Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
5.719 views

Iya Sih, Tapi...

 

Oleh:

Eriga Agustiningsasi, S.KM

 

“Iya aku tau sih wajib, tapi...” Sepenggal kalimat tersebut mungkin sering kita dengar di lisan teman-teman kita atau bahkan kita sendiri ketika mengelak dari kebenaran yang ada. Maksud hati bilang tidak, namun tak kuasa menolak kenyataannya memang benar adanya. Akhirnya kalimat yang keluar ialah membenarkan suatu kewajiban bersama kata ‘tapi’ sebagai kata pengikutnya, wujud ketidaksiapan diri menerima kewajiban yang dibebankan atas dirinya.

Kalimat ajaib ini nyatanya banyak digunakan terutama bagi anak millenial, alias kaula muda, generasi penerus peradaban yang lahir di zaman digital. Mengapa? Yupss.. tidak lain dan tidak bukan ialah perasaan: “Usia masih jauh dari tua alias masih muda kok, nanti aja tobatnya, masih muda kok, senengin aja dulu! Iya sih tau waib,tapi ndak dulu deh.. Namanya kalimat ajaib, kalimat ini mampu menyihir ribuan bahkan jutaan (agak lebay dikit hehehe) kaula muda di seluruh penjuru dunia termasuk millenial di negara +62 ini. Kemudian timbul pertanyaan, mengapa muncul kalimat ajaib ini? Yang akhirnya akan menimbulkan virus wahn yang sangat mematikan. Wahn, cinta dunia dan takut mati.

Usia muda memang suatu kenikmatan luar biasa yang dirasakan setiap manusia yang melalui masa-masa itu. Bagaimana tidak? Usia muda, fisik masih oke, kulit masih kenceng, gak gampang sakit, semangat menggebu-gebu, penuh inovasi, kreatif, banyak ide, banyak teman, seru-seruan, gak terlalu mikirin beban hidup dan gak ketinggalan, pasti pernah merasakan benih-benih cinta ala-ala sinema, uupsss!!

Setidaknya ada beberapa alasan yang umumnya dipakai oleh millenial yang telah terkena kalimat ajaib ini, diantaranya:

Pertama, keimanan (keyakinan) terhadap Pemilik hidup kurang kuat. Keyakinanbahwadiri ini hanyalah hamba Allah yang tugasnya tidak lain dan tidak bukan ialah ibadah. Allah berfirman dalam Qur’an Surah Adz Dzaariat ayat 56,

“Dan tidaklah Aku menciptakan jin dan manusia melainkan untuk beribadah kepadaKu”

Ibadah disini bukan hanya sekedar sholat, zakat, puasa dan haji ya sobat. Ibadah itu tunduk dan patuh terhadap semua syariat Allah tanpa terkecuali dan tanpa tapi pastinya! Keyakinan inilah yang makin lama makin pudar seiring dengan berubahnya zaman, kemunduran berpikir umat muslim termasuk para pemudanya yang telah digantikan dengan pemikiran pragmatis, serba instan, gak pengen ribet dengan syariat yang menurut hawa nafsu manusia sangat menyusahkan. Ini gak boleh, itu gak boleh, semua serba gak boleh.

Kedua, kebiasaan generasi muda menghabiskan waktunya untuk nonton. Meskipun nonton itu hukumnya mubah (boleh) sobat, namun harus diperhatikan apa yang kita tonton akan menjadi salah satu hal yang tersimpan dalam otak kita dan suatu saat akan kita panggil kembali. Jika kita menjadikan tontonan sebagai tuntunan dalam menjalani hidup, maka berbahaya jika yang kita tonton jauh melenceng dari syariat. Misal, dengan mengeluarkan dalih, kan cuman buat seru-seruan aja! Kan cuman nonton, iya sih itu cuman film,tapi pengen seperti di dunia nyata, atau mulai deh ngarangnya, cerita hidupnya sama dengan tokoh di film itu dan akhirya, tadaaaa..... generasi muda hidup dalam sebuah drama film. Cape deh..

Ketiga, lingkungan yang membentuk generasi muda menjadi generasi wahn. Sistemsekuler, pemisahan agama dari kehidupan yang menjadikan agama hanya ditempatkan di masjid namun ditinggalkan dalamperkara kehidupan. Racun yang berbahaya ini yang membuat kaula muda jauh dari Islam, bahkan aneh dengan ajarannya sendiri. Seolah-olah mereka mampu mengatur kehidupan sendiri. Akibatnya generasi muda cinta banget sama dunia hingga melalaikan tujuan hidup mereka untuk ibadah, taat syariat-Nya.

Ketiga sebab ini kiranya mewakili faktor penyebab lain yang menjadikan millenial terus menerus mengeluarkan kata ajaibnya, iya tau sih wajib, tapi... Seringnya menunda nunda waktu untuk bersegera melaksanakan syariat Allah dengan sepenuhnya. Padahal belum dikatakan beriman sebelum memakai syariat Allah dalam memutuskan masalah kita loh sobat! Allah berfirman,

“Maka demi Tuhanmu, mereka (pada hakekatnya) tidak beriman hingga mereka menjadikan kamu hakim terhadap perkara yang mereka perselisihkan, Kemudian mereka tidak merasa dalam hati mereka sesuatu keberatan terhadap putusan yang kamu berikan, dan mereka menerima dengan sepenuhnya.” (QS. An Nisa: 65)

Kebanyakan dari kita kita merasa masihmuda,jauh dari kematian. Namun tahukah sobat, jika tidaksemua mendapat kesempatan melalui masa muda? Bagaimana jika Pemilik hidup ini menginginkan kita, generasi muda kembali kehadapan-Nya dengan waktu yang cepat, yang tak pernah kita duga sebelumnya? Apa yang sudah kita persiapkan? Panggilan itu tak menunggu kesiapan kita loh sobat. Jauh jauh hari, Rasulullah pernah bersabda kepada kita semua, bahwwa tidak akan bergeser langkah kaki anak Adam sebelum ditanya, untuk apa masa muda ia habiskan? Sudah banyak Allah menunjukkan bahwa kematian tak mengenal usia sobat. Rosul pernah mengingatkan kita semua dengan pengingat yang terbaik, yaitu kematian, pemutus kenikmatan dunia yang fana ini.

Nah sobat, jika masa muda kita habiskan hanya untuk kesenangan hawa nafsu diri kita, maka apa yang akan kita  sampaikan kepada Allah kelak? Fisik oke, kulit mulus kenceng, suara bagus, energik tak akan mampu menjadi penolong kelak di akhirat. Hanyalah amal sholih yang mampu menjadi penolong kita kelak.

Lalu gimana donk keluar dari jeratan kalimat ajaib yang sangat menyesatkan itu? Berikut beberapa tips jitu untuk mengusir jauh jauh deh kalimat ajaib menyusahkan dunia akhirat kits:

Pertama, perkuat akidah kita sebagai seorang muslim. Perkuatnya dengan semakin sering dan serius mengikuti pemebinaan. Misalnya ikut pengajian yang semakin mencharger keimana kita. Ibarat handphone kalau batrainya tidak dichrge apa yang terjadi? Low bat? Atau bahkan mati dan tidak bisa digunakan. Kalau manusia? Low iman? Akhirnya hati menjadi hati yang sakit (qolbun maridh) sulit menerima kebenaran atau bahkan hati yang mati (qolbun mayyit), gak mau menerima kebenaran. Naudzubillah min dzalik!

Kedua, hindari tuh tontonan unfaedah yang semakin membuat kita banyak berkhayal minim aksi. Hidup dalam drama sinetron atau film ala-ala. Sudah saatnya bangkit gaes.. hempaskan semua khayalan semu, mulailah hidup di duniamu, dunia ladang akhiratmu, bekal menuju syurga-Nya.

Ketiga, berjamaahlah. Taat itu gak bisa sendiri ya. Karena katanya, setan itu seneng dengan orang yang sendirian loh sobat. Hiiiii..serem ya. Oleh karenanya seringlah berkumpul dengan sahabat shalihah.

Terakhir, bergabunglah dengan jamaah dakwah untuk bersama-sama mengusir pemahaman sekuler yang menjadi pangkal penyebab virus virus mematikan salah satunya virus Wahn. Gimana cara mengusirnya? Dengan dakwah donk.. amar ma’ruf nahi munkar. Dakwah juga gak bisa sendiri ya, tapi harus bareng-bareng, seperti yang telah Rasulullah contohkan ya sobat.

InsyaAllah umur semakin berkah, jauh dari kata sia-sia. So, tidak ada kata tapi dalam melaksanakan syariat ya sobat. Taat tanpa tapi, ngaji tanpa nanti, surga pun menanti. Mau?* 

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Smart Teen lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Dede Bayi Calon Mujahidah Islam Lahir dengan Operasi Cessar. Ayo Bantu.!!

Dede Bayi Calon Mujahidah Islam Lahir dengan Operasi Cessar. Ayo Bantu.!!

Ayo bantu dede bayi ini, kekurangan biaya persalinan cessar di Rumah Sakit Banjar sebesar 5 juta rupiah. Sang ayah adalah aktivis Islam, dikenal pendekar bela diri yang sedang terkendala ekonomi....

Masuk Islam Satu Keluarga, Rudy Chow Liung Kehilangan Pekerjaan. Ayo Bantu Khitan dan Modal Usaha.!!

Masuk Islam Satu Keluarga, Rudy Chow Liung Kehilangan Pekerjaan. Ayo Bantu Khitan dan Modal Usaha.!!

Hijrah memeluk Islam, Rudy Chow tinggalkan bisnis peralatan sembahyang Vihara. Ia jadi pengangguran dan ekonominya ambruk....

IDC Tunaikan Beasiswa Muallaf Maria di Universitas Brawijaya Malang

IDC Tunaikan Beasiswa Muallaf Maria di Universitas Brawijaya Malang

Alhamdulillah, kini Maria muallaf mahasiswi Universitas Brawijaya bisa bernafas lega. Yayasan IDC menyalurkan amanah dari para donatur, sebesar Rp 66.648.300 untuk membantu beasiswa pendidikan...

Wakaf Speaker Mushalla Gunung Sri Tasikmalaya, Dapatkan Pahala yang Terus Mengalir

Wakaf Speaker Mushalla Gunung Sri Tasikmalaya, Dapatkan Pahala yang Terus Mengalir

Sudah 13 tahun mushalla ini menjadi sentral dakwah di kampung Gunung Sri, Tasikmalaya. Namun mushalla ini belum memiliki alat pengeras suara. Diperlukan dana 5 juta rupiah. Ayo Bantu....

Ayo Bantu Yatim Piatu Anna Puspita, Peluang Masuk Surga Bersama Nabi Sedekat Dua Jari

Ayo Bantu Yatim Piatu Anna Puspita, Peluang Masuk Surga Bersama Nabi Sedekat Dua Jari

Sejak balita ia ditinggal wafat sang ayah, menyusul sang ibunda wafat dua tahun silam. Segala kesulitan, kesedihan dan keruwetan hidup, kini harus dipikul sendiri. ...

Latest News
Komisi I DPR Dorong Pemerintah Gratiskan Internet Selama Wabah Covid-19

Komisi I DPR Dorong Pemerintah Gratiskan Internet Selama Wabah Covid-19

Jum'at, 03 Apr 2020 08:49

Covid-19 Makin Menggila, Negara Kehilangan Arah?

Covid-19 Makin Menggila, Negara Kehilangan Arah?

Jum'at, 03 Apr 2020 08:23

Ribuan Napi Dibebaskan di Tengah Wabah Corona, Warganet: Ustaz Abu Bakar Baasyir Paling Layak

Ribuan Napi Dibebaskan di Tengah Wabah Corona, Warganet: Ustaz Abu Bakar Baasyir Paling Layak

Jum'at, 03 Apr 2020 07:51

Memutus Mata Rantai Corona

Memutus Mata Rantai Corona

Jum'at, 03 Apr 2020 07:09

Pembatasan Sosial Skala Besar dan Darurat Sipil, Tepatkah?

Pembatasan Sosial Skala Besar dan Darurat Sipil, Tepatkah?

Jum'at, 03 Apr 2020 06:31

WMI Edukasi Para Driver Ojol untuk Cegah Covid19

WMI Edukasi Para Driver Ojol untuk Cegah Covid19

Jum'at, 03 Apr 2020 06:21

Hadapi Covid-19, Muhammadiyah Siapkan 60 Psikolog

Hadapi Covid-19, Muhammadiyah Siapkan 60 Psikolog

Jum'at, 03 Apr 2020 06:18

Wabah Corona dan Abainya Penguasa Kapitalis

Wabah Corona dan Abainya Penguasa Kapitalis

Kamis, 02 Apr 2020 23:59

Lockdown, Kebijakan Setengah Hati Para Penguasa Negeri?

Lockdown, Kebijakan Setengah Hati Para Penguasa Negeri?

Kamis, 02 Apr 2020 23:50

Inilah 5 Tips Meningkatkan Imun Tubuh Pencegah Corona

Inilah 5 Tips Meningkatkan Imun Tubuh Pencegah Corona

Kamis, 02 Apr 2020 23:28

Pendaftaran Program Beasiswa Santri 2020 Dibuka, Kemenag Siapkan Kader Ulama

Pendaftaran Program Beasiswa Santri 2020 Dibuka, Kemenag Siapkan Kader Ulama

Kamis, 02 Apr 2020 23:27

Mendiskusikan Skenario Makro Ekonomi Indonesia

Mendiskusikan Skenario Makro Ekonomi Indonesia

Kamis, 02 Apr 2020 23:00

Anies Alokasikan Dana Rp 3 T untuk Penanganan Virus Corona hingga Mei

Anies Alokasikan Dana Rp 3 T untuk Penanganan Virus Corona hingga Mei

Kamis, 02 Apr 2020 22:26

Menimbang Keefektifan Opsi PSBB

Menimbang Keefektifan Opsi PSBB

Kamis, 02 Apr 2020 22:19

Mudik, Saat Pandemi Ancam Nyawa Keluarga

Mudik, Saat Pandemi Ancam Nyawa Keluarga

Kamis, 02 Apr 2020 22:17

Saudi Berlakukan Jam Malam 24 Jam Setiap Hari di Mekah dan Madinah

Saudi Berlakukan Jam Malam 24 Jam Setiap Hari di Mekah dan Madinah

Kamis, 02 Apr 2020 21:45

AS 'Rampas' 60 Juta Masker Medis yang Ditunjukan Untuk Prancis dari Landasan di Cina

AS 'Rampas' 60 Juta Masker Medis yang Ditunjukan Untuk Prancis dari Landasan di Cina

Kamis, 02 Apr 2020 21:15

Cegah Covid-19, SAR Ditpolairud Polda Aceh Semprot Disinfektan di SMA Negeri 15 Adidarma

Cegah Covid-19, SAR Ditpolairud Polda Aceh Semprot Disinfektan di SMA Negeri 15 Adidarma

Kamis, 02 Apr 2020 20:59

Satgas WITC Kendari Salurkan Paket Logistik di 5 Kecamatan

Satgas WITC Kendari Salurkan Paket Logistik di 5 Kecamatan

Kamis, 02 Apr 2020 20:48

Kritisi Perppu Penanganan Covid-19, Bukhori: Pemerintah Jangan Aji Mumpung di Tengah Pandemi

Kritisi Perppu Penanganan Covid-19, Bukhori: Pemerintah Jangan Aji Mumpung di Tengah Pandemi

Kamis, 02 Apr 2020 20:38


Hijab Syari Terbaru 2020

Must Read!
X