Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
17.066 views

Bersiap Menikah hingga Sakinah di Ujung Usia

RESENSI BUKU:

Bersiap Menikah hingga Sakinah di Ujung Usia

Dibuka dengan kisah cinta Ratu Bilqis dan Raja Sulaiman, Salman dan Abu Darda, Ali dan Fatimah cukup membuat hati berderai. Betapa tidak, manusia agung selevel Fatimah dan Ali walimahnya amat sangat sederhana. Bahkan baju layak pakai pun Fatimah tak punya. Sampai-sampai malaikat ‘turun tangan’ memberi pakaian walimah nikah pada putri tercinta Rasulullah SAW ini.

Dari sini kemudian kita diajak untuk menyelami rasa hati para lajang yang merindu belahan jiwa. Pengalaman penulis dibagi di sini untuk menjadi salah satu contoh tentang bagaimana menjemput jodoh. Ikhtiar tak melulu harus melalui pacaran yang memang banyak mudharatnya. Ta’aruf adalah solusi dengan melalui perantara pihak ketiga agar interaksi tetap terjaga.

Selanjutnya kita diajak untuk menyiapkan walimah nikah yang sederhana tapi barokah. Karena ibarat gerbang, perjalanan masih sangat panjang. Dibutuhkan ketangguhan pasangan untuk menghadapi gelombang dan badai yang akan mengoyak sakinah keduanya. Pernikahan tak selamanya indah dan semanis madu. Dibutuhkan kiat-kiat tertentu agar kita selalu jatuh cinta lagi dan lagi dengan orang yang sama hingga ujung usia.

Selepas akad nikah adalah saat berbulan madu. Haruskah bulan madu di tempat tertentu dan menghabiskan dana banyak? Tak masalah bagi yang memunyai budget untuk itu. Tapi bila tidak pun tak perlu berkecil hati. Karena sejatinya bulan madu bukanlah masalah tempat, tapi kondisi hati untuk membangun kedekatan dengan si jantung hati. Maka bila begini, meskipun ‘cuma’ tinggal di rumah mertua tapi serasa di istana megah.

Buku ini tak hanya dikhususkan untuk mereka yang siap menikah. Para lajang yang masih sendiri pun ‘disapa’ untuk dikuatkan bahwa akan ada jodoh itu. Intinya kesabaran harus ditingkatkan dan terus berdoa. Berikutnya adalah ridha orang tua serta berpikiran positif agar aura yang terpancar juga ikut positif.

Kejenuhan dalam pernikahan selalu ada. Selama satu sama lain waspada dan awas, maka insya Allah ini semua akan terlewati. Tak perlu ada TTM (Teman Tapi Mesra) atau apapun sebutannya yang ujung-ujungnya adalah selingkuh. Merasa nyaman dengan orang lain yang bukan suami/istrinya. Di sinilah pintu setan terbuka lebar bila tidak disadari dan segera kembali pada pasangan halal kita.

Menikah bukan hanya dengan si dia tapi juga keluarganya. Ingat bahwa ada mertua yang itu juga adalah orang tua kita. Sikap, kata-kata dan perilaku kita juga harus dijaga mengingat ada kemungkinan kebiasaan yang kita bawa dari rumah tidak sama dengan kebiasaan keluarga baru kita. Di sini, proses adaptasi sangat diperlukan agar tidak terjadi friksi hanya karena masalah sepele.

Poin penting dari buku ini yang sangat berkesan adalah bahwa menjadi sosok sempurna itu bukan siapa yang menjadi pasangan kita. Bukan karena si dia tampan/cantik, kaya, keturunan yang agung, atau gelar yang berderet. Sempurna adalah ketika baik yang sudah menikah ataupun yang masih lajang memaksimalkan upaya untuk beramal sebaik mungkin di hadapanNya. Bukanlah suami penentu surga atau neraka kita, tapi lebih kepada amalan kita dalam menyikapi masa lajang atau peran sebagai istri salihah.

Akhirnya, bab pun ditutup dengan kisah sepasang suami istri yang tetap harmonis hingga di ujung usia. Betapa pernikahan mereka yang barokah menjadikan hidup penuh ketenangan dalam kepak sayap sakinah. Sepanjang pernikahan yang berusia lebih dari setengah abad mengantarkan mereka berdua menjadi sosok yang mengisi masa tua untuk semakin dekat dan taat padaNya. Di sini, sayap-sayap sakinah benar-benar mengepak dan membuat pasangan lansia harmonis ini mampu terbang tinggi mengantarkan ketujuh anaknya menjadi orang-orang yang sukses dunia akhirat, insya Allah.

Judul                     :

Sayap-Sayap Sakinah

(Dari Persiapan Nikah, Pernak-Pernik Walimah, Hingga Kiat   Menuju Nikah Penuh Barakah)

Karya                    : Afifah Afra & Riawani Elyta

Penerbit                 : Indiva Media Kreasi

Harga                    : Rp 44.000,-

ISBN                     : 9786021614228

[riafariana/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Smart Teen lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X