Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
15.242 views

Ayah Suruh Anak Ceraikah Istrinya, Haruskah Dilaksanakan?

Oleh: Badrul Tamam

Al-Hamdulillah, segala puji milik Allah, Rabb semesta alam.  Shalawat dan salam atas Rasulillah –Shallallahu 'Alaihi Wasallam-, keluarga dan para sahabatnya.

Ada seorang pemuda pergi bersama ayahnya untuk melamar wanita. Pemuda itu merasa cocok dengan wanita tersebut. Akhirnya, keduanya menikah dengan persetujuan kedua orang tua dari dua belah pihak. Terjalin cinta dan sayang antar keduanya.

Keharmonisan keluarga kecil yang sedang merekah beberapa bulan itu diterpa masalah. Istri berselisih dengan keluarga suaminya. Sang istri terlibat cekcok dengan adik suaminya yang masih gadis. Lalu dia dituduh menceritakan cekcoknya itu ke tetangganya. Bapak mertuanya marah. Ia menyuruh anaknya untuk menceraikan istrinya tadi karena telah menyebarkan rahasia keluarga ke tetangga.

Sebagian orang berpandangan, sang anak (suami) harus taat kepada perintah ayahnya. Mereka berdalil dengan perintah Khalilullah Ibrahim yang menyuruh Ismail ‘alaihis salam agar menceraikan istrinya karena tabiat buruk padanya. Ismail pun menceraikan istrinya tadi, lalu menikah dengan wanita yang lebih bagus akhlak dan tabiatnya.

[Baca: Istri Menjengkelkan, Tidak Boleh Langsung Diceraikan]

Namun, bisakah kisah itu dijadikan dalil untuk anak laki-laki tadi segera menceraikan istri yang dicintainya itu karena perintah ayahnya?

Syaikh Ibu Bazz rahimahullah saat ditanya kasus seperti itu menasihatkan kepada suami tadi agar tidak terburu-buru menceraikan istrinya. Hendaknya dia menasihati istrinya yang telah menyinggung perasaan kedua orang tuanya.

لا تعجل ، وانصحها حتى لا تفعل ما تخالف رأي والديك من نقل الأسرار، أسراره إلى الجيران

“Jangan terburu-buru dan nasihatilah dia (istrinya) sehingga dia tidak melakukan sesuatu tindakan yang menyalahi pandangan orang tuanya; menceritakan aib keluarga kepada tetangga,” tutur beliau.

“Nasihati istrimu dan ajari dia serta beritahu bahwa tindakannya ini tidak boleh,” tambah beliau.

Seorang istri wajib mendengar dan taat kepada suaminya dalam perkara yang baik. Karenanya, hendaknya istri tadi benar-benar sendikodawuh kepada suaminya dalam masalah ini.

Demikian pula bagi kedua orang tua tadi, khususnya ayah, tidak boleh terburu-buru meminta anaknya agar menceraikan istrinya tadi. Tapi seyogyanya sebagai mertua menasihati menantunya dengan kalimat baik dan tutur kata yang lembut sehingga problem keluarga tadi bisa selesai dengan biak.

[Baca: Wajibkah Mentaati Perintah Ibu Untuk Menceraikan Istri]

Nasihat beliau jelas, jangan buru-buru memutuskan cerai. Sang anak tidak harus segera menjalankan saran orang tua untuk menceraikan istrinya karena masalah kecil tersebut. Hendaknya dia menasihati istrinya dengan tutur kata yang baik dan lembut. Demikian pula kedua orang tua, jangan sedikit-sedikit menyuruh anak lelakinya untuk berpisah dari istrinya. Ishlah, memperbaiki kondisi itu jauh lebih baik. Wallahu a’lam. [PurWD/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Tsaqofah lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Jamaah masjid, siswa sekolah dan warga pelosok Garut ini kesulitan air untuk ibadah, bersuci, wudhu, memasak, minum, mandi, dan mencuci. Ayo Wakaf Sumur, Pahala Mengalir Tak Terbatas Umur.!!!...

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Syafani Azzahra, bocah yatim sejak usia tujuh tahun ini bercita-cita ingin menjadi dokter penghafal Al-Qur'an. Setamat SD ia ingin melanjutkan sekolah ke pesantren, tapi terkendala biaya. Ayo...

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Di tengah pandemi Covid-19, permintaan layanan ambulans untuk pasien dan jenazah terus meningkat. Mobil baru IDC akan disulap jadi ambulans, butuh dana 39 juta rupiah untuk biaya modifikasi....

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Menggabung keutamaan Jum’at dan Cinta Yatim, IDC akan berbagi ke Pesantren Tahfizhul Qur’an Darul Hijrah Cikarang. ...

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Terlahir dengan fisik tak sempurna, Ustadz Rohmat diuji istri dan kedua orang tuanya murtad jadi korban kristenisasi. Kini ia gigih berdakwah di pelosok Lembah Ciranca Garut....

Latest News

MUI

Must Read!
X