillah.. Semoga kita sama-sama bisa berbanyak ke sana ya.. ;)

Indahnya Taman Syurga, Mimpi Tertinggi Umat Islam di Dunia

Panggilan Allah merupakan panggilan kasih sayang pada hamba-hambanya. Kita membutuhkan kesiapan diri, keikhlasan untuk menuju masjid yang merupakan rumah Allah yang insya Allah akan menjadi amal shalih sebelum kematian memanggil kita di manapun kita berada.

1) Panggilan Adzan adalah panggilan shalat untuk mempersiapkan menuju panggilan kematian.

2) Panggilan kedua adalah mengunjungi tanah suci umat Islam. Yakni Kota Mekkah dengan beribadah di Masjidil Haram serta bermunajat doa taman syurga di Masjid Nabawi Madinah.

3) Panggilan ketiga dari Allah adalah panggilan kematian...

Untuk menyambut panggilan Allah yang kedua ini sebelum datangnya panggilan ketiga alias panggilan kematian, Haji dan Umroh maka Voa Islam memfasilitasi pembaca dan sahabat untuk bersama tim Redaksi VOA ISLAM menyambut panggilan Allah menuju Masjidil Haram dan Masjid Nabawi.

Pengalaman beribadah akan semakin sempurna karena VOA ISLAM hanya menjalankan prosesi ibadah yang sahih-sahih saja.

Apa saja tuntunan ibadah haji dan umroh yang sahih? berikut beberapa petunjuk sesuai Sunnah Nabi Muhammad SAW, yaitu :

1. Miqat ditempatnya sesuai sunnah

2. Tarwiyah di Mina

3. Wuquf, meninggalkan Arafah setelah matahari terbenam

4. Mabit di Mudzdalifah dan bertolak darinya sebelum matahari terbit

5. Thawaful Ifadah pada waktunya

6. Mabit di Mina pada hari-hari tasyrik

7. Thawaful Wadaa’ pada waktunya

Insya Allah dengan mengikuti aturan dan urutan sesuai sunnah Nabi Muhammad akan membuat ibadah dapat meraih Haji dan Umroh yang mabrur dan diterima oleh Allah Subhanahu Wa ta'ala...

Tentu dengan syarat yang tak kalah utama adalah kita ikhlaskan semua ibadah hanya untuk mengharap ridho dan ampunan Allah semata 

Hubungi ROYAL - VOA ISLAM TOUR

1) Ustadz M. Hijrah Dachlan [Jakarta]

     Hp & WhatsApp: 08 111 777 824

----------------------------------------------

2) Budi Haryanto [Kartosuro & Solo]

     Hp & WhatsApp: 0813 20 58 28 68

     Email: kangbud@voa-islam.com

---------------------------------------------

3) Ustadz Badrul Tamam [Bekasi]

     Hp & WhatsApp: 0877 81 22 7881

     Email: badrutamam@voa-islam.com

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Smart Teen lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X