Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
30.651 views

Sunnahkah Melangsungkan Akad Nikah di Masjid?

Oleh: Badrul Tamam

Al-hamdulillah, segala puji milik Allah, Rabb semesta alam. Shalawat dan salam semoga terlimpah kepada Rasulillah –Shallallahu 'Alaihi Wasallam-, keluarga dan para sahabatnhya.

Mayoritas ulama berpendapat bahwa akad nikah di masjid disunnahkan. Alasannya, untuk mendapatkan berkah dan lebih diketahui orang banyak. Sementara dalil yang dijadikan sandaran adalah hadits Aisyah Radhiyallahu 'Anha, Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda:

أَعْلِنُوا هَذَا النِّكَاحَ وَاجْعَلُوهُ فِي الْمَسَاجِدِ وَاضْرِبُوا عَلَيْهِ بِالدُّفُوفِ

"Umumkanlah pernikahan ini dan jadikan ia di masjid-masjid serta tabuhlah rebana atasnya." (Lihat: Al-Mausu'ah al-Fiqhiyyah: 37/214)

Namun menurut ulama yang lain, bahwa hadits yang diriwayatkan Imam al-Tirmidzi (1089) di atas adalah dhaif. Bahkan Imam al-Tirmidzi sendiri yang mendhaifkannya, juga Ibnu Hajar al-'Asqalani, Syaikh Al-Albani dan selainnya.

Sementara tujuan melangsungkan akad nikah dimasjid untuk mendapatkan berkah memiliki musykilah, karena kalau memang demikian pastinya Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam semangat melangsungkan pernikahan-pernikahan beliau di masjid. Dan jika benar itu mendatangkan keberkahan, pastinya beliau Shallallahu 'Alaihi Wasallam sudah menjelaskan dan menganjurkan hal itu kepada para sahabatnya.

Namun demikian, bukan berarti melangsungkan akad nikah di masjid tidak boleh. Pada dasarnya, hal itu mubah-mubah saja. Terlebih pada saat-saat tertentu atau dengan pertimbangan jika di masjid akan lebih menjauhkan dari kemungkaran. Dasar pembolehannya: hadits dalam Shahihain, seorang wanita yang menghibahkan dirinya kepada Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam. Kemudian Nabi menikahkannya kepada seorang sahabatnya di masjid. Tapi tak ditemukan bukti lagi bahwa beliau mengulang-ulang hal itu pada akad-akan nikah sahabat yang lain.

Namun, menetapkan masjid sebagai tempat akad nikah atau meyakini pernikahan di masjid memiliki keutamaan khusus dibandingkan tempat lainnya, maka itu termasuk perkara yang tak sesuai sunnah yang wajib diperingatkan.

Terlebih lagi jika di tengah-tengah pelaksanaan akad nikah terjadi ikhtilath (campur aduk) antara laki-laki dan perempuan, banyak hadirin yang melanggar syariat -seperti menyingkap aurat, berdandan ala jahiliyah, bertabararruj, dan semisalnya-, tidak menjaga adab-adab masjid, atau terdapat iringan musik dan nyanyian; maka melangsungkan akad nikah di situ lebih diharamkan daripada di luarnya, karena  di dalamnya terdapat pelanggaran terhadap kemuliaan masjid.

Fatwa Lajnah Daimah

Pertanyaan: Apakah membiasakan pelaksanaan akad nikah di masjid termasuk bagian dari sunnah yang dianjurkan ataukah termasuk dari bagian bid'ah?

Jawaban: "Perkara dalam melangsungkan akad nikah di masjid dan tempat selainnya dalam tinjauan syar'i adalah luas. Tidak ada dalil satupun yang pasti –yang kami ketahui- untuk melangsungkannya di masjid secara khusus sebagai sunnah. Maka mengharuskannya pelaksanaannya di masjid adalah bid'ah. (Syaikh Abdul Aziz bin Baz, Syaikh Abdul Razzaq 'Afifi, Syaikh Abdullah bin Ghadiyan/ Fatawa Lajnah daimah: 18/110-111)

Dalam jawaban mereka yang lain:

"Melangsungkan akad nikah di masjid bukan termasuk sunnah. Melanggengkan pelaksanaan akad nikah di dalam masjid dan meyakininya sebagai perkara sunnah adalah termasuk bagian dari bid'ah. Hal ini berdasarkan hadits Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam, beliau bersabda: "Siapa yang membuat hal baru dalam urusan kami ini yang bukan daripadanya maka ia tertolak."

Dan jika yang menghadiri akad nikah itu adalah para wanita mutabarrijat (berdandan seronok) dan anak-anak yang membuat gaduh di masjid: dilarang melangsungkan akad nikah tersebut di dalam masjid, karena terdapar kerusakan dalam masalah itu." (Fatawa Lajnah Daimah: 18/111-112)

. . . jika yang menghadiri akad nikah itu adalah para wanita mutabarrijat (berdandan seronok) dan anak-anak yang membuat gaduh di masjid: dilarang melangsungkan akad nikah tersebut di dalam masjid, . .

Fatawa Syaikh Utsaimin

Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin rahimahullah berkata: Aku tidak mengetahui (menemukan) dasar dan tidak pula dalil dari Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam tentang anjuran akad nikah di masjid. Tetapi jika kebetulan ada seorang suami dan wali ada di masjid lalu dilangsungkan akad maka tidak apa-apa. Karena masalah ini bukan bagian dari jenis jual beli. Sebagaimana diketahui, jual beli di masjid adalah haram. Tetapi akad nikah bukan termasuk bagian dari jual beli. Maka jika dilaksanakan akad nikah di masjid, maka itu tidak apa-apa. Adapun menganjurkannya dengan mengatakan; "Keluarlah dari rumah menuju masjid", atau membuat kesepakatan di masjid untuk pelaksanaan akad nikah maka ini membutuhkan dalil, dan aku tidak mengetahui satu dalilpun." (Liqa' al-Bab al-Maftuh: no. 12)

Penutup

Melaksanakan akad nikah di masjid tidaklah termasuk sesuatu yang disunnahkan dan dianjurkan. Akad nikah di sana tidaklah memiliki keistimewaan lebih dibandingkan tempat selainnya. Apalagi, jika dalam acara pelaksanaannya diselingi dengan maksiat dan tidak mengindahkan adab-adab masjid, maka lebih baik tidak dilangsungkan di sana. Wallahu Ta'ala A'lam. [PurWD/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Tsaqofah lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X