Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
39.633 views

Tatkala Mulkan Jabariyyah Diposisikan sebagai Mulkan Adhon, Berbahayakah?

 

Oleh: Abdullah Protonema Al Islamy

 

AHLUSSUNNAH wal jamaah telah sepakat mentaati pemerintahan Islam adalah sebuah kewajiban. Haram hukumnya memberontak serta keluar dari wilayah pemerintahan ulil amri kaum Muslimin. Karena itu sebuah tindakan keluar dari aturan yang di ajarkan para salafus shalih.

Kisah yang terjadi pada Imam Ahmad bin Hambal yang memilih untuk menerima hukuman dalam mempertahankan pendapat bahwa al-Qu`ran itu adalah Kalamullah menjadi cermin bagi pengikut ahlussunnah dari masa ke masa. Bahwa dalam menghadapi pemerintahan Islam yang menerapkan hukum Allah dan menjadikan al-Qur`an dan Sunnah sebagai asas negara, maka diam serta taat meski didzalimi adalah pilihan utama.

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah yang dipenjara karena fitnah dari kalangan ahlul bid'ah, namun tidak mengerakan muridnya untuk memberontak. Padahal Ibnu Taimiyyah memiliki ribuan murid yang sangat mampu untuk bisa digerakan. Akan tetapi mengapa ia lebih memilih untuk menerima tindakan penguasa saat itu?

Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam Bersabda:

 ,
يَكُونُ بَعْدِى أَئِمَّة لاَ يَهْتَدُونَ بِهُدَاىَ وَلاَ يَسْتَنُّونَ بِسُنَّتِى وَسَيَقُومُ فِيهِمْ رِجَالٌ قُلُوبُهُمْ قُلُوبُ الشَّيَاطِينِ فِى جُثْمَانِ إِنْسٍ قَالَ قُلْتُ كَيْفَ أَصْنَعُ يَا رَسُولَ اللَّهِ إِنْ أَدْرَكْتُ ذَلِكَ قَالَ تَسْمَعُ وَتُطِيعُ لِلأَمِيرِ وَإِنْ ضُرِبَ ظَهْرُكَ وَأُخِذَ مَالُكَ فَاسْمَعْ وَأَطِعْ

“Akan ada sepeninggalku para penguasa yang tidak meneladani petunjukku dan tidak mengamalkan sunnahku, dan akan muncul diantara mereka (para penguasa) orang-orang yang hati-hati mereka adalah hati-hati setan dalam jasad manusia.” Aku (Hudzaifah) berkata, 'Bagaimana aku harus bersikap jika aku mengalami hal seperti ini?' Rasulullah Shallallahu ’alaihi wasallam bersabda, 'Engkau tetap dengar dan taat kepada pemimpin itu, meskipun punggungmu dipukul dan hartamu diambil, maka dengar dan taatlah.'” (Riwayat Muslim dari Hudzaifah Ibnul Yaman Radhiyallahu’anhu)

 

Ubadah bin Shamit berkata:

 

دَعَانَا رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم فَبَايَعْنَاه فَكَانَ فِيمَا أَخَذَ عَلَيْنَا أَنْ بَايَعَنَا عَلَى السَّمْعِ وَالطَّاعَةِ فِى مَنْشَطِنَا وَمَكْرَهِنَا وَعُسْرِنَا وَيُسْرِنَا وَأَثَرَةٍ عَلَيْنَا وَأَنْ لاَ نُنَازِعَ الأَمْرَ أَهْلَهُ قَالَ إِلاَّ أَنْ تَرَوْا كُفْرًا بَوَاحًا عِنْدَكُمْ مِنَ اللَّهِ فِيهِ بُرْهَانٌ

“Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam menyeru kami, lalu kami pun membai’at beliau, maka diantara yang beliau ambil perjanjian atas kami adalah, kami membai’at beliau untuk senantiasa mendengar dan taat kepada pemimpin, baik pada saat kami senang maupun susah; sempit maupun lapang, dan dalam keadaan hak-hak kami tidak dipenuhi, serta agar kami tidak berusaha merebut kekuasaan dari pemiliknya. Beliau bersabda: Kecuali jika kalian telah melihat kekafiran yang nyata, sedang kalian memiliki dalil dari Allah tentang kekafirannya.” (Riwayat Al-Bukhari dan Muslim)

 

Al-Imam Abu Ja’far Ath-Thahawi Rahimahullah berkata:

,
ولا نرى الخروج على أئمتنا وولاة أُمورنا ، وإن جاروا ، ولا ندعوا عليهم ، ولا ننزع يداً من طاعتهم ونرى طاعتهم من طاعة الله عز وجل فريضةً ، ما لم يأمروا بمعصيةٍ ، وندعوا لهم بالصلاح والمعافاة

“Kami tidak memandang bolehnya memberontak kepada para pemimpin dan pemerintah kami, meskipun mereka berbuat zhalim. Kami tidak mendoakan kejelekan bagi mereka. Kami tidak melepaskan diri dari ketaatan kepada mereka dan kami memandang ketaatan kepada mereka adalah ketaatan kepada Allah sebagai suatu kewajiban, selama yang mereka perintahkan itu bukan kemaksiatan (kepada Allah). Kami doakan mereka dengan kebaikan dan keselamatan.” (Matan Al-‘Aqidah Ath-Thahawiyah)

Hal ini berlaku tatkala posisi dari kekuasaan yang berjalaan disaat pemerintahan yang berjalan adalah pemerintahan Islam. Menjalankan syariah Allah mengunakan sistem Khilafah atau daulah Islam yang telah diterangkan dalam kitab siyasah yang dikarang oleh para ulama ahlussunnah.

Karena kedzaliman yang dilakukan oleh para penguasa saat itu adalah karena kemaksiatan dalam diri, akan tetapi sistem yang masih dijalankan adalah sistem islam, yaitu dengan cara khilafah al islamiyah. Periode ini disebut oleh ulama sebagai periode mulkan adhon ( مُلْكًا عَاضًّا) atau raja yang mengigit. Artinya saat itu kekuasaan Islam masih tegak meskipun ada beberapa oknum yang bertindak dzalim.

Akan tetapi masa sekarang ini bukan lagi masa mulkan adhon (مُلْكًا عَاضًّا) atau raja yang menggigit. Saat ini khilafah Islam telah runtuh, kekuasaan Islam tak lagi ada sedangkan kaum muslimin pecah belah menjalankan pemerintahanya ganti dengan hukum yang dibuat oleh manusia meniru gaya kaum kafir. Masa ini di sebut dengan mulkan jabariyyah.

Ini berdasarkan hadist Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam:

تَكُونُ النُّبُوَّةُ فِيكُمْ مَا شَاءَ اللَّهُ أَنْ تَكُونَ ثُمَّ يَرْفَعُهَا إِذَا شَاءَ أَنْ يَرْفَعَهَا ثُمَّ تَكُونُ خِلَافَةٌ عَلَى مِنْهَاجِ النُّبُوَّةِ فَتَكُونُ مَا شَاءَ اللَّهُ أَنْ تَكُونَ ثُمَّ يَرْفَعُهَا إِذَا شَاءَ اللَّهُ أَنْ يَرْفَعَهَا ثُمَّ تَكُونُ مُلْكًا عَاضًّا فَيَكُونُ مَا شَاءَ اللَّهُ أَنْ يَكُونَ ثُمَّ يَرْفَعُهَا إِذَا شَاءَ أَنْ يَرْفَعَهَا ثُمَّ تَكُونُ مُلْكًا جَبْرِيَّا فَتَكُونُ مَا شَاءَ اللَّهُ أَنْ تَكُونَ ثُمَّ يَرْفَعُهَا إِذَا شَاءَ أَنْ يَرْفَعَهَا ثُمَّ تَكُونُ خِلَافَةً عَلَى مِنْهَاجِ النُّبُوَّةِ ثُمَّ سَكَتَ

“Masa (1) kenabian akan berlangsung pada kalian dalam beberapa tahun, kemudian Allah mengangkatnya, setelah itu datang masa (2)Kekhalifahan mengikuti pola (manhaj) kenabian, selama beberapa masa hingga Allah mengangkatnya, kemudian datang masa (3) Raja-raja yang Menggigit selama beberapa masa, selanjutnya datang masa (4) Raja-raja/para penguasa yang memaksakan kehendak (diktator) dalam beberapa masa hingga waktu yang ditentukan Allah, setelah itu akan terulang kembali (5) Kekhalifahan mengikuti pola (manhaj) kenabian. Kemudian Rasulullah SAW terdiam.” (Riwayat Ahmad no 17680, At Thayalisi No 433, Al Haistami dalam Majma az zawaid , At Tabrani dalam al aushat, dan perowinya adalah siqoh dan di nyatakan oleh syaikh Al bany dalam silsilah al hadist as shahih)

Para ulama ahli sejarah menerangkan :

Babak I => Kenabian النُّبُوَّةُ terbagi dua: (IA. Selama 13 tahun kepemimpinan kaum kafir musyrik dan IB. Selama 10 th kepemimpinan Nabi Muhammad saw)

Babak II => Kekhalifahan mengikuti pola (manhaj) kenabian خِلَافَةٌ عَلَى مِنْهَاجِ النُّبُوَّةِ (Selama 30 tahun kepemimpinan Khulafa Ar-Rasyidin => Abu Bakar Ash-Shiddiq, Umar bin Khattab, Usman bin Affan dan Ali bin Abi Thalib)

Babak III=> Raja-raja yang menggigit مُلْكًا عَاضًّا (selama 13 abad kepemimpinan kaum muslimin => Bani Umayyah, Bani Abbasiyah dan Kesultanan Turki Utsmani berakhir 1924/1342 H)

Babak IV=> Para penguasa yang Memaksakan kehendak (diktator) مُلْكًا جَبْرِيَّا (kepemimpinan kaum kafir sudah berlangsung sejak 1924)

Babak V => Kekhalifahan mengikuti pola (manhaj) Kenabian خِلَافَةً عَلَى مِنْهَاجِ النُّبُوَّةِ (kepemimpinan kaum mu’minin

Dari sini sangatlah jelas, bahwa posisi sekarang umat Islam ini berada pada posisi mulkan jabriyyah. Sedangkan bersangkutan sikap umat Islam terhadap mulkan jabriyyah telah di jelankan oleh Rasulullah dalam hadistnya.

Dari Abu Said Al Khudry RA, ia berkata, "Rasulullah berdiri di tengah kami dalam salah satu khutbah yang diantara beliau bersabda, 'Ketahuilah aku hampir saja di panggil (oleh malaikat maut) lalu aku penuhi panggilan tersebut. Sesudahku kelak kalian akan dipimpin oleh penguasa yang berkata berdasarkan landasan ilmu dan bernuat berdasarkan ilmu. Mentaati mereka merupakan ketataan yang benar kepada pemimpinya, dan kalian akan berada dalam kondisi selama beberapa waktu lamanya. Setelah itu kalian akan di pimpin oleh para penguasa yang berkata bukan berdasarkan ilmu dan berbuat bukan berdasarkan landasan ilmu. Barangsiapa menjadi penasehat mereka, berati ia telah binasa dan membinasakan orang lain. Hendaklah kalian bergaul dengan mereka secara fisik, namun janganlah perbuatan kalian mengikuti kelakuan mereka. Persaksikanlah siapa yang berbuat baik diantara mereka sebagai orang yang berbuat baik dan orang yang berbuat buruk diantara mereka sebagai orang yang buruk.'" (Riwayat Thabrani al Baihaqi, Syaikh Al Bani menyatakan hadits ini shahih).

Hadist ini menerangkan sikap ahlus sunah wal jamaah terhadap para pemimpin yang menuhankan hawa nafsu, meninggalkan hukum Allah, dan mengambil cara pemerintahan kafir dalam melaksanakan pemerintahannya. Yang bisa jadi secara individu diantara mereka masih ada yang baik, akan tetapi karena pemerintahannya meninggalkan hukum Allah, maka menjauhinya adalah sebuah keamanan diri dari fitnah.

Diantaranya memahami zaman sekarang ini, mulkan jabariyyah diposisikan sebagai mulkan adhon maka akan muncul para ulama yang menjilat pengusa yang jahat. Para mujahidin yang beramar ma'ruf nahi munkar dianggap khawarij. Para ulama yang menasehati dianggap sebagai ektrimis dan yang bahaya lagi, banyak masyarakat awam yang seharusnya bisa bergerak berdakwah dan berjihad justru malah bela mati demi mulkan jabariyyah. Naudzubillah mindzalik."

Dari sini sangalah jelas, sikap kaum muslimin terhadap sebuah pemerintahan Islam meskipun sebagai mulkan adhon dengan pemerintahan yang melepaskan sistem Islam dengan sebutan mulkan jabariyyah. Karena yang satu wajib taat dalam suka dan duka yang satunya wajib jauh dan menjauhinya.

Maka jelas sudah, tatkala ada seorang ulama atau ustadz salah memahami dirinya kini hidup pada masa apa dan dalam pemerintahan apa, tentu akan terjadi kerancuan yang sangat besar. Kerusakan yang menjadi-jadi dan penghianatan yang tiada henti.

Diantaranya memahami zaman sekarang ini, mulkan jabariyyah diposisikan sebagai mulkan adhon maka akan muncul para ulama yang menjilat pengusa yang jahat. Para mujahidin yang beramar ma'ruf nahi munkar dianggap khawarij. Para ulama yang menasehati dianggap sebagai ektrimis dan yang bahaya lagi, banyak masyarakat awam yang seharusnya bisa bergerak berdakwah dan berjihad justru malah bela mati demi mulkan jabariyyah. Naudzubillah mindzalik.

Sungguh berbahaya bila sampai kita salah memahami sebenarnya kita ini berada di periode mana kita hidup, karena secara otomatis kita akan salah langkah.

Tentu saja fitnah akan tersebar di mana-mana, di saat itulah para ahlussunnah wajib mengingat nasehat Rasulullah.

َ“Sungguh akan terurai ikatan Islam simpul demi simpul. Setiap satu simpul terlepas maka manusia akan bergantung pada simpul berikutnya.  Yang paling awal terurai adalah hukum dan yang paling akhir adalah shalat.” (Riwayat Ahmad 21139)

Maka bersabarlah dengan kebenaran, dan istiqamalah dalam perjuangan Islam, hingga akhir hayat. Karena bersabar dalam kebenaran adalah anugerah terindah umat akhir zaman.

إِنَّ مِنْ وَرَائِكُمْ أَيَّامَ الصَّبْرِ الصَّبْرُ فِيهِ مِثْلُ قَبْضٍ عَلَى الْجَمْرِ لِلْعَامِلِ فِيهِمْ مِثْلُ أَجْرِ خَمْسِينَ رَجُلًا يَعْمَلُونَ مِثْلَ عَمَلِهِوَزَادَنِي غَيْرُهُ قَالَ يَا رَسُولَ اللَّهِ أَجْرُ خَمْسِينَ مِنْهُمْ قَالَ أَجْرُ خَمْسِينَ مِنْكُمْ

"Sebab di belakang kalian ada hari-hari (yang kalian wajib) bersabar, sabar pada saat itu seperti seseorang yang memegang bara api, dan orang yang beramal pada saat itu pahalanya sebanding dengan lima puluh kali amalan orang yang beramal seperti amalnya, ia menambahkan untukku, "seperti amalan selainnya." Abu Tsa'labah bertanya, "Wahai Rasulullah, seperti pahala lima puluh orang dari mereka!" beliau menjawab: "(Bahkan) seperti pahala lima puluh orang dari kalian." (Riwayat Abu Dawud 3778)

Semoga kita tidak termasuk orang yang salah faham dalam melihat zaman. Sehingga kita bisa benar dalam menerapkan perjuangan, dan benar dalam beramar makruf nahi munkar dan menjauhkan kita menjadi penjilat penguasa mulkan jabariyyan.*

 

 

 

 

 

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Tsaqofah lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X