Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
31.702 views

Gucci Challenge Viral, Ancam Generasi Milenial

 

Oleh: Diana Septiani

 

Sobat sudah pernah lihat Gucci Challenge kah di beranda media sosialmu?

Nih, ya, kalau menurut Kamus Bahasa Inggris online, kata challenge ini memiliki arti tantangan atau menantang. Yang mana artinya kita tengah ditantang untuk melakukan hal-hal yang sedang viral. Ya, seperti halnya Gucci Challenge yang akhir-akhir ini memenuhi jagat media sosial kita.

Apa itu Gucci Challenge?

Sebuah ajang untuk unjuk diri dalam berpose dengan memadupadankan outfit dari ujung kepala hingga kaki dengan gaya maksimalis ala Gucci. Ada yang menggunakan pakaian dan peralatan ala kadarnya, ada juga yang memakai barang-barang bermerek dengan harga fantastik. Mereka berpose unik hingga nyentrik.

Mulai dari kalangan rakyat biasa, influencer, artis terkenal bahkan hingga istri ustadz juga santri pun ikut meramaikan challenge ini, loh. Dengan dalih untuk seru-seruan dan mengasah daya kreativitas, mereka yang mengikuti tren ini tak mendalami lebih dulu, bagaimana sih sebenarnya challenge viral ini.

Kontroversi Tantangan Gucci

Banyak yang belum mengetahui bahwa di balik Gucci Challenge ini, terdapat backsound yang berbau mesum lagi menjijikkan. Duh, parah banget, ya, Sobat. Dengan lagu berjudul Do It milik seorang penyanyi bernama Ilkay Sencan, lagu Gucci Challenge ini menuntun pada tindakan amoral.

Nah, Sobat, di sinilah pentingnya kita mengetahui boleh tidaknya mengikuti suatu tren, sebelum ikut-ikutan yang kekinian. Sudah terlanjur ikut-ikutan, eh, ternyata saat tahu terjemahan dari lirik backsoundnya jadi jijik sendiri.

Pada dasarnya Gucci Challenge ini kental dengan budaya pamer, berlomba-lomba memamerkan kekayaan semata. Mereka memenuhi gaya hidup demi menggapai derajat viral. Kalaupun tidak, challenge ini hanyalah tantangan unfaedah bagi generasi milenial.

Milenial Target Rival

Tanpa disadari Gucci Challenge "memaksa" kita untuk mengoleksi barang-barang bermerek. Outfit yang dipakai saat kumpul-kumpul pun menjadi perhatian kaum milenial. Mereka seolah malu jika memakai barang-barang imitasi, harus yang asli. Pada akhirnya banyak yang menghalalkan berbagai cara, mulai dari melakukan penipuan  hingga mencuri.

Standar kesuksesan bagi kaum milenial saat ini pun diukur dari seberapa kaya ia di usia muda. Seberapa banyak pencapaiannya dalam meraih harta dalam waktu yang singkat. Seberapa banyak pula koleksi barang mewahnya, hingga akhirnya gelar sultan / anak sultan pun menjadi hal yang diperebutkan.

Potensi Akal Kita

Sejatinya manusia memiliki potensi kehidupan yang sama. Baik orang kaya lagi terpandang hingga orang desa yang buta huruf pun, Allah berikan potensi yang sama. Mereka sama-sama memiliki kebutuhan jasmani, naluri juga akal. Tentu akal inilah yang membedakan kita dengan hewan ya, Sobat.

Dengan akal kita dapat memilah mana yang baik dan mana yang buruk, mana yang sesuai wahyu dan mana yang cuma nafsu.

Mari gunakan potensi akal kita sebelum melakukan sesuatu. Mencari tahu bagaimana hukum suatu perbuatan dalam Islam. Apa saja yang terkait dengannya dan bagaimana konsekuensinya.

Hakikat Outfit Kita Kelak

Pada akhirnya Gucci Challenge mengajarkan kita agar kembali menyadari hakikat hidup kita di dunia ini hanyalah sementara. Kekayaan seseorang cuma titipan semata.

Apalah gunanya outfit ratusan juta, jika Allah tak suka. Apalah guna outfit bermerek di dunia itu, jika di akhirat hanya akan memperberat hisab kita. Apalah guna gaya mewah dengan outfit yang menawan, jika pada akhirnya kita akan memakai outfit yang sama yaitu helaian kain kafan yang tak menjadi pakaian akhir kita di dunia. Wallahu a'lam bishshowab. (rf/voa-islam.com)

Ilustrasi: Google

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Smart Teen lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Jamaah masjid, siswa sekolah dan warga pelosok Garut ini kesulitan air untuk ibadah, bersuci, wudhu, memasak, minum, mandi, dan mencuci. Ayo Wakaf Sumur, Pahala Mengalir Tak Terbatas Umur.!!!...

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Syafani Azzahra, bocah yatim sejak usia tujuh tahun ini bercita-cita ingin menjadi dokter penghafal Al-Qur'an. Setamat SD ia ingin melanjutkan sekolah ke pesantren, tapi terkendala biaya. Ayo...

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Di tengah pandemi Covid-19, permintaan layanan ambulans untuk pasien dan jenazah terus meningkat. Mobil baru IDC akan disulap jadi ambulans, butuh dana 39 juta rupiah untuk biaya modifikasi....

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Menggabung keutamaan Jum’at dan Cinta Yatim, IDC akan berbagi ke Pesantren Tahfizhul Qur’an Darul Hijrah Cikarang. ...

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Terlahir dengan fisik tak sempurna, Ustadz Rohmat diuji istri dan kedua orang tuanya murtad jadi korban kristenisasi. Kini ia gigih berdakwah di pelosok Lembah Ciranca Garut....

Latest News

MUI

Must Read!
X