Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
9.503 views

Anak-anak Gaza Derita Gangguan Kesehatan Mental Akibat Perang dan Blokade Tahunan

LONDON, INGGRIS (voa-islam.com) - Seluruh generasi anak-anak Palestina di Jalur Gaza menderita gangguan kesehatan mental sebagai akibat dari kondisi hidup yang putus asa dan paparan berulang terhadap perang dan kekerasan, penelitian baru menunjukkan.

Gaza telah berada di bawah blokade bersama Israel dan Mesir selama lebih dari satu dekade, menghasilkan tingkat pengangguran tertinggi di dunia untuk dua juta penduduknya - yang tidak dapat meninggalkan wilayah itu.

Israel telah meluncurkan tiga operasi militer besar di wilayah yang dikepung sejak 2008. Operasi yang paling baru, dan mematikan, terjadi pada tahun 2014 dan menewaskan lebih dari 2.200 warga Palestina, termasuk 500 anak-anak.

Dengan hingga 45 persen penduduk Gaza di bawah usia 14 tahun, anak-anak secara tidak proporsional terkena dampak perang dan blokade. Bagi banyak orang, itulah yang mereka ketahui dalam kehidupan singkat mereka.

"Situasi di Gaza telah seperti panci presto, generasi ini tidak pernah tahu realitas lain di luar batas-batas Gaza," kata Jennifer Moorehead, Direktur Save the Children Country untuk Wilayah Pendudukan Palestina, kepada The New Arab.

"Ini benar-benar penjara udara terbuka terbesar di dunia."

'Dirusak oleh rasa takut'

Lembaga amal Inggris, Save the Children melakukan survei terhadap 150 pengasuh dan 150 anak di Gaza dan menemukan bahwa perasaan depresi, hiperaktif, preferensi untuk sendirian, dan agresi dipresentasikan oleh hampir semua anak di Gaza.

Sekitar 63 persen anak-anak mengalami mimpi buruk, sementara 68 persen melaporkan kesulitan tidur, laporan itu menemukan.

Lebih dari 60 persen pengasuh mengatakan ketakutan akan bom dan ancaman konflik adalah sumber stres terbesar bagi anak-anak, dengan suara pesawat yang disebut sebagai sumber ketakutan terbesar bagi 78 persen anak-anak.

Samar, 15 tahun, tidak mengingat apa pun kecuali hidup di bawah blokade, dan telah hidup melalui tiga perang.

"Saya memiliki banyak mimpi buruk yang mengerikan, dan perasaan takut yang terus-menerus bahwa saya mungkin ditargetkan dengan bom atau ditembaki, atau terluka atau terbunuh," katanya kepada Save the Children.

"Perasaan ini telah mencengkeram saya dan banyak anak lain juga. Ada banyak anak yang secara psikologis telah dirusak oleh ketakutan mereka - mereka ketakutan, dan ini sangat mempengaruhi perilaku mereka."

Lebih dari 90 persen pengasuh yang diwawancarai mengatakan blokade Israel-Mesir memiliki dampak yang parah pada kehidupan anak-anak mereka, Save the Children menemukan.

Kelangkaan listrik yang meluas - sebagian besar keluarga memiliki kurang dari beberapa jam listrik per hari - disebut sebagai faktor terbesar, sementara lebih dari 90 persen warga Gaza tidak memiliki akses ke air minum yang aman.

Dalam 15 tahun terakhir, tingkat kemiskinan telah meningkat dari 30 persen menjadi lebih dari 50 persen, sementara pengangguran di wilayah ini sekarang termasuk yang tertinggi di dunia.

Ketahanan rapuh

Meskipun anak-anak menghadapi tekanan besar, Save the Children menemukan bahwa sebagian besar menunjukkan tanda-tanda ketahanan, dengan 80 persen mampu berbicara dengan teman dan keluarga dan 90 persen merasa didukung oleh orang tua mereka.

"Banyak dari keamanan anak-anak terkait dengan rasa stabilitas yang dapat ditawarkan keluarga mereka, dengan lebih dari 80 persen dari 150 anak yang diwawancarai mengatakan mereka tidak merasa aman berada jauh dari orang tua mereka," kata Dr Marcia Brophy, Senior Penasihat Kesehatan Mental untuk Menyelamatkan Anak-Anak di Timur Tengah.

Namun para ahli memperingatkan bahwa berlanjutnya konflik dapat berdampak parah pada mekanisme penanggulangan populasi yang sudah mengalami trauma.

Penelitian amal Inggris ini dilakukan sebelum demonstrasi Great March Return dimulai pada 30 Maret.

Dengan hingga 45 persen populasi Gaza di bawah usia 14 tahun, anak-anak secara tidak proporsional terkena dampak perang dan blokade

Sejak protes dimulai, lebih dari 120 orang Palestina telah dibunuh oleh Israel dan lebih dari 13.000 orang terluka.

"Hilangnya keamanan keluarga seperti itu dalam lingkungan yang tidak aman berisiko mendorong anak-anak ke jurang krisis kesehatan mental dan menimbulkan ancaman signifikan terhadap mekanisme penanganan anak-anak yang rapuh," kata Dr Brophy.

"Ini menempatkan mereka pada risiko tinggi dari stres beracun, bentuk respon stres yang paling berbahaya yang disebabkan oleh eksposur yang kuat atau berkepanjangan terhadap kesulitan."

Moorehead mengatakan bahwa konflik tambahan apa pun dapat memiliki "dampak besar" pada anak-anak dan struktur keluarga, yang ketahanannya sudah rapuh.

"Anak-anak Gaza tangguh, tetapi mereka harus segera menerima lebih banyak dukungan untuk mengatasi pengalaman traumatis mereka," katanya.

"Hanya dengan melakukan langkah langsung ini, serta berfokus pada mengakhiri blokade dan mencari solusi yang tahan lama dan adil, anak-anak akan memiliki masa depan yang lebih penuh harapan." (st/TNA)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Analysis lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X