Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.621 views

Bakar Bendera Tauhid Manifestasi Kesesatan Nalar

Oleh: Harits Abu Ulya

(Direktur CIIA & Khodim Pondok Pesantren Tahfidz Quran Al Bayan)

Sebagai muslim, menilai aksi pembakaran bendera tauhid oleh sekelompok oknum Banser di Garut dengan parameter iman (akidah) dan hukum syara maka itu aksi yang lacut, melampaui batas, bahkan bisa haram tanpa alasan yang dibenarkan oleh syara'.

Bisa jadi pelakunya cacat akidahnya, apakah benar ia seorang muslim dengan senang hati sambil senyum bangga membakar bendera tauhid tanpa merasa bersalah.

Jadi tidak ada seorang muslim dengan nalar sehatnya akan membenarkan dan mentolerir aksi bakar bendera Tauhid. Apalagi aksi tersebut di lakukan orang yang dzahirnya muslim, andaikan itu dilakukan oleh kaum ateis, komunis , musrik atau orang Yahudi Israil masih masuk akal sebab kebencian mereka pada agama dan Islam. Tapi menjadi sangat paradoks jika yang melakukan justru kaum muslimin sendiri.

Hanya orang-orang muslim nifaq karena sebab ashobiyah (fanatik cinta golongan) yang akan membela, membenarkan dan mencari pembenaran dengan segala argumentasi atas aksi pembakaran bendera tauhid.

Jika membakar dianggap ingin mengamankan bendera tauhid, memang tidak ada cara yang lebih elok dan beradap untuk mengamankan bendera tauhid?Kenapa harus dirampas dari pemiliknya kemudian dibakar bahkan dengan bangganya kemudian dipertotonkan di publik? Apa motifnya?

Jika alasannya yang dibakar bukan bendera tauhid atau kalimat tauhid tapi membakar alat politik, karena diasumsikan itu bendera kelompok tertentu dari kaum muslimin. Coba kita tanya; apakah mereka pernah membakar bendera Israil, bendera sepataris OPM, bendera separatis RMS, atau bendera apapun yang disitu menjadi simbol dari kelompok atau negara yang punya kepentingan politik untuk menjajah merampok Indonesia? Atau bahkan membakar bendera kelompoknya sendiri ketika ia jumpai benderanya berkibar karena sebuah kepentingan dan menjadi alat politik kekuasaan?

Kalau mereka menuduh itu bendera HTI, adakah di dalam bendera tauhid itu tertulis HTI? Yang pasti cuma ada kalimat tauhid.

Andai saja mereka mau belajar lebih dalam soal akidah, hukum syara' dan sejarah maka pasti mereka tidak akan mendemonstrasikan intoleransi dan kedunguan dengan membakar bendera tauhid.

Jadi aksi bakar bendera tauhid adalah manifestasi kesesatan nalar.

Kalau dipetakan, motif yang mendorong aksi pembakaran bisa jadi karena;

1. Penyakit nifaq dan kebenciannya kepada simbol-simbol Islam seperti bendera tauhid dan semisalnya.

2. Kecintaannya kepada golongan atau kelompok melebihi kecintaannya kepada Islam dan semua simbolnya.

3. Nasionalisme yang kebabalsan, yang lebih dominan adalah kooptasi kepentingan dan sikap politik yang alergi kepada syariat Islam.

4. Orang komunis yang menyusup di Banser untuk menghancurkan kaum muslimin melalui adu domba.

Semoga pelakunya taubat, sadar bahwa aksinya telah menyakiti seluruh kaum muslimin di dunia, tidak pantas umat Rasulullah saw membakar bendera tauhid yang di wariskan beliau, menjadi simbol dan pemersatu kaum muslimin seluruhnya. Bahkan kelak di akhirat akan dijadikan penanda barisan dari umat Rasulullah Muhammad SAW.

Dan menjadi pelajaran penting bagi semua komponen umat Islam lainnya; kita layak sedih, prihatin dan marah tapi harus tetap bersikap waras.

Umat Islam jangan mencontoh kedunguan seperti yang didemonstrasikan oleh oknum Banser, jangan intoleran, jangan mengoyak persatuan dan keyakinan kaum muslimin.

Siapapun kalian, semua harus sadar bahwa hari ini umat Islam pada level kesadaran iman dan kecintaannya kepada Islam sangat baik.

Mereka tidak lagi peduli dengan cap radikal atau fundamentalis atau semua cap yang mendiskriditkan. Umat Islam hari ini siap bangkit bersatu menanggalkan identitas kelompok mereka selain sebagai seorang muslim dan kapan saja akan bangun dan siap berkorban jiwa dan raga jika akidahnya di nista atau syariatnya di lecehkan. [syahid/voa-islam.com]

 

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Analysis lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X