Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
34.750 views

Jadi YouTuber, Why Not?

 

Oleh: Choirin Fitri

Hai Bestie, apa sih cita-citamu? YouTuber? Kenapa enggak dokter, guru, atau pejabat? Alasannya adalah.... Lanjut baca ya!

Emang benar ya generasi saat ini baik kalangan milenial, zilenial, hingga alpha jika ditanya tentang cita-cita, rata-rata bakal ngejawab jadi YouTuber. Alasannya sederhana. YouTuber itu keren, duitnya banyak, plus famous alias terkenal.

Padahal, dulu sebelum era teknologi komunikasi dan informasi berkembang pesat cita-cita yang dimiliki beragam. Guru, dokter, pejabat, polisi, tentara, pengusaha, hingga PNS masih banyak yang memilih. Kalau sekarang rasanya hanya segelintir remaja yang mau memilih cita-cita ini. Kira-kira kenapa ya?

Kita tak bisa mengalahkan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Bagi manusia perkembangan ini amatlah penting. Why? Coz, menyokong kehidupan sehari-hari dan memudahkan kehidupan. Sehingga, enggak bijak banget kalau hasil karya kecerdasan manusia ini jadi terdakwa.

Apalagi hukum asal benda itu mubah alias boleh, bukan haram, kecuali ada dalil syariah yang mengharamkannya. Alasannya, karena nas-nas syariah memang telah membolehkan segala sesuatu. Ditambah lagi nas-nas ini datang dalam bentuk umum, mencakup segala sesuatu.

Allah Swt. berfirman:

أَلَمۡ تَرَ أَنَّ ٱللَّهَ سَخَّرَ لَكُم مَّا فِي ٱلۡأَرۡضِ ٦٥

"Tidakkah kalian melihat bahwa Allah telah menundukkan bagi kalian apa saja yang ada di bumi." (QS al- Hajj [22]: 65).

Selain itu, Bestie, emang ya karakter or khasiat setiap benda yang Allah ciptakan itu netral. Enggak bisa memaksa kita untuk berbuat sesuatu. Misalnya aja pisau. Enggak mungkinlah si pisau ini nyuruh kita memutilasi orang atau ayam. Pilihan ada pada kita. Kalau pisau kita gunakan untuk memutilasi ayam, halal. Kalau digunakan untuk memutilasi manusia, jelas haram dong. Sepakat ya?

Ini berarti biang kerok peralihan cita-cita bukan pada perkembangan teknologi. Namun, pada gimana manusia memanfaatkannya. Apakah dalam untuk kebaikan atau keburukan? Apakah digunakan dijalan taat atau malah maksiat?

Ini berarti bukan perkara kita jadi atau enggaknya menjadi seorang YouTuber. Kalau punya akun medsos dan digunakan untuk menebarkan kebaikan, bisa jadi pahala bakal kita dapatkan berlipat-lipat. Beda banget jika konten yang kita share nirmanfaat, kita enggak bakal dapat apa-apa. Kalau konten yang kita share malah ngajakin maksiat, bisa-bisa kita malah mendulang dosa. Nauzubillahimindzalik.

Sayangnya, di era sekularisme alias dijauhkannya agama dari kehidupan ini banyak influencer yang memilih ngonten nirmanfaat. Bahkan, banyak yang cenderung ngajakin maksiat. Why? Coz, mereka enggan menjadikan syariat Allah sebagai acuan dalam perbuatan.

Gara-gara islamofobia juga banyak generasi muda yang takut bicara Islam. Takut memihak dan membela agamanya. Bahkan, tak jarang mereka takut dikatakan radikal, teroris, atau fundamentalis. Padahal, julukan-julukan ini emang dibuat oleh musuh-musuh Islam untuk merusak generasi muslim.

Lalu, sekarang gimana dong? Masih boleh enggak nih punya cita-cita jadi YouTuber? Boleh banget kok. Ada tapinya lho ya!

Sebagai seorang pemuda muslim aset emas peradaban Islam kita mesti menjadikan syariat Allah sebagai standar kehidupan. Jika Allah halalkan, kita ambil plus kita share seluas-luasnya. Sebaliknya, jika Allah haramkan, segera kita buang jauh-jauh dan skip deh, enggak usah di-share. Sepakat ya?

Nah, dengan begini nantinya enggak bakalan ada para YouTuber yang share konten nirmanfaat. Semua bakal menjadikan hidupnya fokus untuk membela agama Allah. Fokus pula untuk memajukan bangsa dan agama ini ke arah kebaikan.

Kita berharap bersama akan ada banyak para pemuda yang akan membuat agama mulia ini semakin mulia. Dengan apa? Tentu dengan berbagai hasil karyanya yang memiliki kemanfaatan luar biasa untuk kehidupan dan agamanya. Kira-kira nih, kamukah generasi itu? Wallahu alam. (rf/voa-islam.com)

Ilustrasi: Google

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Smart Teen lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X